Cara Merawat Payudara Bagi Ibu Menyusui

 Melakukan perawatan payudara bagi ibu menyusui adalah suatu tindakan penting untuk keseha Cara Merawat Payudara Bagi Ibu Menyusui

Melakukan perawatan payudara bagi ibu menyusui yaitu suatu tindakan penting untuk kesehatan ibu maupun bayinya.

Pemberian air susu pada bayi dilakukan saat ibu melahirkan. Mungkin pada awalnya bayi tidak mampu menghisap banyak tetapi dengan hal tersebut akan membiasakan payudara ibu terhadap hisapan dan membantu mencegah munculnya penyakit puting.

Air susu ibu yang pertama kali keluar sangat penting bagi perkembangan sang bayi. Tetes ASI pertama tersebut dinamakan dengan kolostrum ialah suatu cairan berwarna kuning. Kandungan protein yang tinggi, vitamin yang larut dalam lemak, mineral, antibodi, dan lain-lain bermanfaat terhadap kesehatan bayi.

Lalu bagaimana cara perawatan payudara yang benar untuk ibu menyusui biar mampu menghasilkan air susu sebanyak yang diharapkan bayi. Perlu diketahui sebenarnya jikalau bayi mengisap hingga habis payudara akan menghasilkan lebih banyak. Namun jika bayi sedikit menghisap air susu, payudara juga akan memproduksi sedikit ASI.

Cara Merawat Payudara Bagi Ibu Menyusui


Jika bayi sedang sakit dan tidak mau menyusui ibu harus tetap menghasilkan banyak air susu dengan memerah kedua payudaranya.

Berikut cara memerah payudara

Peganglah payudara di bab pangkalnya lalu lalu gerakan tangan ke arah depan sambil mengurut sampai keluar air susu.

Sebenarnya ada alasan lain kenapa harus memerah payudara. Ketika bayi berhenti menyusui maka payudara akan terisi penuh oleh air susu, hal itu dapat mengakibatkan kemungkinan adanya pembengkakan atau timbulnya kantong jerawat.

Anda bisa menggunakan botol yang sudah steril dan memerah air susu ke dalamnya untuk diminum bayi. Bisa juga memakai sendok atau alat penetas. Pasti kan payudara harus selalu dijaga bersih sebelum melakukan hal tersebut.

Gunakan kain yang higienis Lalu usap ke puting, jangan gunakan sabun ketika membersihkan payudara sebab dapat mengakibatkan bisul dan sakit puting.

1. Sakit Puting

Sakit puting terjadi apabila ekspresi bayi tidak memasukan secara penuh dikala menyusui dan malah menggigit nya. Biasanya sering terjadi pada ibu yang memiliki puting pendek.

Pencegahan

Yaitu dengan mengurut puting susu yang pendek beberapa kali sehari di masa kehamilannya agar dapat mempermudah bayi dikala mulai menyusui.

Pengobatan

Bagaimanapun juga Ibu harus tetap memperlihatkan ASI kepada bayinya. Apabila tindakan ini menimbulkan rasa sakit maka gunakan payudara yang tidak begitu sakit. Lakukan pemerahan payudara hingga puting sembuh.

Itulah dia cara merawat payudara bagi ibu menyusui, jika artikel diatas bermanfaat jangan lupa share dan berkomentar untuk berbagi pengalaman mengenai dilema di atas.

Subscribe to receive free email updates: