Daftar Nutrisi Yang Sempurna Untuk Lansia


 Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk seseorang yang sudah lanjut usia sangat dipenga Daftar Nutrisi yang Tepat untuk Lansia

Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk seseorang yang sudah lanjut usia sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya sebab terjadi perubahan komposisi tubuh. Seiring bertambahnya umur, tubuh akan kehilangan kepadatan tulang, kekuatan otot, dan kemampuan dalam meyimpan lemak alasannya hormon didalam badan tidak seaktif dulu.

Ada beberapa nutrisi yang dapat menghambat munculnya gangguan kesehatan pada lansia, dibawah ini daftar gizi dan nutrisi yang bisa di konsumsi lansia atau berapa pun usia anda untuk mampu sehat lebih lama.

1. Air

Air di dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia, jadi semakin bau tanah seseorang maka akan mengalami kehilangan cairan tubuh dengan mudah. Terkadang mereka tidak merasa haus sedangkan badan kekurangan cairan. Direkomendasikan untuk meminum air setidaknya 1 ons untuk setiap 2.2 pond berat tubuh atau tidak lebih dari 1,5 liter perhari.

2. Protein

Ketika seseorang berada pada masa lansia, asupan protein sangat diperlukan badan untuk menunjang sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Dengan asupan protein yang cukup akan menghambat kehilangan massa otot. Dalam memenuhi kebutuhan protein direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti telur, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan ikan.

3. Karbohidrat dan Serat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama seluruh badan. Anda bisa menerima kandungan karbohidrat dalam roti, sereal, pasta, dan produk gandum lainnya. Sedangkan untuk serat dan air mampu didapatkan melalui sayuran hijau dan buah-buahan.

4. Lemak

Kebanyakan kita menyarankan orang tua untuk tidak mengkonsumsi daging padahal kandungan di dalam daging juga diharapkan untuk badan terutama lemak, tentunya asupan lemak untuk orang tua harus dibatasi bukan dilarang. Lansia mampu mengkonsumsi daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan memakan makanan yang tidak melalui proses penggorengan.

5. Zat Besi

Bagi lansia kekurangan zat besi amat berbahaya. Apalagi fungsi zat besi itu sendiri sangat dekat hubungannya dengan ketersediaan jumlah darah yang diharapkan untuk mengangkut oksigen ke seluruh badan. Sumber zat besi yang baik bisa didapat dari daging merah tanpa lemak atau sereal.

6. Seng (Zinc)

Seng dibutuhkan untuk badan sebagai anti oksidan, mempertahankan sistem imun, menjaga kesehatan sistem reproduksi dan juga pencernaan. Untuk membantu anda memenuhi kebutuhan seng anda mampu menkonsumsi tiram, daging sapi, bayam, ikan, kacang-kacangan, dan jamur.

7. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang sering di hindari kebanyakan orang bau tanah alasannya dapat mengganggu pencernaan mereka terutama kalsium yang banyak terdapat pada susu. Alhasil para orang tua jarang minum susu padahal mereka harus menerima sekitar 1.500 mg kalsium sehari.  Kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Susu debu tanpa lemak, yoghurt, keju rendah lemak, dan brokoli mampu membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan dapat mencegah duduk perkara penyakit tulang mirip osteoporosis atau tulang keropos.


8. Vitamin B12

Vitamin B12 diharapkan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf dan mencegah anemia. Ketika kurun lansia kemampuan tubuh dalam menyimpan vitamin B12 akan berkurang.Vitamin B12 mampu didapat dalam bentuk obat tentunya melalui usulan dokter.


Masing-masing nutrisi diatas diperlukan untuk menjaga badan yang mulai tua biar tetap dalam keadaan baik. Orang tua harus berusaha untuk tetap aktif dan berjuang untuk diet seimbang semoga terpenuhinya badan yang sehat dan panjang umur.

Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: