Cara Memperbaiki Sim Card Tidak Terbaca Hp, Ini Penyebab Dan Solusinya !

SIM Card atau kartu seluler ialah bagian yang sangat penting untuk sebuah ponsel. Mengapa sangat penting? karena ponsel tanpa adanya SIM Card fungsi sebuah phone selulur tidak mampu digunakan untuk bertukar info dan pesan, dengan SIM Card maka pengguna ponsel bisa melakukan komunikasi. Terkadang SIM card tidak terbaca oleh HP, sehingga mampu merepotkan penggunanya.


Masalah SIM card tidak terbaca HP ini banyak dialami oleh para pengguna ponsel seluler baik ponsel biasa maupun ponsel berakal atau smartphone. Ponsel biasa maupun smartphone tentunya semua menggunakan SIM card dengan slot kartu yang digunakan di dalamnya. Dengan demikian kedua jenis perangat seluler tersebut juga rentah terhadap kerusakan SIM tidak terbaca di ponsel

Penyebab SIM card tidak terbaca di HP. 

  1. Pertama kerusakan terjadi pada slot SIM card, kerusakan pada slot SIM card terjadi sebab sering bongkar pasang SIM card sehingga aus pada konektor pada slot SIM card. 
  2. Kerusakan pada SIM card itu sendiri, kerusakan ini juga terjadi alasannya sering bongkar pasang SIM card sehingga lama pada tembaga SIM Crad . 
  3. SIM card hanya kotor pada konektor ataupun slot sim card nya saja sehingga ponsel tidak terhubung dengan chip pada SIM card. 
  4. Kerusakan terjadi pada SIM card disebabkan karena chip yang patah atau retak.
Dari analisa penyebab SIM card tidak terbaca oleh HP maka anda harus jeli dalam menganalisa dalam mengetahui peneyab sim tidak terbaca, sehingga anda bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah sim card tidak terdeteksi di ponsel.
Lalu agaimana cara mengatahui penyebab SIM card tidak terbaca di HP,  Tes dulu SIM card di HP lain yang bisa membaca SIM card, bila pada HP lain terbaca maka mampu dipastikan yang rusak yaitu slot SIM card pada HP. Namun jika tidak terbaca maka yang rusak yaitu SIM card-nya.

Cara memperbaiki SIM card tidak terbaca HP

Hasil analisa yang rusak ialah SIM card maka sebaiknya anda beli SIM card gres, namun kalau anda merasa sayang dengan nomor HP anda, silakan anda tiba ke gerai kartu selular untuk membeli kartu perdana tapi dengan memakai nomor milik anda yang SIM cardnya rusak.

Jika SIM card baik-baik saja (terbaca di HP lain) silakan anda perbaikan kerusakan yang terjadi pada slot SIM card pada HP anda. Slot SIM card tidak sanggup membaca SIM card sanggup saja terjadi karena slot kotor sehingga SIM card tidak terbaca oleh HP.
  1. Langkah pertama silakan bersihkan terlebih dahulu slot SIM card dari kotoran yang mungkin menghambat konektor untuk terhubung dengan SIM card. Gunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan bensin atau menggunakan minyak kayu putih. Hati-hatilah ketika membersihkan slot untuk mencegah terjadi komponen yang patah.
  2. Jika dengan cara dibersihkan HP tetap tidak mampu membaca SIM card, ada kemungkinan ada komponen yang rusak. Mungkin harus mengganti slot SIM card pada HP . Untuk mengganti slot SIM card tentu saja harus lebih sulit ada baiknya dibawa ke tukang servis. terkecuali ingin mendapat pengalaman dan berani mengambil resiko HP, mampu lakukan penggantian slot SIM card sendiri.
Demikian cara memperbaiki SIM Card tidak terbaca, agar dapat membantu dan bermanffaat, saat sim card tidak terbaca jangan langsung memfonis sim card datau hp rusak dan membuang salah satunya, tapi periksa terlebih dahulu secara seksama. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates: