Selain Untuk Mata, Inilah 6 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

 Mungkin Anda sudah familir dengan jenis sayuran yang satu ini Selain Untuk Mata, Inilah 6 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Mungkin Anda sudah familir dengan jenis sayuran yang satu ini, yap wortel. Sayuran berwarna orange ini ternyata mempunyai manfaat kesehatan bagi tubuh. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat mengonsumsi wortel. Simak penjelasannya dibawah ini.

Kandungan Nutrisi Wortel

Wortel memiliki kandungan 40 kalori dalam 100 gram, selain itu juga banyak mengandung:


  • Beta karoten
  • Vitamin A
  • Serat
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Bermacam antioksidan


6 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh


Karena wortel kaya akan kandungan yang berguna bagi kesehatan tersebut, maka wortel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sebagai berikut:

1. Wortel Bagus untuk Kulit


Seperti yang kita ketahui bersama, wortel mengandung antioksidan serta sumber vitamin A, oleh balasannya, sayur oranye ini bisa menciptakan kulit bersinar dan tetap sehat pastinya. Lebih menariknya lagi, antioksidan serta vitamin A tersebut mampu menjaga kulit dari paparan sinar Ultraviolet yang berbahaya, serta membantu proses peremajaan kulit.

Kandungan beta karoten dalam wortel mampu menghambat proses penuaan, mencegah bengkak, keriput dan sel kulit mati. Lebih hebatnya lagi, wortel mampu menghilangkan noda hitam pada kulit jika Anda rutin mengonsumsinya. So, kalau Anda ingin punya kulit anggun dan infinit muda, jangan tinggalkan sayuran satu ini dalam sajian diet harian Anda!

2. Melindungi Gigi Anda


Bau lisan dan plak pada gigi adalah hal yang tidak menyenangkan, dengan mengonsumsi wortel secara rutin, hal tersebut dengan gampang akan dapat teratasi.

Mengapa wortel baik untuk kesehatan gigi?

Karena dengan memakan wortel akan memicu produksi air liur yang bersifat basa, dimana hal tersebut bisa menetralisir asam yang terbentuk, sehingga ampuh untuk mencegah menumpuknya kuman pada gigi.

3. Wortel Bagus untuk Mata


Saya rasa kita semua sudah tahu khasiat wortel yang satu ini. Memang sudah tidak diragukan lagi bahwa vitamin A yang terkandung pada wortel mampu melindungi mata dari kerusakan retina yang mengganggu penglihatan.

Selain itu, beta karoten yang diubah menjadi vitamin A juga dipercaya dapat melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula terkait usia.

4. Mencegah Penyakit Jantung


Penyakit jantung yakni momok yang paling angker bagi semua orang. Untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya Anda rutin mengkonsumsi wortel.

Beta karoten, alfa karoten, dan lutein yang terkandung dalam wortel mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, serat larut air yang ada pada wortel juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Penyebab umum terjadinya stroke serta gangguan jantung yaitu alasannya kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi, itu sebabnya wortel bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

5. Wortel Mampu Mencegah Diabetes


Kandungan karotenoid dalam wortel bisa menjaga kadar gula darah dalam badan. Fungsi dari karotenoid pada wortel yaitu membantu perembesan gula (glukosa) di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah.

6. Mencegah Kanker


Beta karoten yang ada pada wortel berfungsi sebagai antioksidan yang bisa memperlambat laju perkembangan sel kanker. Selain itu juga mampu mengurangi ukuran tumor.

Dengan konsumsi wortel secara rutin, dipercaya ampuh untuk mencegah kanker paru, payudara, serta usus besar. Itu semua alasannya adalah kandungan falkarinol yang terdapat pada wortel.

Selain keenam manfaat wortel untuk kesehatan yang telah disebutkan di atas, ternyata ada juga beberapa khasiat lainnya, seperti:


  • Dapat mengobati memar dan luka
  • Baik untuk pencernaan dan lambung
  • Dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi
  • Vitamin A pada wortel berkhasiat untuk membuang zat beracun pada badan, membantu fungsi hati, serta mengurangi tumpukan lemak dan empedu dalam hati.


Itulah diatas kandungan nutrisi dan manfaat wortel bagi kesehatan tubuh. Jadi mulai saat ini sering seringlah memasukan wortel dalam hidangan harian Anda karena jika kita mengonsumsi secara rutin akan lebih anggun lagi bagi kesehatan tubuh. Anda mampu mengolahnya dengan cara dibuat jus dan lainnya. Semoga bermanfaat!.

Subscribe to receive free email updates: