Cara Mengobati Batuk Kering Alami Dengan Materi Rumahan

Cara Mengobati Batuk Kering dengan Bahan Rumahan Cara Mengobati Batuk Kering Alami dengan Bahan Rumahan

Bagaimana cara mengobati batuk kering secara alami dengan bahan rumahan? Kalau Anda sedang batuk, mungkin Anda akan mencari obat-obatan yang mempunyai imbas samping yang tidak diinginkan seperti gugup, mual dan mengantuk.

Di postingan ini scriptmobaterudate ingin mengembangkan cara membuat obat batuk dengan jahe, lemon dan madu

Pada umumnya, batuk yang berlangsung antara 3 sampai 8 minggu yaitu batuk subakut, dan batuk terus-menerus yang berlangsung selama lebih dari 8 ahad yakni batuk kronis.

Cara Membuat Obat Batuk Alami dengan Bahan Rumahan


Sebelum itu kita harus tau dulu apa sih penyebab batuk?

Penyebab Batuk


Batuk mampu disebabkan oleh beberapa hal, mirip:

  • Bakteri dan virus
  • Merokok
  • Asma
  • Obat-obatan
  • Kondisi lain

Cara Mengobati Batuk Secara Alami dengan Jahe, Lemon, dan Madu


Jahe, lemon dan madu bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami minim imbas samping pengganti obat-obatan yang dijual bebas. Kombinasi bahan bahan dipakai sebagai obat alami untuk mengobati batuk semenjak dulu dan terbukti manjur dalam dunia kedokteran.

Ketiga bahan alami tersebut memiliki khasiat ampuh untuk mengobati batuk, dan ketika dikombinasikan, keuntungannya akan berlipat ganda.

Jahe

Senyawa kimia mirip gingerol, zingerone dan shogaol yang terkandung pada jahe mempu meredakan batuk Anda. Selain itu, bumbu dapur ini juga sering digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi batuk karena sifat analgesik alami.

Jahe mempunyai komponen obat mirip antioksidan, minyak esensial, dan oleoresin. Manfaat dari oleoresin ini sendiri dikenal karena kemampuan antitusifnya, yang ampuh untuk meredakan batuk.

Lemon

Lemon kaya kandungan vitamin C dan bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh serta dapat meredakan batuk. Lemon mempunyai sifat antibiotik, antibakteri dan antiviral besar lengan berkuasa yang dapat menangkal basil serta virus penyebab batuk.

Madu

Selain digunakan untuk kecantikan, Madu ternyata mempunyai sifat antibakteri yang mampu menghilangkan kuman penyebab batuk. Itulah alasan mengapa madu dianggap sebagai obat yang sangat baik untuk meredakan batuk, bahkan dipercaya lebih efektif daripada obat-obatan yang dijual bebas yang mengandung dextromethorphan.

Ketika materi bahan di atas digabungkan bersama, efeknya meningkat dikala jahe, lemon dan madu merangsang kelenjar ludah serta memicu pelepasan lendir melalui saluran udara. Selain itu mampu mengurangi lendir serta efek antimikroba, dan antioksidan dari madu mampu menghambat pembentukan lendir, sehingga bisa meredakan batuk.

Baiklah, sesudah tahu manfaat dari masing-masing kandungan, langsung saja berikut ialah cara membuat obat batuk alami ini:

Bahan-materi:


  • 1 cangkir madu murni
  • 2 buah lemon
  • 6 cm jahe
  • 1 gelas air


Cara menciptakan:


  1. Pertama kupas jahe dan potong kecil-kecil.
  2. Selanjutnya parut kulit lemon hingga Anda menerima 1-1,5 sendok teh kulit lemon.
  3. Lalu ambil panci dan tuangkan 1 cangkir air ke dalamnya. 
  4. Kemudian anda tambahkan jahe yang telah dipotong kecil-kecil dan kulit lemon tadi, kemudian aduk.
  5. Silahkan rebus dan biarkan mendidih selama 4-5 menit.
  6. Saring rebusan ke dalam mangkuk, tinggalkan ampasnya. Sisihkan dahulu rebusan ini.
  7. Selanjutkan anda ambil panci lain dan tuangkan 1 cangkir madu ke dalamnya. Panaskan dengan api kecil selama 8-10 menit. Pastikan madu jangan sampai mendidih, alasannya adalah itu akan menghancurkan sifat obatnya.
  8. Setelah madu cukup panas, tuangkan rebusan lemon dan jahe yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam panci. Tambahkan perasan 2 buah lemon, aduk rata.
  9. Aduk terus adonan ini 10 menit di atas nyala api kecil, sampai cairan mulai menggelembung dan mendidih.
  10. Setelah ramuan matang, matikan api dan biarkan hingga dingin. Terakhir, tuangkan ke dalam botol.
  11. Obat batuk alami ini disarankan disimpan di daerah sejuk, kering, dan higienis. Serta dalam botol yang kedap udara. Bisa dipakai dalam 3 minggu.


Instruksi untuk penggunaan:



  1. Panaskan satu sendok teh sirup sebelum mengonsumsinya.
  2. Jangan minum air selama setengah jam ke depan.
  3. Minum sirup ini 3 kali sehari selama minimal 3 hari untuk merasakan khasiatnya.


Obat batuk alami ini dapat diminum terutama bagi orang cukup umur dan dewasa karena benar benar kondusif, namun untuk ibu hamil dan bayi lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum minum jahe, lemon, dan madu ini.
Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: