Tips Membeli Hp Android Bekas [Menurut Pengalaman]

Tips membeli hp android bekas - Sebagian orang memilih untuk membeli hp bekas dibandingkan yang baru alasannya beberapa alasan tapi yang paling utama alasannya adalah harganya yang jauh lebih murah.

Namun masih banyak orang yang awan dan tidak berhati-hati dalam memilih dan membeli hp bekas dengan benar, akibatnya marak terjadinya perkara penipuan akibat kurang mengerti mengenai barang yang dibelinya.

Banyak yang mengeluhkan kualitas dari hp bekas atau hp second yang tidak sesuai impian. Baru beberapa hari atau bulan hp sudah rusak, fitur tidak beroperasi dengan semestinya, barnag yang dibeli ternyata tidak original, dan masih banyak lainnya.

Sebagai pembeli kita harus cerdas untuk mengetahui hal hal berikut sebelum menetapkan untuk membeli hp atau smartphone android bekas biar tidak menyesal di lalu hari. scriptmobaterudate.blogspot.com ingin membuatkan isu mengenai tips memilih dan membeli HP Android bekas menurut pengalaman agar tidak tertipu.

Tips Membeli HP Android Bekas [Berdasarkan Pengalaman]




1. Perhatikan di mana kawasan membelinya


Saat ini kebanyakan orang membeli hp bekas namun tidak memperhatikan di mana membeli nya, alasannya tergiur harga murah dan tampilan hp yang terlihat baik. Pastikan kau membeli hp di kawasan yang sempurna.

Umumnya orang membeli hp bekas di counter HP, perorangan secara eksklusif, dan terakhir melalui online. Jika kau membelinya di konter HP pastikan kau tahu betul toko HP yang memiliki reputasi baik yang direkomendasikan orang orang yang pernah membeli di konter tersebut. Bisa tanya tanya kepada sobat atau orang di sekitar kamu.

Jika membelinya melalui perorangan atau ada orang lain yang menawarkan hp android bekas untuk dijual kepada kamu, kalau mengenalnya itu lebih baik namun kalau kau baru kenal pastikan ajak untuk bertemu atau COD. Saran saya jangan lakukan transaksi malam hari sebab biasanya mata tidak jeli menyelidiki kondisi barang dengan detail.

Apabila menetapkan untuk membeli hp second melalui online memang agak beresiko sebab kita tidak tahu secara pasti hp yang akan diterima mirip apa, kamu niscaya sudah tahu istilah membeli kucing dalam karung bukan? yap itulah resiko bertransaksi melalui online.

Untuk tips nya pastikan kau membeli di toko online terpercaya, untuk sistem pembayaran lebih baik COD atau barang datang kamu bayar. Jika memang tidak mampu COD pastikan gunakan layanan rekening bersama atau rekber. Rekber biasanya sudah disematkan di sistem toko online besar dan sudah terkenal misalnya lazada atau tokopedia.

2. Periksa Kondisi Barang


Untuk tips yang kedua ini biasanya yang paling sering jadi penyebab orang menyesal sesudah membeli hp bekas, karena tidak mengerti betul apa yang harus dicek dan lain lain. Yang harus kau memerika kualitas dan kondisi hp yang akan dibeli.

Kualitas hp atau smartphone mampu dilihat dari aba-aba IMEI. apa itu arahan IMEI? International Mobile Equipment Identity yakni semacam isyarat identitas pada tiap perangkat yang dipasarkan oleh vendor HP. jadi setiap hp mempunyai kode IMEI yang berbeda-beda.

Kode IMEI ini biasanya memiliki jumlah sebanyak 15 digit dan berfungsi untuk mengetahui kualitas dan keaslian dari perangkat hp tersebut. Bagaimana cara mengeceknya? untuk merek Samsung, Xiaomi kamu bisa mengecek melalui arahan *#06# sehabis muncul di layar silahkan kau cocokan dengan kode IMEI di dalam Box atau kardus hp tersebut jikalau benar cocok berarti hp bekas yang akan kamu beli bisa terjamin keasliannya.

Selain itu ada beberapa yang perlu diperhatikan, pada aba-aba digit IMEI ke 7 dan ke 8 yaitu asal hp tersebut di buat. Berikut daftarnya


  • 00 Prancis
  • 01 Finlandia
  • 10 Finlandia
  • 08 Jerman
  • 80 Jerman
  • 20 China
  • 02 China
  • 40 India
  • 04 India


Untuk kualitas terbaik yakni dari prancis dan finlandia, tapi kebanyakan hp saat ini kebanyakan di buat di Cina dan itu tidak persoalan sebab hp dengan merek apapun mirip oppo atau iphone dan sistem operasi apapun mirip android atau iOS kebanyakan dibentuk di Cina.

Makara jangan anggap smartphone atau hp yang dirakit di Cina mempunyai kualitas buruk, itu cuma mitos lama.

Setelah cek isyarat IMEI ada beberapa kode penting juga yang perlu kamu tahu. Kode yang kedua yakni *#*#4636#*#* fungsinya yakni untuk melihat informasi statistik penggunaan hp dan penggunaan baterai.

Kode yang ketiga yang paling penting dan harus dilakukan pengecekan yakni isyarat untuk mengusut kondisi HP. Ketikan isyarat *#0*# untuk melihat kondisi perangkat lunak seperti layar sentuh, sensor, LCD speaker, sinyal dan lain lain.

Dengan aba-aba tersebut kamu akan mengetahui bila hp yang akan kamu beli masih anggun atau tidak. Setelah mengetikan aba-aba tersebut akan muncul beberapa sajian yang mampu kau gunakan untuk memastikan perangkat keras di dalam hp tersebut. Kalau kamu memilih sajian tertentu contohnya layar sentuh, akan terlihat bagian mana saja area di layar yang tidak berfungsi.

Kode *#*#7378423#*#* (Sony)
Kode *#*#3424#*#* (HTC)
Ketikan di aplikasi kalkulator bawaan .12345+= (ASUS)

3. Periksa fungsi dan kelengkapan hp


Jika sebelumnya kamu sudah mengecek fitur dan perangkat keras di dalam hp tersebut, selanjutnya silahkan kamu periksa kondisi fisik hp . Periksa tombol home, tombol power, tombol volume dan kamera apakah masih berfungsi.

Periksa juga lubang adapter apakah masih berfungsi. Lihat juga tampilan dan bentuk baterai hp tersebut apakah masih terlihat anggun dan tidak kembung. Ketika membeli hp bekas yang masih memiki kelengkapan seperti charger, headset dan adapter akan lebih bagus dibandingkan hanya hp nya saja. Tapi itu kembali lagi tergantung kamu mau atau tidak.

4. Cek Kelengkapan Garansi


Nah terakhir yang tidak kalah pentingnya, pastikan juga mengenai garansi hp tersebut. Jangan sampai baru beberapa hari sudah rusak dan kamu tidak apa yang harus dilakukan. Karena bila barang sudah ditangan penjual tidak bertanggung jawab pada kerusakan setelah pemakaian. Apalagi bila penjual tidak menawarkan garansi. Kaprikornus sekali lagi pastikan membeli hp yang disertai garansi meskipun itu hp bekas.

Itulah tips membeli hp android bekas menurut pengalaman aku sendiri. Karena saya lihat masih banyak orang yang tertipu alasannya hp bekas yang baru di beli hanya memiliki umur singkat. Jika kau mempunyai saran dan pengalaman saat membeli hp bekas semoga kondusif dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, silahkan menyebarkan di kolom komentar dan kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa share.

Subscribe to receive free email updates: