5 Tips Sebelum Melaksanakan Tes Hiv

 Sebagian orang enggan melakukan tes HIV karena beberapa alasan 5 Tips Sebelum Melakukan Tes HIV

Sebagian orang enggan melaksanakan tes HIV sebab beberapa alasan, biasanya mereka enggan karena takut dan aib, tapi tahukah anda penting melakukan tes HIV biar menghindari kemungkinan terburuk yang mampu terjadi pada diri anda. Di postingan kali ini scriptmobaterudate ingin menyebarkan gosip mengenai 5 tips sebelum memutuskan untuk melakukan tes HIV.

5 Tips Sebelum Melakukan Tes HIV


1. Perbanyak tumpuan


Sebelum melakukan tes HIV Sebaiknya Anda memperbanyak tumpuan dengan membaca info dan menonton video mengenai gosip HIV, Kenapa? agar tidak salah persepsi terhadap penyakit ini, pastikan gosip yang Anda dapatkan adalah isu terbaru dan terupdate, jangan hingga anda mendapatkan berita lama yang menciptakan Anda berfikir bahwa HIV ialah sama dengan ajal padahal dunia kesehatan saat ini didukung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, HIV bisa ditangani salah satunya melalui pengobatan ARV. 

Selain dengan membaca, Menonton video pandangan baru atau motivasi dari para ODHA (orang dengan hiv aids) juga penting untuk menambah motivasi anda biar setidaknya mau datang ke rumah sakit dan berkonsultasi kepada dokter mengenai masalah ini. 

2. Bergabung di grup media umum


Saran dan tips yang kedua ialah bergabung di grup grup media sosial mirip Facebook, semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai penyakit HIV secara pribadi dari orang orang yang mengalaminya. Saya sarankan untuk gabung di grup tidak hanya grup lokal tapi internasional semoga wawasan yang didapat lebih luas lagi. 

3. Mencari Tempat tes HIV yang tepat


Tips yang ketiga yaitu mencari kawasan tes HIV yang sempurna, bisa rumah sakit atau puskesmas. Bagaimana cara nya? Anda bisa menggunakan aplikasi Google untuk mencari kawasan tes HIV. Misalnya anda berlokasi di Jakarta silakan cari melalui Google dengan kata kunci "daerah tes hiv di Jakarta". Biasanya ada Blog atau Vlog ihwal review rumah sakit yang pernah mereka datangi untuk melaksanakan tes HIV. Anda juga bisa menanyakannya melalui grup grup media umum yang anda sudah bergabung di dalamnya, tanyakan juga pengalaman mereka selama tes di kawasan tersebut, bagaimana perlakuan petugas kesehatan kepada pasien HIV dan lain sebagainya.

4. Menerima kekurangan diri


Tidak mampu dipungkiri hidup dengan HIV ialah hal yang sulit, Meskipun begitu anda harus mampu menerima kekurangan diri sendiri. Tanamkan pemikiran bila tidak ada orang yang sempurna. Semua niscaya memiliki kekurangan dan kesalahan alasannya adalah memang itulah arti menjadi manusia. Manusia ialah daerah salah namun akan menjadi manusia yang mulia kalau kita bisa memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik untuk diri sendiri bahkan mampu menginspirasi orang lain. 

5. Cari sahabat untuk tes


Tips yang terakhir atau yang kelima yaitu mencari sahabat yang bisa mendampingi anda saat melakukan tes HIV, kenapa? Jika anda sudah melaksanakan tips atau saran pada poin sebelumnya lalu secara mental anda siap untuk tes HIV, apapun karenanya nanti tetap saja kita membutuhkan setidaknya satu sobat yang bisa menyemangati anda apalagi jikalau kesudahannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Itulah 5 tips sebelum memutuskan untuk melakukan tes HIV, anda mampu melaksanakan tips dan saran diatas supaya tidak salah sangka mengenai penyakit ini sebab saya tekankan lagi bahwa HIV tidak sama dengan maut. HIV bisa ditangani oleh karena itu jangan frustasi, teruslah berjuang untuk hidup dan jadilah ilham untuk orang lain.

Subscribe to receive free email updates: