Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Kiwi atau mempunyai sebutan lain gooseberry dari Cina yakni buah yang berasal dari lembah Sungai Yang Tse dan pesisir provinsi zhejiang di China di mana selanjutnya buah ini disebarkan ke Selandia Baru kemudian ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Buah yang mempunyai warna yang menarik dan yummy ini ternyata mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan badan. Berikut manfaat buah kiwi bagi kesehatan.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan mengenai manfaat yang terdapat di dalam buah kiwi kita lihat dulu apa saja fakta fakta menarik mengenai Kiwi.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan


Fakta Menarik Buah Kiwi


Buah kiwi mampu ditanam pada cuaca atau iklim sedang di daerah atau daerah yang mempunyai panas yang cukup. Tanaman sirih yaitu tumbuhan merambat oleh sebab itu tu saat menanam flora ini maka diharuskan memiliki penopang yang kuat.

Untuk menghasilkan buah, tumbuhan Kiwi disebut dioseus yang berarti flora tersebut mampu jantan maupun betina. Makara hanya tanaman betina saja yang dapat menghasilkan buah. Selain itu untuk melaksanakan penyerbukan tanaman jantan harus menyerbuki tanaman betina dikarenakan tumbuhan kiwi ini sendiri tidak terlalu menarik bagi serangga atau biro penyerbuk.

Ketika tanaman ini memasuki usia di tahun ketiga maka produksi buah juga menurun oleh sebab itu harus tanaman ini harus dipangkas secara rutin.

Kandungan Nutrisi Buah Kiwi


Buah kiwi mengandung nutrisi yang berlimpah yang diharapkan oleh badan antara lain vitamin, protein, dan serat. Untuk kandungan vitamin buah kiwi mengandung vitamin A vitamin C dan juga vitamin E.

Vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata, menghindari rabun senja, dan menyehatkan indera penghilatan secara menyeluruh terutama bagi seseorang yang lanjut usia.

Vitamin C baik untuk antioksidan, melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh atau antibodi.

Vitamin E baik untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut, dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit balasan polusi dan radikal bebas.

Sedangkan kandungan protein yang terdapat pada buah kiwi baik untuk membantu proses metabolisme di dalam badan, menyeimbangkan cairan badan, menstabilkan ph badan, dan membantu darah untuk mengangkut oksigen ke seluruh badan.

Selain itu buah kiwi juga mengandung kalium dan pada buah kiwi mengandung sumber antioksidan yakni flavonoid. Fungsi flavonoid itu sendiri untuk tubuh adalah sebagai antioksidan dimana baik dalam menjaga kesehatan sel dan jaringan dari ancaman radikal bebas.

Jika tidak adanya antioksidan pada tubuh kita, maka beberapa dilema kesehatan akan muncul. Misalnya radang sendi, penyakit jantung, kanker, aterosklerosis, penyakit alzheimer dan penyakit lainnya yang bisa kapan saja menyerang tubuh kita.

Biji yang diekstrak menjadi minyak mengandung sekitar 62% asam Alfa linolenat. Kandungan serat yang terdapat pada buah kiwi sangat tinggi, inilah Salah satu alasan buah kiwi sangat direkomendasikan para hebat gizi untuk dikonsumsi di daftar menu harian.

Itulah diatas manfaat buah kiwi bagi kesehatan. Jangan lupa selalu kunjungi blog zona viral untuk mendapatkan artikel menarik lainnya seputar kesehatan. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: