Cara Merawat Orang Sakit Keras Di Rumah


 Bagaimana cara merawat orang sakit keras di rumah Cara Merawat Orang Sakit Keras di Rumah

Bagaimana cara merawat orang sakit keras di rumah?. Beberapa orang mempertimbangkan untuk merawat seseorang yang sedang sakit keras di rumah karena aneka macam alasan misalnya faktor ekonomi, ataupun ingin menjaganya tiap waktu dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Tetapi perlu Anda tahu apabila memiliki keinginan untuk merawat orang sakit dirumah tanpa mengetahui apa saja cara atau kiat kiat yang harus dilakukan, bukannya memperbaiki kondisi kesehatannya Justru malah memperburuk keadaan nya.

Namun jangan khawatir di postingan kali ini scriptmobaterudate akan membuatkan informasi mengenai apa saja kiat-kiat yang perlu dilakukan untuk merawat orang sakit keras di rumah.

Cara Merawat Orang Sakit Keras di Rumah


1. Menjaga kondisi cairan biar tidak dehidrasi


Hal pertama yang paling penting dilakukan yaitu menjaga kondisi cairan dengan menawarkan air minum yang cukup agar tidak terjadi kehilangan cairan tubuh. Kalau penderita minum nya sedikit tapi sekiranya masih mampu menelan berikanlah tiap 5 atau 10 menit.

Untuk dosis jumlah air minum setiap harinya biasanya memerlukan 2 liter air putih untuk penderita yang buang air kecil 3 sampai dengan 4 kali sehari. Apabila penderita minum yang sedikit dan jarang buang air kecil, dan apabila mulai memberikan kekurangan cairan atau kehilangan cairan tubuh berikan minum lebih banyak.

Apabila penderita sulit minum dengan jumlah yang cukup dan mulai memberikan kehilangan cairan tubuh maka mampu diberikan cairan infus tentunya dengan dibantu petugas kesehatan.

2. Memberikan kuliner yang sempurna terhadap orang yang sakit


Jika penderita menyukai kuliner yang padat berikanlah sari buah sup kaldu susu dan makanan cair lain yang bergizi, bisa juga dengan bubur dari tepung jagung atau beras ataupun tepung gandum.

Akan lebih baik jikalau ditambahkan makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti daging atau kacang polong ayam atau ikan yang sudah dicacah halus. Jika penderita makanya sedikit sebisa mungkin ia harus makan beberapa kali sehari.

Biasanya sebelum memutuskan untuk merawat seseorang yang sakit di rumah pastikan sudah mengetahui apa penyakit yang diderita dan menanyakan kepada dokter makanan yang sesuai atau pantang untuk dikonsumsi.

 

3. Menjaga kebersihan dan posisi tidur yang tepat untuk penderita


Selain menjaga cairan dan makanan, menjaga kebersihan dan posisi tidur yang sempurna untuk orang yang sakit juga penting diperhatikan. Anda bisa memandikan penderita dengan air hangat, mengganti sprei, sarung, bantal, dan lainnya apabila dirasa sudah kotor.

Jika penderita lemah dan tidak mampu mengembalikan badannya sendiri Anda harus membantu merubah posisi tubuhnya di tempat tidur semoga tidak menimbulkan luka akhir terbaring terlalu lama.

Bagi anak yang menderita sakit untuk waktu yang lama lebih baik sering ditidurkan di pangkuan ibunya biar mudah merubah posisi tidur untuk menghindari radang paru-paru yang dapat berbahaya bagi orang yang tubuhnya lemah dan sakit keras akibat berbaring di kawasan tidur dalam waktu yang usang.

 

4. Mengamati perubahan yang terjadi pada orang yang sedang sakit


Dalam merawat orang sakit di rumah kita harus cermat dalam mengamati apa saja perubahan yang terjadi pada penderita semoga dapat diberikan penanganan yang tepat. Caranya dengan membuat catatan apa saja tanda-tanda yang penting seperti denyut nadi suhu tubuh dan pernafasan.

Jangan lupa untuk menjaga jumlah cairan yang diminumnya, berapa kali nya buang air kecil maupun buang air besar. Anda mampu memakai catatan tersebut untuk diberikan kepada dokter agar dapat di berikan saran yang sempurna bagi penderita.

Itulah ia cara atau kiat-kiat dalam merawat orang yang sakit keras di rumah. Jika dirasa artikel diatas bermanfaat Jangan lupa untuk bagikan kepada sahabat sobat anda semoga bisa bermanfaat juga bagi orang lain.

Subscribe to receive free email updates: