4 Cara Screenshot Atau Screen Capture Pada Komputer Mudah Dan Tidak Ribet

Screenshot atau ‘screen capture’ merupakan cara mengambil suatu gambar pada layar komputer. Screenshot ini mampu mengambil gambar tertentu di komputer dan menyimpan gambar tersebut di Komputer atau laptop Anda. Fungsi screenshot sangatlah vital dan niscaya sering digunakan oleh pengguna komputer, baik untuk kepentingan tutorial, presentasi dan menyimpan sebuah memories.



Fitur Screenshot ini bekerjsama sudah disediakan dalam sistem operasi bawaan. Namun banyak pengembang yang menciptakan aneka macam macam aplikasi yang lebih memudahkan dalam mengambil capture gambar . Teknik screenshot sudah banyak dikembangkan oleh banyak penyedia aplikasi yang akan niogko jelaskan dengan beberapa aplikasi rekomendasi terbaik di bawah ini.

Tujuan utama melakukan screenshot ialah yakni untuk memberikan informasi yang terdapat pada gambar bersangkutan. Adapun screenshot biasanya dapat berupa desain desktop, gambar, situs web, dan lain-lain. Screenshot ini mampu dikatakan sangat mudah sekali, namun ternyata masih banyak orang yang belum bisa mengambil tangkapan layar di perangkat PC.

Bagi Anda yang belum tau perihal cara mengambil gambar dengan screenshot maka scriptmobaterudate akan memberikan tutorialnya. Bagi anda yang belum bisa dan mengerti caranya mengambil screenshot pada perangkat komputer ataupun laptop. Berikut, adalah 5 cara melaksanakan screenshot pada komputer.

1. Menggunakan Tombol ‘Prnt Screen’ atau "Prt sc Sysrq"


Cara screenshot ini telah disediakan default di perangkat kayboard. Prosesnya dengan tombol Prnt Scrn / PrtSc pada kayboard yang merupakan cara paling banyak dipahami oleh pengguna. Dengan menekan tombol  Prnt Scrn / PrtSc pada kayboard, maka secara otomatis anda telah menyimpan gambar layar komputer dan melaksanakan paste pada program Paint atau MS Word. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Tekan tombol Print Screen (Prt Scr) Pada keyboard untuk mengambil screenshot dari seluruh desktop. Sedangkan untuk mengambil screenshot dari jendela aktif saja maka tekan Alt+Print Screen (Prt Scr) kombinasi tombol.
  2. Kemudia pstekan gambar tadi di Microsoft cat. Untuk melakukannya, klik mulai > Semua program/program > aksesori > cat.
  3. Tekan Ctrl+V kombinasi tombol untuk menyisipkan gambar Anda ke dalam cat.
  4. Pergi ke menu dan klik File > Save. Pastikan Anda mampu mengingat daerah Anda menyimpan gambar, alasannya Anda akan perlu untuk menemukan file untuk melampirkan gambar di email.
  5. Masukkan nama file.
  6. Dalam Simpan sebagai jenis: hidangan drop-down, pilih JPEG.
  7. Klik Simpan.

2. Menggunakan Snipping Tool


Sama seperti acara Paint, Snipping Tool juga merupakan alat atau software bawaan Windows yang dapat digunakan untuk memotret layar anda (Screenshot). Bahkan anda juga mampu menentukan bagian mana yang ingin dipotret dengan alat ini. Untuk mencoba cara ini, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:
  1. Buka aplikasi Snipping Tool, dengan mengetikkan “Snipping Tool” pada kolom pencarian di Start Menu.
  2. Setelah aplikasi terbuka, dengan otomatis anda tidak mampu lagi mengubah posisi tampilan layar komputer. Maka demikian, alangkah baiknya sebelum membuka aplikasi tersebut, set terlebih dahulu posisi mana yang ingin anda potret.
  3. Setelah Snipping Tool terbuka.
  4. Klik sajian NEW dan pilih Full-Screen snip apabila ingin memotret satu layar penuh, dan pilih Rectangular Snip atau Free-Form Snip bila ingin memotret bab tertentu saja.
  5. Setelah semuanya simpulan dan anda juga telah simpulan menentukan area yang ingin anda potret dengan cara menyeretnya memakai kursor.
  6. langkah terakhir yang harus anda lakukan yakni menyimpannya dengan cara menekan CTRL + S pada keyboard di komputer anda.

3. Menggunakan tombol ‘Alt + PrntSc’


Hampir sama dengan anda memakai tombol Prnt Scrn, namun yang membedakannya yaitu cara ini hanya dapat melaksanakan screenshot jendela acara atau aplikasi aktif saja, atau bagian tertentu saja. Artinya cara ini tidak mampu melakukan tangkapan layar dengan penuh. Berikut yakni tahapannya:

  1. Tentukan terlebih dahulu jendela program mana yang ingin anda potret, posisi layar mana yang ingin anda potret. 
  2. Kemudian sesudah menemukan posisi layar yang ingin dipotret, pengguna tinggal menekakan tombol ALT + PrntSc.
  3. Kemudian buka program paint. Adapun caranya bisa dilihat di “Cara No.1”. 
  4. Setelah aplikasi paint terbuka, tinggal tekan CTRL + V
  5. Tahap terakhir anda dapat menyimpannya saja, dengan cara menekan tombol CTRL + S, atau Klik Kanan > Save / Save As.
Dengan memakai cara ini maka Anda tidak mampu memilih sendiri bab mana saja yang ingin dipotret. Sehingga cara yang satu ini dinilai kurang sempurna untuk keperluan pengambilan tangkapan layar.

4. Menggukan Aplikasi Lightshot


Sebelumnya, aplikasi ini umumnya tidak disediakan semenjak awal oleh perangkat komputer. Maka demikian, untuk mampu memakai cara ini, pengguna dianjurkan supaya menginstal aplikasi Lightshot terlebih dulu dengan mengunduhnya DISINI

Lightshot yakni perangkat lunak atau aplikasi yang telah disediakan oleh pengembangnya secara gratis, dan berfungsi untuk melaksanakan screenshot atau tangkapan layar pada komputer anda. Ditambah, nantinya anda juga dapat mengedit screenshot tersebut seperti menambahkan tulisan, coretan, dan lain-lain.

Cara menggunakan screenshot dengan Lightshot:

  1. Terlebih dulu tentukan area mana yang ingin anda potret, lalu tekan Prnt Scrn pada keyboard di komputer anda.
  2. Lalu anda juga harus menentukan bab mana tepatnya yang ingin dipotret dengan cara menyeret bagian tersebut dengan kursor.
  3. Adapun anda dapat melaksanakan editing pada dikala pengambilan gambar tersebut dilakukan, mirip menambahkan garis petunjuk, menambahkan tulisan, menambah warna, dan lain sebagainya.
  4. Apabila semuanya telah final, pilih tombol Simpan. CTRL + S
Demikian artikel scriptmobaterudate ihwal Cara Melakukan Screenshot Atau Screen Capture Pada Komputer semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates: