Kunci Jaringan 4G Di Smartphone Xiaomi, Ini Caranya !

Cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil - Semakin banyak pengguna smartphone android terkadang terjadi duduk perkara pada jaringan, Permasalahan sebagian besar yakni jaringan tidak stabil.Banyak pengguna smartphone yang berkeluh-kesah mengenai tidak stabilnya koneksi sinyal yang ditangkap atau diperoleh smartphone Android khususnya Smartphone Xiaomi. Perubahan sinyal atau koneksi sering terjadi antara koneksi jaringan Edge, 3G, HSDPA dan juga 4G LTE.


Jaringan 4G merupakan jaringan seluler hasil dari pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Pada jaringan ini terdapat dua standar koneksi 4G yang telah dipasarkan di dunia yakni standar WiMax dan standar Long Term Evolution ( LTE) . Di Indonesia sendiri telah menggunakan koneksi 4G LTE . Teknologi LTE ini pertama kali dilauncing oleh PT. Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE pada November 2013. Walaupun umur peluncurannya sudah terbilang lama, masih saja jaringan 4G masih sedikit sulit untuk didapatkan di kawasan-kawasan yang jauh dari kota besar.

Ketersediaan jaringan seluler di beberapa tempat mampu dikatakan masih kurang stabil, terutama di kawasan jauh dari areal perkotaan. Bagi para pengguna jaringan seluler yang membutuhkan koneksi internet dering mrngalami ganguan. Seperti aktivitas jual beli online yang terganggu untuk login dan onfirmasi pembayaran. Untuk para gamer terutama game online  PUBG, Mobile Legends, atau Fortnite dengan kurang stabilnya jaringan mengakibatkan lag atau freeze pada saat bermain game online.

Untuk mengunci jaringan 4G pada Smartphone sebenarnya gampang jikalau telah ada sajian pengaturanya. Memilih mengunci jaringan 4G diperlukan sebab akan  memperoleh terusan yang lebih cepat dibandingkan jaringan pemula 2G, 3G. Untuk beberapa perangkat yang memakai sistem operasi yang baru tidak terdapat pengaturan untuk mengunci jaringan 4G. Untuk mengaturnya herus memakai cara yang khusus. Untuk smartphone Xiaomi simak langkah-langkanya sebagai berikut

Cara Mengunci Jaringan 4G di Smartphone Xiaomi

Smartphone Xiaomi juga memakai hukum TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Pada masa awal pemberlakuan aturan tersebut Xiaomi dituntut untuk menonaktifkan jaringan 4G di beberapa perangkatnya yang belum memenuhi syarat. Untuk mengatasi limitasi TKDN, pengguna harus membuka jaringan tersebut terlebih dahulu karena hanya dilakukan pada sisi piranti lunaknya. Selanjutnya, mereka mampu mengunci jaringan 4G seperti yang diinginkan.

Langkah-Langkah Mengunci Jaringan 4G HP Xiaomi :

  1. Pada Langkah pertaman buka aplikasi telepon
  2. Kemudian ketikkan kode *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* di dialpad.
  3. Setelah berhasil masuk ke mode testing, pilih Phone Information.
  4. Kemudian pilih kartu SIM 1 atau SIM 2 tergantung yang akan digunakan untuk data.
  5. Di halaman Phone Info, cari bab Set Prefered Network Type.
  6. Selanjutnya buka sajian dropdown dan pilih opsi LTE Only.
  7. Kemudian Oke atau Yes , dan anda telah berhasil menguncinya

Beberapa perangkat Xiaomi yang memakai mode pengembang. Untuk mengaktifkan mode pengembang di HP Xiaomi, buka Setting lalu masuk ke About phone. Selanjutnya tekan MIUI Version atau Build number Xiaomi beberapa kali. Ada metode lain adalah dengan memasang  ROM lain atau memasang Tweak khusus dengan TWRP. Tentunya kedua metode tersebut cukup tekhnis dan cukup beresiko bagi pengguna awam.

Demikian artikel wacana tips dan cara Kunci Jaringan 4G di Smartphone Xiaomi supaya koneksi jaringan lebih stabil. Semoga bermanfaat dan menjadi materi dan tumpuan untuk anda. Terimakasih

Kata Kunci : Smartphone, Jaringan 4G. Locck Jaringan 4G, Kunci Jaringan 4G

Subscribe to receive free email updates: