Manfaat Dan Nutrisi Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat dan Nutrisi Buah Semangka Untuk Kesehatan Manfaat dan Nutrisi Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka dikenal sebagai salah satu buah yang menyegarkan dan mampu menghilangkan rasa dahaga. Selain rasanya yang manis ternyata buah semangka memiliki manfaat dan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Apa saja nutrisi dan manfaat yang terdapat pada buah semangka?

Manfaat dan Nutrisi Buah Semangka Untuk Kesehatan


Semangka paling lezat dikonsumsi dikala cuaca panas apalagi dengan rasanya yang bagus. Meskipun 90% mengandung air ternyata buah semangka memiliki sejumlah besar nutrisi di dalamnya.

Hampir semua bagian semangka mampu dikonsumsi contohnya selain daging yang mampu dimakan, bijinya pun ternyata mampu digunakan sebagai camilan sehabis dilakukan proses pemanggangan atau digoreng di tempat-tempat tertentu.

Kulit buah semangka yang mempunyai tekstur tebal dan hijau juga mampu digunakan bersamaan dengan daging ketika membuat jus.

Buah semangka terkenal sebagai buah yang elok dan basah ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Semangka


Buah  Semangka yang kaya akan air ternyata mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah. Buah semangka juga mengandung cukup banyak vitamin A dan vitamin C. Buah ini kayak karotenoid dan bebas dari lemak juga kolesterol. Banyak yang percaya bahwa semangka yang disimpan di suhu kamar yang cuek lebih bergizi daripada yang disimpan di kulkas.

Berikut rincian vitamin di dalam buah semangka per 100 gram

Kandungan mineral per 100 gram buah,

100 gram buah semangka mengandung 30 kalori, dan 91,5 gram air, 0,5 gram lemak, 7,55 gram karbohidrat, 0,4 gram serat kuliner, 6,2 gram gula, dan 0,601 gram protein.

Biji semangka juga mengandung nutrisi tertentu dan jumlah yang sedikit 50% biji semangka terdiri dari minyak dan setengah lainnya termasuk 35% protein dan 5% serat makanan.

Manfaat Kesehatan Dari Buah Semangka


Manfaat kesehatan yang paling utama dari semangka ialah kandungan karotenoid yang memiliki sifat antioksidan. Likopen yang memberi warna merah pada daging semangka mengandung sebagian besar karotenoid. 100 gram buah semangka mengandung 4,5 MG likopen yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker dan penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Kandungan Gizi dan Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan Tubuh

Semangka mengandung asam amino yang disebut sitrulin yang digunakan oleh badan insan untuk menghasilkan asam amino yang lain yang disebut arginine.

Arginine membantu mengeluarkan amonia dari badan dan menghasilkan nitrat oksida yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi juga mencegah disfungsi ereksi.

Semangka dikaitkan dengan banyak sekali manfaat kesehatan di antaranya ialah


  • Semangka mengandung vitamin B yang sangat membantu untuk menghasilkan energi instan di dalam badan
  • Beta karoten yang terkandung dalam semangka membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah kebutaan akhir bertambahnya usia
  • semangka kaya akan air dan sangat membantu mencegah kehilangan cairan tubuh
  • Kandungan rendah kalori dari buah ini menciptakan agar menjadi buah terbaik untuk seseorang yang sedang menjalankan diet
  • Mineral yang terkandung di dalamnya baik untuk mencegah stroke dan persoalan jantung
  • Buah semangka juga mengurangi gejala asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.
  • Buah semangka mampu digunakan untuk perawatan kulit, jus nya mampu diaplikasikan untuk menghilangkan noda pada kulit
  • Buah semangka juga mampu digunakan untuk obat sembelit dan diyakini bermanfaat dalam membersihkan racun didalam tubuh.


Tidak mirip buah-buahan lainnya rasio nutrisi per kalori buah semangka lebih tinggi. Akibatnya kelebihan asupan semangka mampu menyebabkan duduk perkara kesehatan tertentu bagi sebagian orang.

Konsumsi berlebihan pada buah semangka dapat mengakibatkan hiperkalemia (kadar Kalium tinggi dalam darah) dalam beberapa perkara. Seringnya muncul pada orang-orang yang memiliki penyakit ginjal.

Semangka dan Penyakit Diabetes


Penderita diabetes harus berhati-hati soal makanan yang mereka konsumsi. Kadar glukosa darah mereka akan meningkat untuk kuliner tertentu salah satunya ialah semangka.

Penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi semangka alasannya buah ini memiliki indeks glikemik yang tinggi. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kadar glukosa darah dengan sangat cepat.

Namun studi terbaru menunjukkan buah ini bermanfaat bagi penderita diabetes jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Makara ketika ini semangka mampu dikonsumsi oleh penderita diabetes tetapi harus dalam jumlah yang sedikit. Karena buah semangka menghipnotis tingkat glukosa darah. Disarankan untuk memantau kadar glukosa darah sesudah mengkonsumsi buah semangka.

Sebelum itu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memasukan buah ini ke dalam hidangan daftar diet.

Tips saat membeli buah semangka


Pilihlah buah semangka yang berat memiliki kulit yang halus, hijau, mempunyai bercak putih atau kuning, Dan saat di ketuk atau di pukul bunyi nya nyaring.

Itulah manfaat dan kandungan nutrisi pada buah semangka untuk kesehatan dan juga tips membeli buah semangka.

Subscribe to receive free email updates: