Dampak Musik Pada Perkembangan Anak Usia Dini

Pengaruh Musik Pada Perkembangan Anak Usia Dini Pengaruh Musik Pada Perkembangan Anak Usia Dini
Sejak zaman dahulu masa, musik sudah digunakan sebagai media penyembuhan. Aristoteles menyampaikan "dikala kita mendengar musik dan puisi, jiwa kita diubah". Di zaman modern kini ini, para jago telah mengungkapkan manfaat yang didapat dari musik. Misalnya saja beberapa riset mengenai imbas musik terhadap perkembangan bayi dan anak usia dini.

Melalui riset tersebut para mahir mengungkapkan bahwa dengan mendengarkan musik selama periode kehamilan akan membantu menyebarkan saraf otak pada bayi untuk memproses pikiran dan berita lebih baik. Para mahir juga mengungkapkan bahwa dengan mendengarkan musik untuk anak usia dini mempunyai manfaat pada perkembangan keterampilan perseptual, ialah kemampuan bahasa dan sastra; kecerdasan spasial, yang terkait dengan kemampuan matematika, dan juga koordinasi motorik.

Lain halnya dengan bahasa, musik mengaktifkan setiap subsistem otak termasuk bagian yang terlibat dalam motivasi dan emosi seseorang. Hal ini efektif untuk menciptakan ikatan antar individu menjadi lebih baik.

Menurut dokter Patricia Vardin ketua Departemen Pendidikan Anak Usia Dini di Manhattan College, "mendengarkan musik dengan orang lain akan memperlihatkan bawah umur perasaan bahagia dan menguatkan ikatan dikala berada di dalam suatu kelompok". Anak-anak yang mungkin mempunyai kesulitan bersosialisasi dan pemalu, akan menjadi lebih terbuka dan bebas ketika berada di dalam kegiatan bermusik.

Terapi musik modern berkembang sesudah perang dunia 1 dan 2, dikala itu banyak tentara yang menderita trauma emosional dan fisik, dan mereka merasa lebih baik saat bermain, bernyanyi, atau sekedar mendengarkan musik. Sampai hari ini terapi musik telah terbukti bermanfaat dalam perkembangan anak, memperbaiki mood, pemulihan penyakit stroke, penyakit jantung, dan pengobatan gangguan neurologis mirip skizoprenia, penyakit alzheimer, demensia, amnesia, dan depresi.

Meskipun perawatan klinis tidak diharapkan untuk setiap anak, orang renta bisa memakai teknik terapi musik dalam hal meningkatkan perkembangan kemampuan kognitif, emosi, dan fisik mereka. Berikut beberapa cara melibatkan musik pada anak:

  • Orang renta bisa menyiapkan alat musik mirip kincringan, mainan musik gantung, dan semacamnya
  • Bantu belum dewasa dengan menggerakkan badan mereka saat mendengarkan musik.
  • Libatkan musik atau nyanyian dikala melaksanakan aktivitas tertentu seperti menghitung benda, membersihkan sesuatu, dll
  • Gunakan lagu-lagu yang mudah diingat untuk menambah kosa kata mereka.
  • Orang tua juga bisa menggunakan lagu atau nyanyian saat menceritakan dongeng atau cerita.

Manfaat yang paling penting dari musik pada anak yaitu untuk meningkatkan perkembangan fikiran dan fisik mereka, hal tersebut harus menjadi perhatian para orang bau tanah alasannya dengan musik mampu merangsang kerja otak secara konkret. Namun alangkah baiknya temani mereka dikala bermain atau mendengarkan musik karena dengan interaksi dari orang lain akan meningkatkan persepsi diri mereka dan orang orang disekitarnya. 

Subscribe to receive free email updates: