Kandungan Gizi Dan Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Ubi jalar atau dalam bahasa inggrisnya sweet potato yakni sejenis flora umbi-umbian yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Apa saja kandungan gizi yang terdapat pada ubi jalar dan mirip apa manfaat dan khasiat ubi jalar bagi kesehatan badan?. Simak klarifikasi lengkapnya melalui postingan ini.

 Ubi jalar atau dalam bahasa inggrisnya sweet potato adalah sejenis tanaman umbi Kandungan Gizi dan Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Di Indonesia, tanaman yang satu ini amat di gemari masyarakat, beberapa daerah bahkan menimbulkan ubi jalar sebagai kuliner pokok mereka. Dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak tanaman ini sering dijadikan masakan olahan.

Kandungan Gizi dan Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh


Kandungan gizi ubi jalar


Menurut Laura Flores, spesialis gizi di San Diego mengungkapkan bahwa ubi jalar mengandung vitamin A vitamin B5 vitamin B6 tiamin niasin riboflavin dan tinggi karotenoid.

Penelitian terbaru memperlihatkan bahwa ubi jalar mengandung indeks glikemik yang rendah yang mampu membantu mengurangi tingkat gula darah dan resistensi insulin pada pasien diabetes, alasannya kandungan magnesium dalam tanaman ini juga mampu membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat dan Nutrisi Buah Semangka untuk Kesehatan

Selain itu ubi jalar terbukti memiliki khasiat yang luar biasa dalam meningkatkan kadar vitamin A dalam darah alasannya mengandung antara 100 hingga dengan 1600 mikrogram (RAE) vitamin A per 3,5 ons. Dalam jumlah tersebut ubi jalar mampu memenuhi 35% - 90% kebutuhan vitamin A.

Namun perlu diingat bahwa khasiat dan manfaat ubi jalar mampu diambil melalui metode memasak yang benar yakni dengan mengukus atau merebusnya.

5 Manfaat kesehatan ubi jalar bagi tubuh.


1. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang kita ketahui bahwa sayuran dan buah-buahan yang mempunyai warna-warna cerah mengandung zat-zat penting yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Ubi jalar mengandung tingkat vitamin A yang tinggi dalam bentuk beta karoten yang mampu memenuhi 1.033% nutrisi harian kita. Kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi kesehatan mata, dengan mengkonsumsi ubi jalar akan membantu menjaga kesehatan indra penglihatan kita.

Selain itu vitamin C dan E yang terkandung dalam ubi jalar terbukti mampu dalam mencegah penyakit degeneratif yaitu kondisi kesehatan yang menyebabkan organ atau jaringan memburuk seiring waktu.

2. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa studi memberikan bahwa ubi jalar mempunyai kandungan sumber vitamin B6 yang baik yang bisa mencegah pemecahan homogen yaitu yang mampu mencegah pemecahan homocyteine. Suatu zat yang menimbulkan pengerasan pembuluh darah dan arteri.

Menurut American Heart Association kandungan kalium yang terkandung pada ubi jalar juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, alasannya dapat menurunkan tekanan darah dengan mempertahankan Keseimbangan cairan.

3. Membantu mencegah kanker

Penyakit kanker memang menjadi momok yang mengerikan bagi banyak orang, yang mampu kita lakukan adalah menawarkan asupan nutrisi yang baik bagi badan untuk mencegah munculnya sel kanker.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ubi jalar. Penelitian memberikan bahwa ubi jalar mengandung sifat antikarsinogen seperti beta karoten. Zat ini dapat mengurangi resiko kanker payudara pada perempuan premenopause dan mencegah kanker ovarium pada wanita pasca menopause.

Ubi jalar yang berwarna ungu diketahui lebih efektif dalam mencegah penyakit kanker kalau dibandingkan dengan kuliner lain yang memiliki sifat antikarsinogenik.

4. Sumber energi yang baik

Ubi jalar diketahui mengandung beberapa mineral penting mirip zat besi dan magnesium yang mampu meningkatkan energi kita dikala melakukan kegiatan sehari-hari.

Para andal mengungapkan bahwa zat besi mampu meningkatkan distribusi oksigen dengan menstimulasi produksi sel darah merah di dalam badan sehingga mencegah kita biar tidak gampang lelah dalam menjalankan aktivitas harian.

5. Menjaga kesehatan kulit

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas ternyata ubi jalar juga mempunyai manfaat bagi kesehatan kulit. Bagi mereka yang mengutamakan penampilan, dengan mengkonsumsi ubi jalar dapat menjadi pilihan yang baik dalam merawat kulit.

Alasannya adalah alasannya ubi jalar mengandung zat anti aging adalah karotenoid yang membantu melawan radikal bebas. Kandungan vitamin A yang dimiliki juga bisa memperbaiki sel kulit. 

Subscribe to receive free email updates: