10 Manfaat Dan Cara Mendongeng Yang Baik Untuk Anak

 Manfaat Dongeng dan Cara Mendongeng untuk Anak 10 Manfaat dan Cara Mendongeng Yang Baik Untuk Anak

10 Manfaat Dongeng dan Cara Mendongeng untuk Anak – Seberapa sering Anda membacakan kisah kepada anak-anak? Jawabannya, mungkin jarang atau tidak pernah sama sekali. Saat ini, seni bercerita tampaknya sudah mulai ditinggalkan, belum dewasa lebih kecanduan gadget dibandingkan mendengar dongeng sebelum tidur.

Dongeng berperan penting dalam menyebarkan kepribadian anak Anda secara keseluruhan. Mendongeng ini adalah tradisi sejak dahulu masa yang diwariskan secara turun-temurun dan masih menjadi bab saat kita kecil. Entahlah pada zaman kini. Padahal banyak sekali manfaat kisah untuk anak.

10 Manfaat dan Cara Mendongeng untuk Anak


Apa itu Mendongeng?


Mendongeng adalah aktivitas membaca kisah atau kisah yang biasanya dilakukan sebagai pengantar tidur malam.

Mendongeng bantu-membantu hanya membaca kisah dari sebuah buku dan dibumbui intonasi serta gaya yang ekspresif. Jika Anda kehabisan materi dongeng, Anda mampu berbagi pengalaman dari kala kemudian, berbicara tentang kala kecil Anda sendiri, atau bahkan membacakan dongeng dari ponsel Anda.

Pengertian Dongeng Menurut KBBI
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian kisah adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama perihal kejadian zaman dulu yang aneh-aneh).

Orangtua saat ini merasa lebih mudah untuk menidurkan bawah umur mereka sehabis menonton kartun favorit, daripada meringkuk di tempat tidur dan baca kisah. Apa yang menjadi kesenangan sederhana pada kurun kanak-kanak telah melekat pada kita, penting bagi Anda meluangkan waktu setiap malam untuk membacakan kepada belum dewasa juga.

Ada berbagai manfaat dongeng untuk bawah umur, terutama bagi anak-anak prasekolah, taman kanak-kanak dan sekolah dasar.


10 Manfaat Dongeng bagi anak


Setelah kita tahu pengertian kisah, maka berikut yakni 10 manfaat dongeng untuk anak yang tidak mampu Anda lewatkan sebagai orang bau tanah:

1. Menanamkan Kebajikan pada Anak

Anak-anak di seluruh dunia suka mendengarkan cerita. Mereka ingin tahu lebih banyak tentang aksara favorit mereka dan sering mencoba untuk menjiplak mereka. Dengan menceritakan kisah-dongeng kebajikan, secara tidak eksklusif Anda menanamkan pesan yang bermakna kepada anak, pesan mirip akal, keberanian, kejujuran, dll. Sejak usia dini kepada si kecil.

2. Mengenalkan Budaya pada Anak

Dengan menceritakan tentang banyak sekali aktivitas dan tradisi pada abad kemudian, Anda akan menciptakan mereka lebih dekat tentang kebiasaan atau tradisi yang berbeda dalam keluarga. Hal ini sekaligus mampu mengenalkan aneka macam budaya daerah kepada anak Anda. Dimana hal itu amat positif, mengingat pada zaman kini belum dewasa lebih suka budaya luar ketimbang budaya orisinil bangsanya sendiri.

3. Meningkatkan Keahlian Verbal

Membacakan dongeng untuk anak-anak membantu dalam menciptakan mereka mengenal bahasa serta kata-kata dan frasa gres. Ini yakni cara yang elok mengajari anak Anda kata-kata dan pelafalan baru secara teratur.

4. Meningkatkan Keterampilan Menyimak

Sebagian besar belum dewasa biasanya mempunyai perhatian yang kurang dan merasa sulit berkonsentrasi pada sesuatu untuk waktu usang. Pada jadinya mereka lebih suka berbicara, daripada mendengarkan.

Baca dongeng untuk anak-anak memastikan bahwa mereka tidak hanya lebih perhatian, tetapi juga melatih mereka untuk belajar mendengarkan dan mengerti.

5. Mendorong Kreativitas dan Daya Imajinasi

Mendengarkan kisah membantu seorang anak membayangkan huruf, daerah, plot, dll. Daripada melihatnya di media visual. Hal ini juga akan meningkatkan kreativitas, menciptakan mereka lebih imajinatif dan mengembangkan ide gres.

6. Meningkatkan Memori

Dengan membacakan dongeng, Anda dapat membantu meningkatkan memori anak. Setelah membacakan ceritanya, Anda mampu memintanya untuk menceritakan ulang cerita yang sama sehabis beberapa hari. Sebagai alternatif, Anda mampu memintanya untuk menceritakan ringkasannya saja. Ini yakni cara menyenangkan untuk meningkatkan ingatannya dan melatih konsentrasinya.

7. Memperluas Wawasan

Anak-anak awalnya tidak pernah tau budaya yang beraneka ragam dari banyak sekali negara, melalui aktivitas baca cerita ini, Anda bisa membuatnya familiar perihal aneka macam daerah dan budaya di seluruh dunia. Dengan menceritakan perihal berbagai ragam kebudayaan dunia, tentu wawasan anak menjadi bertambah.

8. Membantu Pelajaran Sekolah

Manfaat dongeng selanjutnya yakni dapat membantu pelajaran di sekolah. Terkadang anak sulit sekali untuk menerima pelajaran di sekolahnya, alasannya adalah memang materinya terlalu membosankan bagi mereka.

Dengan membacakan buka pelajaran sebagai dongeng mereka sebelum tidur, ini bisa menjadi alternatif agar anak bisa menyerap bahan pelajaran tersebut, tentunya dengan cara dan gaya bercerita mirip baca cerita. Anak akan lebih tertarik akan hal tersebut.

9. Komunikasi Menjadi Lebih Baik

Terkadang, anak ragu-ragu untuk mengajukan pertanyaan, meskipun pikiran mereka dipenuhi rasa ingin tahu. Bercerita membantu bawah umur dalam mempelajari seni mengajukan pertanyaan dengan tepat. Ini juga memberitahu mereka cara melaksanakan percakapan yang tepat dan menciptakan mereka lebih percaya diri. Membaca dan mendengarkan secara teratur mampu membuat mereka menjadi orator yang lebih baik juga.

10. Membantu Anak Siap untuk Menghadapi Berbagai Situasi

Situasi sulit selalu berakhir dengan menciptakan bawah umur merasa resah. Cerita tentang berbagai aksara yang menghadapi situasi sulit, dapat membantu mereka memahami konsep ini dengan lebih baik. Cobalah ceritakan dongeng-dongeng yang mengajarkan belum dewasa bahwa rasa sakit atau penderitaan ialah bagian dari kehidupan, mirip halnya ketika-ketika bahagia dan menyenangkan. Dongeng yang sempurna mampu membantu anak Anda menjadi siap untuk menghadapi kehidupan dan banyak sekali situasi.

Cara Mendongeng yang Menarik bagi Anak


Setelah kita tahu 10 manfaat cerita seperti yang dijelaskan di atas, maka Anda harus tahu bagaimana cara mendongeng yang menarik. Agar menciptakan anak lebih tertarik, diperlukan teknik khusus biar membuat kisah dalam kisah tersebut menjadi lebih hidup.

Beberapa poin di bawah ini akan membantu Anda memahami teknik-teknik cara mendongeng yang sempurna, serta akan menimbulkan Anda pendongeng yang baik:

1. Panjang Cerita

Sebuah dongeng tidak boleh terlalu pendek atau terlalu panjang. Sebuah cerita pendek mungkin tidak dapat memberikan pesan secara benar dan lengkap, sementara cerita yang panjang akan menjadi membosankan serta tidak menarik.

Intinya, tetaplah membuat anak tertarik dengan kisah kita. Jika memang kisah tersebut panjang, buatlah cerita secara parsial, supaya anak penasaran dan menunggu kisah Anda selanjutnya.

2. Kondisi Nyaman

Cara mendongeng selanjutnya dengan memilih kondisi yang nyaman. Pilih ruangan yang nyaman untuk membacakan cerita. Tempat akan menciptakan suasana hati yang baik dan suasana sempurna untuk baca kisah.

3. Ekspresi yang Tepat

Saat menceritakan sebuah dongeng, pastikan untuk menggunakan gerakan tangan serta verbal wajah yang sempurna. Anda juga dapat membuat bunyi berbeda atau meminta anak untuk ikut melakukannya. Hal ini akan membuat cerita menjadi lebih menarik dan  interaktif.

4. Tekanan Suara yang Tepat

Pastikan Anda berbicara dengan suara jelas dan dengan kecepatan lambat. Suara Anda harus dapat menggambarkan emosi dengan sempurna seperti disebutkan dalam cerita. Variasikan suara dan nada sesuai dengan kebutuhan cerita, jangan lupa gunakan jeda di kawasan yang sempurna.

5. Libatkan Mereka

Cobalah untuk melibatkan belum dewasa Anda dengan memakai banyak sekali frasa atau dengan mengajukan pertanyaan mirip ‘Tahukah Anda?’.

Selain itu, Anda juga dapat meminta mereka mencari tahu pesan apa yang disampaikan dalam dongeng, sehingga menciptakan mereka lebih terlibat dan bisa mengambil kesimpulan.

6. Gunakan Benda-benda atau Mainan semoga Lebih Atraktif

Beberapa pendongeng memakai benda-benda seperti wayang atau barang-barang yang ada di rumah. Anda juga bisa memakai benda lain seperti mainan atau boneka anak Anda. Hal ini bertujuan memudahkan visualisasi kisah, sekaligus menciptakan anak lebih excited pada dongeng Anda.

Cara mendongeng yang menarik akan lebih disukai anak, apalagi bila melibatkan beberapa benda agar terlihat lebih atraktif. Selain itu, anak akan lebih gampang menyerap pesan moral dalam dongeng tersebut.

Itulah beberapa manfaat kisah dan cara mendongeng untuk anak yang perlu orang bau tanah ketahui. Dengan banyak sekali macam efek kasatmata terhadap anak, haruskah kebiasaan baik ini kita tinggalkan?

Subscribe to receive free email updates: