Kunci Utama Menurunkan Berat Badan Terbukti Ampuh


Kunci Utama Menurunkan Berat Badan Terbukti Ampuh Kunci Utama Menurunkan Berat Badan Terbukti Ampuh
Sudah olahraga setiap hari tapi berat badan tidak juga turun? Tidak makan nasi dan tidak makan malam masih saja tidak ada progress yang signifikan. Terdengar familiar? Di postingan kali ini aku ingin mengembangkan mengenai kunci utama dalam menurunkan berat tubuh yang terbukti ampuh.

Kunci Utama Menurunkan Berat Badan Terbukti Ampuh


Masih banyak persepsi yang salah yang beredar di masyarakat mengenai naik turunnya berat badan seseorang, contoh yang paling sering didengar nasi bikin gemuk, makan tengah malam bikin gemuk, makan yang berminyak juga bikin gemuk, padahal kenyataannya tidak mirip itu teorinya bisa jauh lebih sederhana dari itu semua.

Lalu apa kunci utama yang mempengaruhi naik turunnya berat tubuh seseorang? jawabannya adalah kalori. Pastinya istilah kalori sudah tidak abnormal lagi bagi kita alasannya adalah sudah sering kita dengar dan Sering kita temui di kehidupan kita sehari-hari. Kalau anda membeli snack atau kuliner di warung atau supermarket di balik bungkusnya terdapat tulisan kalori, atau bila Anda membeli botol minuman dibaliknya terdapat tulisan kalori. 

Apa itu kalori?


Pengertian mengenai kalori itu sendiri masih belum umum, lalu apa sih arti kalori? Kalori yakni satuan. Contohnya mirip meter yang merupakan satuan untuk mengukur jarak, atau gram yang merupakan satuan untuk mengukur berat. Nah kalori ini adalah satuan untuk mengukur jumlah energi yang dihasilkan oleh kuliner atau energi yang diharapkan oleh tubuh kita.

Apa hubungannya dengan berat badan?


Tubuh insan memerlukan energi kegiatan atau aktivitas sehari-hari dari mulai bangun di pagi hari dan tidur di waktu malam hari. Seperti mesin mobil, mesin mobil juga perlu energi
Dari bahan bakar bensin untuk bergerak dari titik A ke titik B acuan contohnya Anda pergi dari Jakarta ke Bandung, untuk menempuh perjalanan dari Jakarta ke Bandung mobil memerlukan 15 liter bensin tetapi sebelum Anda berangkat, Anda mengisi bensin sebanyak 20 liter, artinya saat sampai  di tujuan mobil masih tersisa sebanyak 5 liter bensin yang mampu gunakan untuk perjalanan berikutnya.

Sama halnya dengan badan kita, mobil tersebut diumpamakan sebagai tubuh anda dan bensin diumpamakan sebagai makanan yang dikonsumsi, sedangkan jarak dari Jakarta ke Bandung yaitu acara yang anda lakukan dari mulai Anda bangkit pagi sampai tidur dimalam hari.

Kaprikornus apabila untuk menjalani kegiatan di hari itu, badan anda hanya memerlukan 1500 kalori tetapi yang anda konsumsi sebanyak 2000 kalori, maka saat hari berakhir masih ada sisa energi sebanyak 500 kalori. Nah sisa energi ini akan disimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak, sehingga terjadilah kenaikan berat badan. Kondisi mirip ini disebut kalori surplus.

Begitu pula sebaliknya kalau di hari itu badan anda memerlukan sebanyak 2000 kalori namun yang anda konsumsi hanya 1500 kalori, maka tubuh kekurangan kalori sebanyak 500 kalori, dan tubuh akan mengambil kekurangan kalori tersebut dari lemak yang tersimpan di badan sehingga terjadilah penurunan berat badan. Kondisi mirip itu disebut kalori defisit.

Ini ialah kunci utama yang menghipnotis naik turunnya berat badan. Makara tidak perlu salah persepsi, sekalipun anda sudah berolahraga, sudah tidak makan nasi, tidak makan di waktu malam hari, tidak makan kuliner yang berminyak, selama jumlah kalori yang anda konsumsi lebih tinggi dari yang diperlukan tubuh maka berat tubuh tidak akan mengalami penurunan.

Begitu pula sebaliknya makan apapun, berapa kali pun selagi total kalori yang dikonsumsi lebih rendah dari yang diperlukan oleh tubuh dapat dipastikan anda akan mengalami penurunan berat badan.

Satu hal penting yang perlu diingat ukuran atau volume masakan tidak menghipnotis jumlah kalori makanan tersebut. Makara masakan yang ukurannya kecil bukan berarti kalori nya kecil begitu juga kuliner yang volumenya besar bukan berarti kalorinya besar. Contoh sepiring nasi dengan sepotong kue brownies, kalori yang terkandung pada sepotong kudapan manis brownies ternyata mempunyai kalori lebih banyak dibanding sepiring nasi.

Hal ini masih sering kita jumpai, banyak yang merasa makannya sudah sedikit tapi kok tidak kurus kurus, hal tersebut dikarenakan makanan yang dikonsumsi ukurannya kecil tidak menciptakan kenyang tetapi kalori nya besar.

Kaprikornus sebaiknya yang perlu dilakukan yaitu Pilihlah masakan yang ukuran atau volumenya besar tetapi kalorinya kecil. Untuk mengetahui jumlah kalori pada kuliner anda mampu mencarinya di Google. misal nasi, anda mampu mengetik kata pencarian "kalori pada nasi putih" dan lain sebagainya.

Nah sekarang anda sudah mengetahui kunci utama menurunkan berat badan. Semoga berhasil

Subscribe to receive free email updates: