7 Tips Smartphone Tidak Bisa Mengisi Daya Saat Di Charging

Solusi Mengatasi baterai Smartphone tidak bisa di charge. Smartphone tidak lepas dari yang namanya baterai. Baterai merupakan salah satu komponen utama sebab berfungsi sebagai sumber daya. Bagi yang pernah mengalami baterai smartphone tidak mampu diiisi daya bisa anda baca tips mengatasiny pada uraian ini. Cek terlebih dahulu sebelum anda bawa ke servis Smartphone.  Cek beberapa alternatif dibawah ini perihal cara yang dapat lakukan apabila smartphone kamu tidak dapat mengisi daya. 



Banyak permasalahan Smartphone android ialah baterai tidak bisa di charge ataupun baterai tidak penuh walau sudah di charge dalam waktu usang. Sebagai komponen terpenting dari perangkat smartphone, permasalahan baterai ini menjadi hal yang harus secepatnya di atasi. Penyebab permasalahan ini pun beragam dan setiap Smartphone android memiliki alasannya adalah yang berbeda-beda. Mulai dari baterai Smartphone rusak, adaptor rusak, kabel charge yang rusak, atau port USB yang rusak bahkan system error pada Smartphone android bisa menjadi penyebab permasalahan sulitnya baterai Smartphone untuk terisi penuh.

Agar Anda tidak salah dalam mengatasi permasalahan ini, Anda perlu mengetahui penyebab dan solusi terbaik untuk mengatasinya, sebelum menyatakan kalau Smartphone rusak. Perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu, untuk mengecek permasalahan Smartphone tidak mampu di cas maka simak selengkapnya dengan membaca artikel mengenai solusi mengatasi baterai Smartphone tidak mampu di charge.

1. Bersihkan terlebih dahulu Debu di Lubang USB

Terbiasa menyimpan smartphone di saku jaket atau celana? Jika iya, mungkin permasalahan yang kamu hadapi yakni kotoran atau bubuk yang menempel di lubang USB. Untuk itu, coba bersihkan abu yang menempel di lubang USB dengan hati-hati. Salah satu caranya yaitu dengan meniup perlahan lubang USB supaya debu dapat hilang atau dengan memakai kapas untuk membersihkannya.




2. Tukarlah kabel USB untuk mengetahui kondisi kabel.

Salah satu penggalan yang paling rentan yakni kabel, misalnya kabel USB milik Apple yang diketahui mudah rusak. Jika smartphone kau tak mampu diisi daya, coba lihat kondisi kabel yang kau miliki. Jika terlihat sudah usang dan ingin putus, kau dapat menukar kabel USB yang kamu gunakan dengan kabel USB lain. Jika ternyata kabel USB baru ini dapat mengisi daya pada smartphone maka permasalahan ada di kabel USB yang kau pakai.




3. Cek terlebih dahulu kepala charger

Selain kabel USB, hal lain yang perlu dicek dikala smartphone kau tak dapat diisi dayanya yakni kepala charger atau adaptornya, terutama pada kepala charger yang dihubungkan dengan kabel USB. Ketika kepala charger baru dapat mengisi daya smartphone-mu, mampu dipastikan permasalahan ada pada adaptor lama kau yang mungkin sudah rusak atau tak terhubung dengan baik ke stop kontak.





4. Ganti aterai dengan batrai yang lain. 

Perlu diketahui bahwa baterai smartphone memiliki daya pakai yang berbeda-beda. Setelah dipakai selama beberapa tahun, ada kemungkinan baterai smartphone mengalami kerusakan. Untuk itu, setelah langkah di atas tak membuahkan hasil, cobalah lakukan penggantian baterai smartphone kau. Baterai sendiri biasanya memiliki era garansi selama 6 bulan. Nah, bila kau merasa telah memakai baterai tersebut selama 2 tahun, mungkin memang sudah wakunya mengganti baterai. pastikan kalian membeli baterai yang original, agar ketahanannya lebih lama.




5. Coba Anda Pindah ke Stop Kontak Lain

Jika semua cara di atas ternyata tak berhasil, mungkin kesalahan ada pada stop kontak atau sumber energi yang kau gunakan. Bisa jadi stop kontak yang kau pakai tak teraliri listrik atau rusak. Karenanya, coba menguji apakah stop kontak berfungsi dengan baik, cobalah untuk menghubungkan kabel USB dan mengisi daya di stop kontak lainnya. Jika pengisian daya berjalan, kemungkinan stop kontak tersebut yang tak terhubung dengan sumber listrik atau mengalami kerusakan.




6. Cek dan Gunakan desktop charger.

Trik terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi smartphone yang gak bisa di-charge ialah menggunakan desktop charger. Masalah smartphone gak mampu isi ulang jadi teratasi deh! Cuma perlu diingat ya guys, cara ini cuma berhasil bila smartphonemu mengusung baterai yang mampu dilepas. Nah, itulah tujuh trik jitu mengatasi baterai smartphone yang gak mampu di-charge. Pasti berhasil dan kau gak perlu cepat-cepat beli smartphone gres kan! Tapi jika dapat THR nanti sebelum Idulfitri bisa sih beli smartphone baru yang keren dan murah meriah.



7. Coba Lakukan kalibrasi baterain Anda

Trik ini bisa dilakukan untuk mencegah atau jikalau sudah ada tanda-tanda baterai smartphone mulai soak. Cara melakukan kalibrasi baterai smartphone mudah banget kok, hanya diperlukan kesabaran yang penuh. Awal-awal, kamu tinggal isi daya smartphone sampai penuh 100 persen dalam keadaan mati.Setelah itu, coba nyalakan lagi deh smartphonemu dan charge lagi sampai penuh. Setelah itu gunakan smartphone untuk apa pun hingga keadaan baterai benar-benar habis. Jika sudah habis dan mati biarkan dulu 10-15 menit dan sekarang charge smartphone kamu hingga penuh dalam keadaan mati. Jangan dinyalakan dulu sebelum penuh ya.


Demikian artikel wacana tips Smartphone Tidak Bisa Mengisi Daya Saat di Charging, waspada dan perhatikan solusi diatas dan berpikiran smartphone kamu rusak ya jika datang-datang tak dapat diisi dayanya. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan pengetahuan dan tumpuan anda apabila mengalami hp tidak mampu di charging. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates: