Mengenali Kucing Tuli Dan Cara Merawatnya

Mengenali Kucing Tuli dan Cara Merawatnya Mengenali Kucing Tuli dan Cara Merawatnya

Seperti apa ciri-ciri dan tanda kucing tuli? apakah benar kucing putih itu tuli? bagaimana cara merawat kucing dengan masalah telinga tersebut?. Simak klarifikasi lengkapnya berikut ini

Banyak dari kita tidak mengetahui bahwa disabilitas terjadi tidak hanya pada manusia tetapi hewan kucing pun mengalami hal yang sama. Misalnya kucing dengan masalah indra indera pendengaran yaitu tuli. Tuna Rungu atau tuli pada kucing yakni ketidakmampuan kucing dalam mendengar dan menangkap bunyi.

Jika kita menemukan bahwa kucing yang kita miliki memiliki problem tersebut atau bila kita mempertimbangkan untuk mengadopsi kucing tuli penting bagi pemilik untuk memilah-milah info yang benar mengenai cara terbaik merawat kucing tuli. 

Mengenali Kucing Tuli dan Cara Merawatnya


Bagaimana bisa kucing menjadi tuli?


Kucing mampu kehilangan pendengaran semenjak dari lahir atau seiring bertambahnya usia sama mirip insan. Biasanya pemilik kucing akan sulit mengidentifikasi persoalan ini.

Tuli disebabkan karena gendang pendengaran tidak fleksibel dan suara tidak ditransmisikan secara efektif. Namun pemilik bisa menyadari melalui perubahan perilaku seperti tidak tiba ketika kita memanggil mereka atau tidak memperhatikan dikala kita tiba di rumah.

Beberapa kucing dilahirkan sebagian atau secara total tuli sebab cacat genetik ini disebut tuli kongenital. Dalam Sebagian besar perkara tuli kongenital biasanya berhubungan dengan pigmen. 

Kucing yang memiliki rambut putih atau sebagian besar berwarna putih bukan albino, sering dikaitkan dengan ketulian, apakah benar?

Ternyata hal tersebut hanyalah mitos, faktanya kucing dengan warna apapun dapat menjadi tuli.

Bagaimana mengetahui kucing tuli?


Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya untuk mengetahui kucing tuli adalah kucing tidak merespon dikala pemilik memanggilnya, namun terkadang kucing normal pun memiliki sikap yang sama.

Secara umum memang sulit untuk mengetahui kucing tuli alasannya biasanya kucing yang memiliki duduk perkara indra telinga akan meningkatkan kemampuan visual mengenai apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Makara mereka akan tetap bermain di sekitaran rumah layaknya kucing normal.

Mungkin akan lebih gampang untuk mengetahui ketulian pada kucing apabila hanya mempunyai satu kucing di rumah. Kucing tuli akan tidur dengan sangat nyenyak, untuk mengetahuinya anda mampu membuatnya terkejut seperti dengan menepuk tangan atau menjatuhkan kunci di dekatnya. Apabila beliau tetap tidur maka kucing tersebut mempunyai ketulian.

Apakah kucing tuli terkait dengan masalah kesehatan lainnya?


Tidak, ketulian pada kucing umumnya tidak terkait dengan duduk perkara kesehatan khusus apapun.

Bagaimana mengajari kucing tuli di rumah?


Kucing tuli terbiasa dengan lingkungan mereka jadi manfaatkan dengan memakai bahasa tubuh untuk berkomunikasi.

Misalnya ketika kucing melihat anda, berjongkoklah dan rentangkan tangan untuk memanggil nya. Perkuat instingnya untuk mendekati anda dengan memakai kudapan kecil kesukaannya.

Berdiri tegak dengan Melambaikan tangan ke atas apabila kucing melakukan hal-hal yang tidak anda senangi. Seperti melompat ke meja dapur, menggaruk sofa dan lain-lain.

Apabila kucing terlihat menjauh, anda perlu menarik perhatiannya sehingga kucing tidak menjadi takut.

Dengan menciptakan rutinitas yang terjadwal anda mampu dengan cepat mengajari kucing tuli.

Bagaimana cara berkomunikasi dengan kucing tuli?


Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya kucing tuli sangat waspada dan sadar akan lingkungan mereka meskipun mempunyai duduk perkara pada indra pendengaran sebagai gantinya mereka meningkatkan indra penglihatannya.

Secara visual kita dapat memakai beberapa seni manajemen untuk mendapatkan perhatian mereka contohnya dengan mengedipkan lampu di atas ketika kita memasuki ruangan.

Bisa juga menggunakan laser pointer Arahkan daerah di lantai di depan kucing anda lalu lalu ambil perhatiannya untuk untuk berbalik dan melihat anda.

Melalui sentuhan dan getaran juga penting bagi kucing tuli, dengan melangkah sedikit menghentakan kaki ke lantai dapat menjadi cara berkomunikasi bagi kucing untuk mengetahui eksistensi pemiliknya.

Anda juga bisa membelai menyikat dan menyisir bulu nya agar beliau menjadi tenang.

Cara lain yakni melalui dengkuran dikala kita menyentuh kucing mirip memeluknya dan lain-lain anda bisa melihat apakah beliau menanggapi dengan dengkurannya.

Yang terakhir ialah tentu saja dengan bermain bersama kucing. Anda bisa gunakan mainan mirip bola biar kucing mampu aktif berburu dan mengejar bola tersebut.

Apalagi yang perlu diketahui dalam merawat kucing tuli?


Yang paling penting untuk diingat yakni anda harus memiliki rasa tanggung jawab dan perlakuan khusus pada kucing tunarungu. Mereka tidak mampu mendengar bunyi kendaraan atau klakson mobil yang berbunyi sehingga mereka perlu diawasi dengan baik.

Selain itu penting juga untuk mengajarkan anak-anak untuk mengasihi kucing tunarungu.

Dengan penjelasan di atas kini anda bisa memikirkan bagaimana merawat dan melatih kucing tuli semoga mampu hidup normal, sehat, dan bahagia.

Subscribe to receive free email updates: