Microsd Error Dan Tidak Mampu Diformat? Ini Cara Mengatasinya !

Atasi MicroSd Error- Sebagian besar pengguna smartphome android niscaya menyediakan fitur external memori, dimana pastinya untuk menambah kapasitas penyimpanan pastinya disisipi "memori eksternal atau MicroSD". MicroSd dan juga SdCard bermanfaat untuk menambah media penyimpanan agar dapat menghemat memori internal. Memori penyimpanan yang tren ketika ini yaitu memori Class 10. Namun terkadang MicroSd mampu terjadi error atau gagal format, sehingga menimbulkan persoalan tersendiri bagai pengguna Smartphone.


Untuk mengatasi masalah "gagal format pada memori card" ini dapat disebabkan kerena terkena virus, kerusakan alasannya adalah terbentur, memori terlalu panas, terkadang sembarangan dikala melepas dari ponsel dan kerusakan pada hardware karena jatuh atau retak. Pada ketika ingin membuka sebuah file terutama foto dan video yang tersimpan dalam MicroSd kadang mengalami error dan kadang juga mengalami MicroSD minta forma, namum dikala kamu ingin melakukan format tapi gagal. 

Pernahkan dalam format SdCard memakai laptop atau komputer, kemudian muncul notifikasi ”Windows Was Unable to Complete The Format”, peringatan tersebut pertanda bahwa kartu memori bermasalah. Format MicroSd yang error tersebut masih menyisakan file-file di dalamnya dan sangat menggangu sekali. Setelah format MicroSD dilakukam masih terdapat file yang tersisa dan format menjadi tidak sempurna.

Tips dan Cara Mengatasi MicroSd Error dan Tidak Bisa Diformat

Sd Card error dan tidak bisa diformat ulang masih bisa diperbaiki apabila memori card tersebut tidak mengalami kerusakan hardware. Cek terlebih dahulu dengan cara-cara yang dibawah ini yang merupakan solusi dan pernah di kami coba. Apabila kerusakan bukan dari segi hardware maka proses ini akan berjalan dan sukses. Cara mengatasi Micro Sd yang bermasalah membutuhkan card reader dan komputer atau laptop. Kemudian ikuti panduan berikut ini:

1. Cara Mengatasi Eror Dengan Aplikasi SD Formatter

Langkah pertama untuk mengatasi MicroSd yang error ini dengan menggunakan aplikasi Sd Formatter. Untuk mendapatkan aplikasi dapat mengunduhnya di sini.
  • Pertama download aplikasinya sesuai dengan sistem operasi komputer anda "For Windows atau For Mac" 
  • Setelah unduhan selesai, instal aplikasi tersebut hingga final.
  • Masukan microsd sudah dalam Card Reader atau hubungkan slot USB HP di laptop atau komputer.
  • Buka setting kemudian klik format MicroSd.

2. Cara Format MicroSd Dengan Menggunakan Komputer

Untuk cara yang kedua ini tanpa aplikasi atau software apapun, Anda dapat memperbaiki error pada kartu memori pada komputer dengan format bawaan windows.
  • Siapkan card reader, masukkan Sd Card ke dalamnya lalu colokkan ke slot USB di laptop. 
  • Akan terdeteksi sebagai drive gres di laptop atau komputer
  • Pilih Nama drive sesuai dengan nama kartu memori kau.
  • Selanjutnya klik kanan pada drive memori anda, lalu klik format. 
  • Saat muncul opsi FAT, FAT32, dan NTFS, pilih saja FAT.
Kemudian tunggu proses perbaikan selesai mungkin membutuhkan waktu yang agak usang sesuai kecepatan MicroSD. Setelah proses format simpulan kemudian eject kartu memori dari komputer, lalu masukan ke smartphone dan MicroSD normal kembali.

3. Cara Format MicroSd  Dengan Menggunakan Comand Line

Cara yang ketiga ini  dengan Comand Line. Apabila SdCard masih mengalami error setelah diformat dengan cara-cara diatas cobalah memakai ini. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi Sd Card yang error dan sulit diformat.

  • Tekan icon Win+R untuk membuka menu run.
  • Kemudian ketik cmd lalu enter.
  • Pilih drive Microsd misalkan (E: Drive yang error dan akan diformat).
  • Tulis secara manual, FORMAT E:/FS:FAT pada papan hitam di comand line
  • Tunggu saja proses formatting berlangsung selama beberapa menit.
  • Proses format telah selesai, memori eksternal menjadi kosong dan bebas dari virus.
Demikain artikel ihwal cara mengatasi Micro Sd yang tidak mampu diformat ulang. Apabila dari semua cara tersebut diatas dilakukan namun kartu memori masih error kemungkinan masalahyang terjadi kerusakan pada hardware dan anda layak untuk mengganti dengan SdCard baru.Semoga bermanfaat. Terimakasih

Kata Kunci : tips android, tips smartphone, microsd error, microsd rusak, format memori card,

Subscribe to receive free email updates: