20 Cara Hidup Sehat Menurut Islam Yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

 Cara Hidup Sehat Menurut Islam yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah 20 Cara Hidup Sehat Menurut Islam yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

Kesehatan tak ternilai harganya, beruntunglah menjadi muslim sebab Islam tidak hanya mengajarkan aspek spiritual tapi juga panduan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Salah satunya mengenai cara hidup sehat menurut Islam ala Rasulullah yang sudah terbukti secara ilmiah.

Dakwah viral sudah merangkum 20 cara hidup sehat berdasarkan Islam berikut ini:


1. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan


Rasul sangat menyarankan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah makan. "Keberkahan kuliner ada ketika berwudhu sebelum dan sehabis makan"(Abu daud & Tirmidzi).

Dalam hadis ini mengambarkan bahwa yang dimaksud wudhu adalah mencuci kedua tangan serta verbal (Aun Al ma'bud Syarh Sunan Abi Daud al azim Abadi . W 1329 H) . Sebab wudhu berdasarkan bahasa mempunyai arti mencuci atau membasuh. 

Dalam hal yang sama berdasarkan Islam[dot]ru mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sangat menyarankan untuk tidak membersihkan tangan dengan handuk sebelum makan karena mampu menularkan abses dari satu orang ke orang lain.

2. Menghindari memakan daging babi


Untuk hal yang satu ini sepertinya sudah banyak yang tahu bahwa di dalam Islam dilarang untuk mengkonsumsi daging babi. Meskipun daging babi merupakan salah satu daging yang paling banyak dikonsumsi di dunia, namun terdapat aneka macam virus dan basil di dalam nya yang dapat membahayakan kesehatan.

3. Menghindari alkohol


Selain daging babi, Islam sangat melarang mengkonsumsi alkohol karena beberapa alasan yang memang sudah terbukti secara ilmiah. Alkohol dapat menimbulkan sirosis hati dan mengurangi konsentrasi, Selain itu alkohol juga menimbulkan kondisi seperti anemia, kanker, penyakit kardiovaskuler, bahkan alzheimer.

4. Makan secukupnya


Istilah Makanlah sebelum lapar dan Berhentilah sebelum kenyang memang benar adanya. Islam mengajarkan kita untuk tidak berlebihan dalam setiap aspek kehidupan termasuk adab makan.

Dalam Alquran surah al-a'raf ayat 31 Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki masjid makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan, Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan". 

Telah terbukti secara ilmiah bahwa makan terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat tubuh dan dilema obesitas. Begitu pula apabila makan terlalu sedikit dapat menimbulkan badan kekurangan nutrisi. 

5. Menggosok gigi sehabis makan


Nabi Muhammad menyarankan untuk menggosok gigi sesudah makan atau Siwak. Hal ini guna membersihkan sisa kuliner yang menempel di gigi, mencegah pembusukan, mengurangi resiko gigi berlubang dan bengkak kesehatan pada gusi.

6. Menjaga kebersihan


Ajaran Islam menekankan Pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kebersihan merupakan faktor utama kesehatan. 

Rasulullah bersabda,
"Dua kenikmatan yang banyak insan menjadi rugi alasannya tidak diperhatikan kesehatan dan waktu luang" . (HR. Al Bukhari)

7. Menjaga tutup peralatan dapur


Nabi Muhammad juga menekankan mengenai peralatan dapur agar tertutup untuk menghindari kontaminasi dari serangga atau hewan lain.

8. Melakukan khitan 


Islam mewajibkan semua laki-laki muslim untuk melaksanakan khitan atau sunat. Dalam penelitian ilmiah telah terbukti bahwa melakukan sunat dapat mengurangi resiko bisul terusan kemih, mengurangi risiko penyakit menular seksual pada laki-laki, melindungi terhadap kanker penis, dan mengurangi resiko kanker serviks pada pasangan.

9. Membersikan kemaluan sehabis buang air


Berbeda dengan praktik barat, aliran Islam mengharuskan pengikut nya mencuci alat kelamin dengan air sehabis buang air kecil dan dan sesudah buang air besar. Cara ini membantu menghilangkan kotoran dari bakteri dan mengurangi risiko jerawat.

10. Menghindari mengkonsumsi darah.


Anehnya darah yang menyokong fungsi organ agar tetap hidup terbukti beracun jikalau masuk ke dalam sistem pencernaan, alasannya adalah mampu menimbulkan tubuh kelebihan zat besi. Overdosis zat besi mampu menyebabkan kerusakan hati, penumpukan cairan di paru-paru, kehilangan cairan tubuh , tekanan darah rendah, dan gangguan saraf.

11. Tidur siang


Nabi Muhammad memiliki kebiasaan tidur siang sebentar sehabis makan siang. Beliau juga mendorong para sahabat untuk melaksanakan hal yang sama (Tabrani). Tidur siang singkat membantu menyehatkan organ vital termasuk jantung dan paru-paru.

12. Kunjungi dokter untuk perawatan medis


Dalam kitab Al tibb menyampaikan bahwa Nabi Muhammad menyarankan untuk melaksanakan perawatan medis, apabila mempunyai problem kesehatan alasannya adalah Allah tidak menciptakan suatu penyakit tanpa obat untuk menyembuhkannya.

Melakukan perawatan kesehatan selama diperlukan akan meningkatkan kesempatan untuk sembuh, mengurangi komplikasi, dan ajal dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

13. Mengobati demam dengan air hambar


Praktik menerapkan kompres air hambar kepada penderita demam sudah dijalankan dalam tradisi Islam sejak lama. Suhu badan yang meningkat dapat berbahaya di titik tertentu dan menggunakan kompres air dingin akan menurunkan suhu tubuh menjadi normal lebih cepat.

14. Mengkonsumsi jintan hitam atau Habbatussauda


Habbatussauda atau dalam bahasa Inggris Black Seed dikenal sebagai obat herbal yang mempunyai banyak manfaat kesehatan. Hazrat Abu Hurairah menyatakan "dia telah mendengar dari Nabi Muhammad bahwa ada obat untuk aneka macam macam penyakit yakni dengan mengkonsumsi Habbatussauda Namun ada satu penyakit yang tidak mampu disembuhkan yaitu maut"

15. Salat lima waktu


Seorang muslim memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah sholat. Rukun Islam kedua sesudah syahadat adalah sholat memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan. Gerakan sholat dapat menjaga sirkulasi darah, mencegah Osteoporosis, mengurangi masalah risiko penyakit jantung dan ginjal, membantu kinerja kelenjar tiroid dan banyak hal lainnya. 

16. Berpuasa di bulan Ramadan


Para jago secara perlahan mulai mengenali manfaat kesehatan dari berpuasa. Berpuasa yang mempunyai arti menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa ternyata bermanfaat bagi kesehatan, mengurangi risiko terkena penyakit dapat menurunkan berat badan, membersihkan racun badan, membantu menghilangkan kecanduan, dll

17. Berbuka dengan yang bagus


Tidak makan dan minum seharian mampu mengurangi glukosa dalam tubuh dimana merupakan sumber energi utama. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam menyarankan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis contohnya kurma. Selain kandungan Glukosa yang baik untuk badan kurma juga merupakan masakan sehat yang mengandung aneka macam gizi dan nutrisi yang diharapkan oleh tubuh manusia.

18. Makan dan minum secara perlahan


Islam mengajarkan kita untuk makan dan minum secara perlahan sebelum menelannya. Hal tersebut mampu membantu otak untuk mengetahui apakah perut sudah kenyang atau belum. Selain itu makan secara perlahan sebelum menelannya akan membantu sistem pencernaan untuk tidak bekerja berat.

19. Memanfaatkan madu untuk kesehatan


Dalam surat Al Nahl ayat 69 menyebutkan madu sebagai penyembuh aneka macam penyakit. Madu mengandung zat antiseptik antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya melawan nanah namun dapat membantu mengurangi peradangan. 

Madu juga bermanfaat dalam menyembuhkan batuk dan pilek dan dilema bengkak.

20. Menghindari obat-obatan Terlarang


Dalam surat Al Maidah ayat 90 dan 91 Islam menentang penggunaan minuman keras dalam bentuk apapun. Penyalahgunaan obat-obatan Terlarang dalam banyak perkara menimbulkan dilema kesehatan bahkan maut.

Itulah 20 tips dan cara hidup sehat menurut ajaran Islam yang sudah terbukti secara ilmiah. Menjaga kesehatan penting dilakukan dibandingkan mengobati. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Subscribe to receive free email updates: