Tips Memelihara Ikan Dalam Akuarium Untuk Pemula

Tips Memelihara Ikan Dalam Akuarium Untuk Pemula Tips Memelihara Ikan Dalam Akuarium Untuk Pemula

Tips Memelihara Ikan Dalam Akuarium Untuk Pemula – Pada kesempatan kali ini scriptmobaterudate akan membahas seputar dunia air, terutama untuk penggemar ikan hias yang masih pemula. Bagaimana cara untuk memelihara ikan dalam akuarium, serta apa sajakah yang harus diperhatikan. Simak ulasannya berikut ini!

Tips Memelihara Ikan Dalam Akuarium Untuk Pemula


Sejarah Akuarium


Akuarium adalah tangki, wadah atau sangkar berisi air di mana tanaman dan binatang air (biasanya ikan) disimpan di dalam penangkaran. Akuarium biasanya terbuat dari beling atau plastik mika berkekuatan tinggi. Model dan macamnya kini mulai bervariasi.

Mungkin Anda sudah faham betul tentang bagaimana akuarium itu, tapi taukah Anda kapan pertama kali orang menggunakan akuarium?

Dahulu era, tangki ikan (Akuarium) banyak digunakan di Roma kuno, Mesir, dan Asia. Orang-orang Sumeria telah diketahui menyimpan ikan-ikan liar di bak, sebagai persediaan cadangan makanan. Di China, pembudidayaan ikan gurame menjadi ikan koi dan ikan mas yang populer saat ini, konon sudah dimulai lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Tangki ikan pertama yang terbuat dari kaca atau akuarium dipajang di Regent’s Park, London. Pada tahun 1853.

Perhatikan Beberapa Tips Memelihara Ikan Dalam Akuarium Berikut Ini


Akuarium biasanya diisi dengan air tawar atau air maritim pada suhu tropis atau cuek. Sebelum Anda berencana untuk memelihara ikan dalam akuarium, sebaiknya Anda perhatikan kondisi, karakteristik ikan serta habitat air lainnya. Agar nantinya Anda mampu menata serta menyesuaikan isi akuarium dengan sempurna. Termasuk peralatan-peralatan pendukungnya.

Aquarist yang handal, selalu mencoba memelihara ikan dalam akuarium dengan cara yang menyerupai habitat orisinil penghuninya. Kualitas air sangat penting, sebaiknya Anda juga mulai mencar ilmu mengenai kandungan kimia pada air, terutama jika Anda berniat untuk memelihara ikan air bahari. Karena sangat sulit untuk memelihara ekosistem laut dalam sebuah akuarium.

Memelihara ikan dalam akuarium juga membutuhkan pengaturan suhu, cahaya, dan oksigen yang terukur. Tak lupa juga untuk mengendalikan limbah yang dihasilkan oleh penghuni tangki, pemilihan spesies yang sesuai, dan desain yang menarik secara visual.

Sebuah akuarium rumah sederhana setidaknya berisi sistem penyaringan, sistem pencahayaan buatan, pompa udara, dan pendingin (chiller). Sebaliknya bila Anda tinggal di lingkungan yang ber-suhu cuek, Anda butuh pemanas. Pemanas juga memiliki kegunaan untuk ikan dalam karantina, yakni ikan yang sedang sakit ataupun stres.

Sebaiknya sebelum memulai, Anda perlu perhatikan tips memelihara ikan di atas. Karena Anda merawat makhluk hidup yang mempunyai kebutuhan juga.

Banyak universitas, forum kelautan, dan komisi satwa liar sering memelihara ikan air tawar dan air bahari di akuarium yang besar untuk tujuan penelitian dan pengembangan.

Manfaat Memelihara Ikan Dalam Akuarium


Sebenarnya ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan kalau kita memelihara ikan, salah satunya yakni menghilangkan stres. Apalagi jika Anda membuat Aquascape, sungguh sejuk dipandang mata. Namun peliharalah ikan-ikan dalam akuarium secara benar, soalnya jika ikan mati malah kita yang stres, bukannya menghilangkan stres.

Untuk bawah umur salah satu manfaat memelihara ikan yang menonjol yaitu mengakibatkan rasa tanggung jawab serta disiplin anak. Bagaimana mereka berguru secara teratur memberi makan pada waktu-waktu tertentu, serta tak lupa untuk secara rutin menguras akuarium. Kegiatan ini tentu akan memperlihatkan anak pengalaman berharga serta pelajaran hidup yang baik.

Semoga tips memelihara ikan dalam akuarium untuk pemula di atas dapat menginspirasi Anda. Karena selain bisa menghilangkan stres, ternyata merawat binatang air ini bisa juga menjadi media pembelajaran bagi anak. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: