Cara Mudah Menganalisa Dan Mengatasi Troubleshooting Hardware Komputer

Troubleshooting Komputer merupakan suatu permasalahan atau terjadinya kondisi tidak normal pada komputer suatu komputer. Permasalahan komputer atau "troubleshooting komputer" ini dibagi menjadi 2 permasalahan yaitu "troubleshooting hardware" (perangkat keras komputer)  dan "troubleshooting software" (perangkat lunak komputer).





Troubleshooting hardware komputer biasanya terjadi dengan ditandai pada komputer tersebut tidak mampu menyala, monitor mati, CPU tidak ada suara, kipas tidak nyala dan masih banyak kerusakan perangkat keras komputer lainya. Dengan tidak bekerjanya salah satu komponen hardware maka komputer akan mati dan tidak bisa dipakai untuk beraktifitas.

Troubleshooting software komputer ditandai dengan lambatnya dan lemot kinerja komputer. Meski tidak menutup kemungnkinan juga tanda-tanda-tanda-tanda lambatnya komputer terjadi tidak hanya pada software tetapi juga troubleshooting hardware. kerusakan ini misalkan komputer terkena virus, windows corrupt, hilangnya salah satu aplikasi tertentu dan masih banyak penyebab lainya.

Cara mengatasi troubleshooting komputer dapat analisa sendiri, langkah-langkah mudah yang dapat anda terapkan yang merupakan langkah pertama pada komputer yang terjadi persoalan maka bisa anda analisa troubleshooting tersebut. Bagaimana cara mengatasinya mampu simak solusi troubleshooting hardware pada pc komputer. Cara mengatasi troubleshoting hadrware pada pc komputer anda, Sebagai berikut :
  1. Periksa ajaran listrik ke komputer : Kabel Power, Power suply periksa kembali sudah terpasang dengan baik dan benar dan tidak ada masalah
  2. Pastikan pemasangan komponen-komponen komputer dengan benar : Pastikan tidak ada komponen yang kendor dalam pemasanganya.
  3. Pastikan Kabel Monitor terpasang dengan benar : Kabel monitor terhubung dengan monitor secara benar
  4. Analisa suara komputer “beep” : Periksa dan analisa bunyi yang keluar pada pc speaker dengan banyak sekali kode berikut.
 

Kode Analisa Suara Troubleshooting Hardware Komputer

  • Bunyi ‘beep’ pendek 1 kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot dengan baik.
  • Bunyi ‘beep’ pendek 2 kali, artinya ada persoalan pada konfigurasi atau seting pada CMOS.
  • Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya error pada Motherboard atau DRAM.
  • Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya error pada monitor atau VGA Card.
  • Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard.
  • Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada duduk perkara pada ROM BIOS.
  • Bunyi ‘beep’ panjang terus-menerus, artinya ada problem di DRAM.
  • Bunyi ‘beep’ pendek terus-menerus, artinya ada duduk perkara penerimaan tegangan (power)
  • Pada beberapa brand Motherboard akan mengeluarkan suara beep beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas).

Perbedaan pada bunyi “beep” pada setiap merk motherboard tidak ada salahnya anda lebih bisa mencermati dan mengamati "troubleshooting" yang terjadi pada komputer anda. Karena pada dasarnya analisa suara ini tidaklah kaedah pasti dalam pendeteksian troubleshooting tapi bisa mejadi perihal bagi kita apabila terjadi troubleshooting pada komputer kita.

Bagian Utama Hardware Pendeteksian Masalah Pada Unit PC dan :

Troubleshooting pada perangkah PC /komputer Unit. Bagian-bagian yang dapat anda analisa sebagai berikut, sehingga anda mempunyai citra perihal perangkat mana yang mengalami trouble /kerusakan.
  1. Power Supply
  2. Motherboard
  3. Speaker
  4. RAM
  5. VGA Card + Monitor
  6. Keyboard
  7. Card I/O
  8. Disk Drive

Cara Mudah Menganalisa Troubleshooting Hardware Komputer

  • Problem komputer disertai sistem masih memperlihatkan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan suara beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6, 7, dan 8 yakni pada Keyboard, Card I/O, dan Disk Drive.
  • Apabila terdapat dilema disertai sistem memberikan kode suara “beep” lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5, adalah RAM, VGA Card dan Monitor. 
  • Sedangkan untuk persoalan yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep,kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen nomor 1 dan 2, adalah Power Suplly dan Motherboard.
Untuk tahap awal, analisa terlebih dahulu ada dibagian manakah "troubleshooting hardware komputer" tersebut. Penanganan pertama yang di ambil adalah anda mampu mencabut atau melepaskan hardware yang kira-kira terjadi troubleshooting lalu pasangkan kembali dengan niscaya dan periksa secara tepat tidak ada kelonggaran dalam pemasangan kembali hardware tersebut.

Apabila beberapa troubleshooting yang belum tersebut dan penanganan pertama masuh juga belum ditemukan dan terselesaikan silahkan periksakan ke jasa service komputer atau service center resmi komputer.

Demikian artikel tips perihal "Cara Mudah Menganalisa dan mengatasi Troubleshooting Hardware Komputer" supaya tip bermanfaat bagi anda semua terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: