Cara Cek Saldo E-Money Menggunakan Nfc

Near-field communication atau NFC yaitu saah satu bentuk komunikasi dua arah dengan jaringan nirkabel jarak pendek koneksinya lebih pendek daripada gelombang sinyal antena operator jaringan. Komunikasi NFC ini merupakan medan eletrik yang termodulasi antara perangkat atau medan magnetik termodulasi namun bukan berasal dari gelombang elektromagnetik radio. Teknologi ini yang sangat terkenal pada akir-akir ini terutama pada smartphone.


Sebagian besar perusahaan smartphone sekarang ini berlomba untuk menunjukkan bermacam-macam fitur. Manfaat utama dengan aneka macam fitur tersebut ialah untuk mempermudah acara sehari-hari para penggunanya. Fitur yang populer ialah teknologi Near Field Communications atau NFC. Namanya memang masih belum sepopuler bluetooth atau koneksi nirkabel jarak akrab lainnya.

Kehadiran fitur NFC ini cenderung ke perangkat smartphone dengan begitu mampu semakin memudahkan para pengguna untuk melaksanakan transaksi dan kegiatan transfer data. Telah diketahui bahwa Near-field Communication (NFC) merupakan teknologi yang memungkinkan dua perangkat mampu berkomunikasi dalam jarak dekat. Fitur NFC yang tertanam pada smartphone manfaat utama adalah sebagai media pembayaran maupun cek dan top-up saldo e-money.

Kegunaan NFC sudah tidak diragukan lagi antara lain untuk bertukar file antar-ponsel, NFC juga bisa dipakai untuk transaksi non-tunai, seperti e-money atau e-toll. Pengguna smartphone ber-NFC di Indonesia dibilang belum begitu banyak, alasannya adalah fitur NFC hadir di ponsel kelas menengah dengan rentang harga yang lumayan mahal antara Rp 5 jutaan. Namun untuk peningkatan penjualan banyak smartphone yang menyematkan fitur NFC di ponsel harga lebih murah berkisar Rp 2 jutaan.

Pada umumnya untuk mengecek saldo dari uang elektro tersebut menggunakan aplikasi buatan Bank penerbit. Namun sekarang, kalian dapat lebih gampang mengecek saldo semua kartu lewat satu aplikasi Android. Bagaimana caranya? Sebelum memulai, pastikan smartphone kalian mempunyai fitur NFC.

Cek Saldo e-money Menggunakan NFC

  1. Pastikan smartphone kau sudah memiliki fitur NFC. 
  2. Biasanya fitur NFC dapat diaktifkan melalui notification tray atau melalui pengaturan.
  3. Download aplikasinya melalui link berikut
  4. Hidupkan NFC di smartphone
  5. Buka aplikasi tersebut, dan tempelkan kebelakang bodi smartphone
  6. Secara otomatis, aplikasi tersebut akan membaca saldo yang terdapat pada kartu kau

Jenis-Jenis Kartu Yang Bisa di Baca oleh Perangkat NFC :

  • Flazz dari BCA
  • E-money dari Mandiri
  • Brizzi dari BRI
  • TapCash dari BNI
  • MegaCash dari Mega
  • Kartu Multi Trip


NB: Selain jenis kartu yang disebutkan diatas, aplikasi ini tidak dapat membaca.

Demikian tutorial cara cek saldo e-money menggunakan NFC. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: