5 Manfaat Olahraga Bagi Anak Yang Sebaiknya Anda Tahu

 Manfaat Olahraga Bagi Anak yang Sebaiknya Anda Tahu 5 Manfaat Olahraga Bagi Anak yang Sebaiknya Anda Tahu

5 Manfaat Olahraga Bagi Anak yang Sebaiknya Anda Tahu – Membiarkan belum dewasa ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler di luar ruangan mirip olahraga, dapat membantu mereka mengeksplorasi dan mengembangkan keterampilan yang bermanfaat sepanjang hidup mereka. Dengan mengikuti aktivitas olahraga, tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan mental, sosial, emosional, fisik, dan pendidikan sang anak.

Pada zaman now ini, miris sekali kalau melihat belum dewasa kita terlalu sibuk dengan gadgetnya, ketimbang mereka sibuk bermain bersama sahabat-temannya diluar. Memang kita tidak mampu memaksa mereka untuk bermain diluar, tetapi setidaknya kita bisa merayu mereka untuk mengikuti acara olahraga yang menyenangkan diluar sana.

Karena begitu pentingnya berolahraga, serta begitu banyak manfaat olahraga bagi anak kita. Simak beberapa manfaatnya berikut ini!

5 Manfaat Olahraga Bagi Anak yang Sebaiknya Anda Tahu


Inilah beberapa manfaat olahraga bagi anak yang perlu Anda tau:

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri


Manfaat olahraga bagi anak yang pertama ialah bisa meningkatkan rasa percaya diri. Beberapa penelitian memberikan bahwa menjadi bagian dalam kegiatan olahraga mampu membantu dalam meningkatkan harga diri serta iktikad diri anak Anda. Gesture seperti high-five (tos) dari rekan satu tim, tepukan di punggung, atau jabat tangan, saat pertandingan berakhir, membantu membangun akidah diri. Juga, kata-kata kebanggaan atau dorongan dari instruktur atau pemain membantu membangun harga diri. Hal ini juga membantu mereka agar percaya akan kemampuan mereka sendiri.

Namun satu hal yang harus diingat adalah bahwa harga diri mereka dilarang dibedakan berdasarkan menang atau kalah. Kritik yang konstruktif harus menjadi faktor utama dalam membantu anak-anak belajar wacana mendapatkan kelemahan mereka dan belajar untuk memperbaiki diri.

Untuk melaksanakan hal tersebut, Anda dapat mendorong anak Anda untuk berolahraga, dan selalu bertanya kepada mereka apakah mereka menikmatinya atau tidak, daripada Anda bertanya mereka menang atau kalah.

2. Mengembangkan Keterampilan Sosial


Berolahraga membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial yang akan bermanfaat bagi mereka, hingga mereka tumbuh remaja.

Olahraga mengajarkan mereka tentang kerja tim dan bekerja sama dengan orang lain. Mereka berguru bersosialisasi dengan orang-orang dari aneka macam usia. Dengan tergabung dalam tim olahraga, mampu membantu anak-anak memiliki rasa mempunyai dan memberi mereka kesempatan untuk berteman dengan lebih banyak bulat pertemanan. Tentunya ini akan membantu mereka dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, yang nantinya akan berguna dalam karir dan korelasi saat mereka cukup umur. Itulah salah satu manfaat olahraga bagi anak.

3. Belajar Menerima Kekalahan (Mengajarkan Sportivitas)


Dalam suatu permainan, tentunya ada yang menang dan ada yang kalah, dimana itu adalah hal yang wajar. Melalui olahraga, anak-anak mampu mencar ilmu sportivitas. Mereka dapat belajar bagaimana mendapatkan kekalahan. Anak Anda dapat memahami bahwa sebuah kekalahan ialah hal yang biasa. Bagian yang paling penting yakni untuk bangkit dan mencoba lagi.

Tidak ada salahnya untuk berkompetisi, tetapi jika kalah, Anda harus mengajarkan sportivitas yang baik dan menerima kekalahan. Serta terus memotivasi supaya anak berdiri kembali dan terus mencoba.

4. Meningkatkan kedisiplinan


Olahraga apa pun membutuhkan atlet yang disiplin. Disiplin ini mampu berupa mental, fisik, atau teknik. Untuk menjadi lebih baik dalam olahraga apa pun, diharapkan kedisiplinan. Tanpa menahan diri, akan sulit untuk berhasil dalam olahraga apa pun.

Disiplin membantu pemain mencapai tujuan mereka dan juga memaksimalkan potensi mereka. Artinya manfaat olahraga bagi anak juga baik untuk kedisiplinan mereka.

Dalam olahraga, anak Anda harus mengikuti aturan yang berlaku, mendapatkan perintah, dan menerima keputusan yang dibuat oleh instruktur ataupun wasit. Dengan mendengarkan pelatih dan rekan-rekan, anak Anda akan belajar keterampilan hidup yang penting, yang akan membantunya sepanjang karir dan kehidupan mereka.

Baca Juga : 6 Manfaat Renang untuk Anak Yang Perlu Orang Tua Tahu 

5. Mempelajari Pentingnya Kerjasama


Ternyata manfaat olahraga bagi anak yang juga penting adalah bagaimana anak mempelajari pentingnya arti kerjasama. Kerjasama tim adalah keterampilan yang perlu untuk dipelajari sejak usia dini. Sebuah tim tidak akan berhasil kecuali mereka bekerja bersama. Olahraga memberi anak-anak pelajaran penting untuk berguru bagaimana berhubungan dalam tim. Setiap orang harus bersatu untuk mencapai tujuan.

Dengan bekerja bersama, mereka akan saling mencar ilmu kekuatan dan kelemahan masing-masing, serta akan lebih bijak dalam menetapkan dan menyusun seni manajemen terbaik untuk tim. Hal ini juga akan membantu mereka kelak.

Masih banyak lagi manfaat olahraga bagi anak, seperti meningkatkan kesehatan, meningkatkan kemampuan akademis, kebugaran, dll. Semua manfaat ini menandakan bahwa anak-anak juga dapat berguru di luar kelas, tidak harus di dalam kelas. Namun, untuk membuat anak Anda menyukai olahraga, Anda mungkin perlu mendorong mereka.

Anda mampu membantu anak Anda menjadi aktif dalam kegiatan olahraga dengan beberapa cara:

  1. Memfasilitasi acara olahraga anak.
  2. Selalu ada dikala anak Anda mengikuti pertandingan. Untuk menunjukkan motivasi serta santunan.
  3. Membatasi waktu yang dihabiskan di dalam rumah, mirip menonton TV, bermain Game dll.
  4. Berolahraga bersama Anak Anda.

Baca Juga : 10 Manfaat dan Mendongeng untuk Anak

Kaprikornus tunggu apalagi? Begitu banyak manfaat olahraga bagi anak Anda. Daftarkan anak Anda dalam tim atau aktivitas ekstrakulikuler di sekolahnya. Tentunya olahraga yang sesuai dengan minat anak. Ayo main diluar!

Subscribe to receive free email updates: