10 Fobia Paling Umum Di Dunia Dan Cara Mengatasinya

 Fobia Paling Umum di Dunia dan Cara Mengatasinya 10 Fobia Paling Umum di Dunia dan Cara Mengatasinya

Apa saja fobia yang paling umum dialami orang-orang di seluruh dunia? Bagaimana penanganan untuk mengatasi fobia? 

Mungkin kau sering dengar istilah fobia? Mungkin juga kamu mengalami salah satu dari aneka macam jenis tipe fobia? Sebenarnya apa itu fobia? dikutip dari situs Wikipedia, fobia ialah perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu. Rasa takut tersebut bisa muncul dan dipicu oleh berbagai hal.

Sudah tercatat hampir 700 tipe fobia yang dialami orang-orang di seluruh dunia, rasa takut ini mampu berasal dari aneka macam hal mulai dari unsur alam seperti air, kilat, binatang, buah-buahan, dll. Situasi tertentu dan benda mati juga dapat menjadi penyebab fobia. Langsung saja inilah

10 fobia paling umum di dunia dan cara mengatasinya.


1. Arachnophobia

Berasal dari bahasa Yunani yang berarti keuntungan-laba dan fobia yang berarti ketakutan. Bisa disimpulkan arachnophobia adalah rasa takut terhadap keuntungan-laba ataupun binatang serangga lainnya. Fobia ini lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan laki-laki. Orang yang menderita arachnofobia disebut juga dengan Arachnofobik.

2. Agoraphobia

Agoraphobia adalah rasa takut tidak dapat melarikan diri dari suatu tempat, berasal dari kata latin agora yang mempunyai arti di luar ruangan. Rasa takut ini muncul sebab seseorang yang mengalami agoraphobia merasa terjebak di kawasan umum, tidak dapat melarikan diri dan takut tidak ada sumbangan apabila mengalami sesuatu hal. Banyak yang berpikir bahwa agoraphobia yaitu perkembangan dari rasa cemas atau anxietas.

3. Akrofobia

Jika kamu merasa pusing dan mual setiap kali berada di tempat yang tinggi atau di ketinggian mampu jadi kamu mengidap Akrofobia. Akrofobia berasal dari bahasa Yunani yaitu akron yang berarti Puncak dan phobos yang berarti takut. Acrophobia Adalah perasaan takut seseorang terhadap daerah tinggi seperti gedung, lift, balkon rumah, pesawat terbang dll. Biasanya seseorang yang mengalami akrofobia akan menderita pusing lemas sesak nafas saat berada di daerah yang tinggi.

4. Fobia sosial

Istilah fobia sosial mungkin sudah tidak gila lagi, fobia yang satu ini menjadi daftar 5 teratas yang paling sering dialami oleh orang-orang di seluruh dunia. Dari penyebutan saja sudah bisa diartikan kalau fobia sosial adalah ketakutan terhadap situasi sosial. Dikenal juga sebagai gangguan kecemasan sosial (social anxiety disorder) menciptakan penderitanya menghindari daerah umum dan takut dinilai orang lain.

5. Claustrophobia

Fobia satu ini berasal dari bahasa latin adalah claustrum yang berarti di tempat tertutup dan phobos yang berarti takut. Tidak hanya agoraphobia yang membatasi seseorang untuk berada di satu daerah, claustrophobia baby dipicu terhadap suatu tempat yang sempit dan perasaan terjebak mirip berada di kereta api live ataupun pesawat terbang.

6. Areophobia

Sayang sekali untuk seseorang yang mengidap fobia yang satu ini sebab mungkin seumur hidupnya tidak akan pernah mencicipi berada di pesawat terbang atau berpergian ke luar negeri.  Berasal dari bahasa Yunani yakni Aero yang berada di udara atau gas. Aerofobia yakni ketakutan berada di udara atau pun takut terbang. Aerophobia juga disebut dengan pteromerhanofobia, aviofobia, aviatofobia.

7. Brontophobia

Brontophobia yakni rasa takut terhadap petir, disebut juga dengan astrophobia. Ketakutan berlebihan terhadap kilat ataupun Guntur. Seseorang yang mengalami brontofobia akan merasa cemas ketika langit gelap dan cuaca sedang ekstrem.

8. Mysophobia

Mysofobia yaitu ketakutan terhadap kuman, disebut juga dengan germofobia. Orang orang yang menderita kondisi ini biasanya akan akan selalu muncul tangannya setiap dikala supaya terbebas dari bakteri dan biasanya mereka memakai sarung tangan sepanjang waktu untuk melindungi diri mereka dari basil.

9. Karsinofobia

Fobia yang satu ini mempunyai ketakutan berlebih terhadap penyakit kanker. Sudah pasti semua orang takut terhadap suatu penyakit apalagi penyakit kanker namun bagi penderita fobia satu ini memiliki pemahaman bahwa penyakit kanker bisa menular dari satu orang ke orang lain.

10. Necrophobia

Adalah ketakutan terhadap akhir hayat atau yang berhubungan dengan kematian. Biasanya orang yang mengalami fobia yang satu ini akan insomnia di malam hari alasannya adalah takut dirinya tidak akan berdiri dari tidurnya. Selain itu mereka tidak mau menghadiri pemakaman atau melihat peti mati. Apapun yang bekerjasama dengan kematian akan menciptakan mereka merasa cemas dan panik.

Cara mengatasi fobia


Ahli psikologis percaya bahwa fobia disebabkan oleh berbagai faktor dari mulai faktor psikologis, peran genetika dan pengalaman sosiokultural selama era kanak-kanak mampu memicu kondisi di atas.

Meskipun penyebabnya membutuhkan pemahaman yang lebih jauh, beberapa pilihan Penanganan dan pengobatan terhadap kondisi ini mampu dilakukan mirip psikoterapi, hipnoterapi, bahkan lucid dream. yap lucid dream jadi salah satu penangangan paling ampuh dalam mengatasi fobia

Baca juga:



Dalam beberapa alternatif pengobatan, seorang yang mengalami fobia akan dilibatkan kepada objek yang menjadi penyebab rasa takut tersebut. Dengan mengatasi rasa panik yang muncul akan berpeluang menghilangkan fobia yang dialaminya.

Itulah dia 10 fobia paling umum di dunia dan cara mengatasinya. Apakah kau memiliki salah satu fobia diatas atau fobia yang lain? Yuk share di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates: