Panduan Lengkap Cara Berhenti Merokok Terbukti Ampuh

 Bagi pecandu rokok yang mulai menyadari kerugian dari merokok pasti berusaha untuk mencar Panduan Lengkap Cara Berhenti Merokok Terbukti Ampuh

Bagi pecandu rokok yang mulai menyadari kerugian dari merokok niscaya berusaha untuk mencari cara bagaimana berhenti dari acara ini. Tentu saja itu tidak mudah dan butuh proses. Di postingan ini scriptmobaterudate ingin mengembangkan berita tips dan 6 cara berhenti merokok yang terbukti ampuh.

6 Cara Berhenti Merokok Terbukti Ampuh


Namun sebelum itu kita mesti tau dulu manfaat apabila anda memutuskan untuk berhenti merokok.

Manfaat Berhenti Merokok


Manfaat berhenti merokok ini sangat berbagai, baik untuk keuangan maupun kesehatan Anda secara keseluruhan.

1. Secara Keuangan

Kalau Anda berhenti merokok, otomatis pengeluaran untuk membeli rokok pasti berkurang, walau pada kenyataannya nanti uang tersebut akan Anda ganti buat beli cemilan, tetapi setidaknya perlahan hal tersebut akan mampu Anda kendalikan.

2. Secara Kesehatan

Ditinjau dari segi kesehatan, manfaat berhenti merokok ini sangat baik untuk badan Anda, berikut tahapannya:


  • 20 menit pertama: Nikotin dapat meningkatkan tekanan darah serta laju jantung. 20 menit sesudah Anda berhenti merokok, detak jantung akan mulai stabil.
  • 2 jam: Setelah itu, ujung jari kaki dan tangan mulai hangat sebab sirkulasi darah periferal sudah mulai pulih secara bertahap. Pada tahapan ini rasa ingin merokok mulai tak tertahankan.
  • 8 jam: Kalau Anda berhasil hingga pada tahap ini, kadar karbondioksida dalam tubuh mulai menurun, terganti dengan oksigen.
  • 24 jam: Kalau seharian full Anda mampu menahan diri, kabar baiknya yaitu resiko serangan jantung akan berkurang secara bertahap.
  • 48 jam: 2 hari Anda berhenti merokok, ujung-ujung saraf indera penciuman dan perasa akan bekerja secara normal kembali. Pada tahapan ini, Anda akan merasa eneg kalau mencium anyir rokok, tapi rasa harapan untuk merokok masih tinggi.
  • 72 jam: Setelah 3 hari, kadar nikotin dalam badan akan menghilang seluruhnya. Rasa sakauw pada tahap ini sangat tinggi, tubuh lemas, Anda mulai tempramen, terasa kram dan mual. Cuekin aja! Itu sangat normal!
  • 2 minggu: Fungsi paru-paru dan pernafasan Anda sudah mulai meningkat. Rasa sakauw sudah mulai menurun.
  • 3-9 bulan: Kesehatan tubuh secara keseluruhan sudah mulai meningkat. Rasa ingin merokok pun sudah hilang,
  • 1 tahun: Setelah setahun Anda meninggalkan rokok, resiko bermacam penyakit jantung akan berkurang drastis sebanyak 50%. Pada tahap ini, mampu dibilang Anda sudah berhasil untuk berhenti merokok. Selanjutnya tugas Anda yakni menjaga diri biar tidak merokok lagi!
  • Secara Sosial


Mungkin pada dikala Anda masih jadi pecandu rokok, ada orang-orang tertentu yang menjauhi Anda karena memang mereka alergi bau rokok. Ketika Anda meninggalkan rokok, orang-orang tersebut akan mulai berdekatan dengan Anda, karena nafas ataupun pakaian Anda sudah tidak wangi rokok lagi.

Cara Berhenti Merokok Secara Total


Berikut ini ada beberapa cara yang mampu Anda tiru untuk berhenti merokok, silahkan pilih mana cara yang efektif untuk Anda jalani. Namun yang perlu dicatat adalah semua metode di bawah ini akan berhasil jika niat Anda untuk berhenti sangat berpengaruh. So, tahapan awalnya yakni perkuat niat Anda!

1. Cold Turkey

Metode ini adalah salah satu cara berhenti merokok yang tidak mengecewakan efektif dan terbukti berhasil untuk banyak orang. Cold turkey ialah salah satu metode yang memaksa perokok untuk berhenti secara drastis ketika itu juga, tanpa dicicil dan tanpa ada pelarian apapun.

Memang fisik kita akan kaget bila tingkat asupan nikotin terhenti secara mendadak, tapi justru cara ini akan lebih cepat membuat Anda berhenti merokok.

Gejala yang biasa terjadi pada metode ini yaitu lemas, emosi meningkat, serta cita-cita untuk merokok kembali sangat tinggi. Wajar saja, itu sebab suplai nikotin diputus secara tiba-tiba.

2. Mengurangi Secara Bertahap

Ini adalah salah satu cara berhenti merokok yang paling umum di tengah masyarakat. Kalau metode cold turkey memutus pasokan nikoton secara drastis, jikalau metode ini mengurangi secara sedikit demi sedikit, sedikit demi sedikit.

Cara menjalankan metode ini ialah dengan mengurangi konsumsi rokok secara terjadwal, contohnya hari ini Anda merokok 25 batang, besoknya kurangi jadi 24 batang saja, begitu seterusnya sampai Anda tidak merokok sama sekali.

Cara ini lebih lama untuk menghentikan Anda merokok dibandingkan dengan cold turkey, tapi cenderung tidak menyiksa batin Anda, dan tubuh mampu lebih beradaptasi.

3. Membatasi Rokok Setiap Jam

Sebenarnya metode ini mirip dengan cara sebelumnya, bedanya hanya pada sistem penjadwalannya saja. Kalau metode sebelumnya membatasi konsumsi rokok harian, namun jika yang ini membatasi setiap jamnya.

Misalnya Anda harus menghisap sebatang rokok setiap satu jam sekali, esok harinya Anda kurangi jadi satu setengah jam sekali, begitu seterusnya hingga Anda berhenti total.

Kalau dalam satu jam itu Anda tidak ada impian untuk merokok, maka Anda bisa merokok di jam berikutnya sesuai jatah, jangan di double.

4. Menunda

Biasanya harapan merokok paling berpengaruh itu pada ketika habis makan, cobalah untuk menundanya secara perlahan. Seumpama biasanya Anda habis makan eksklusif bakar rokok, cobalah untuk menundanya 5 menit lalu, bila tak ada impian, tunda lagi jadi 10 menit.

Makara makin usang Anda semakin terbiasa untuk menunda-nunda merokok, secara tidak pribadi itu juga akan mengurangi jatah rokok harian Anda. Pada gilirannya, Anda bisa menunda keinginan merokok untuk selamanya!

5. Mengganti Rokok dengan Permen

Cara berhenti merokok yang satu ini juga banyak dipraktekkan orang dan berhasil. Kaprikornus sederhananya, bila ada cita-cita untuk merokok, gantilah dengan makan permen atau permen karet. Namun cara ini tidak disarankan untuk jangka panjang, soalnya permen mengandung kadar gula yang cukup tinggi, itu juga bahaya buat kesehatan Anda.

6. Teknik Sugesti

Anda bisa mempengaruhi diri Anda sendiri untuk berhenti merokok, caranya:

Tepat sebelum Anda tertidur (setengah sadar), coba bayangkan Anda sedang merokok.
Rasakan rokok tersebut sejelas mungkin dalam khayalan Anda.
Kemudian dalam imajinasi, ubah rasa rokok itu menjadi rokok yang paling Anda tidak suka, sehingga Anda merasa sangat muak sekali.
Ulangi cari ini selama 2 ahad sampai sebulan berturut-turut (jangan putus, jika putus ulang dari awal) setiap mau tidur.
Biasanya secara sedikit demi sedikit harapan Anda untuk merokok akan hilang sama sekali. Cara ini sebetulnya mampu jadi teknik tambahan untuk melengkapi metode sebelumnya semoga hasilnya lebih powerful.

Setelah Berhenti Merokok


Apa yang harus Anda lakukan setelah bebas dari rokok?

1. Terus membaca artikel tentang bahaya merokok

Di internet ini aneka macam artikel yang membahas wacana bahaya merokok, jika Anda rajin baca artikel tersebut sebelum tidur, maka hal tersebut bisa menguatkan mental Anda untuk tetap berhenti merokok. Coba saja baca satu artikel per hari selama sebulan, sebelum tidur atau pada ketika waktu senggang.

2. Sesekali manjakan diri Anda

Berhasil berhenti merokok itu sebetulnya prestasi yang mampu Anda banggakan, percayalah, banyak orang yang selalu mencoba dan gagal di tengah jalan. Oleh sebab itu, Anda mampu menghargai badan Anda yang telah bersusah payah mengeluarkan nikotin dari dalam tubuh dengan membeli kuliner yang Anda suka. Atau mampu juga membeli barang yang Anda sukai atas hasil kerja keras yang telah berhasil Anda raih. Uangnya ya dari hasil penghematan sebab tidak beli rokok

3. Kendalikan nafsu makan

Ini yang perlu Anda waspadai. Nikotin yang terkandung dalam rokok mampu menekan nafsu makan, dikala asupan itu berhenti Anda mulai konsumsi cemilan secara tidak terkontrol. Hal tersebut dikhawatirkan akan mengakibatkan duduk perkara kesehatan baru. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda siapkan cemilan sehat, imbangi dengan olahraga dan gaya hidup sehat.

Kesimpulan

Berhenti merokok itu bukanlah hal yang gampang, tapi bukan sesuatu yang mustahil untuk dicapai. Yang pertama harus Anda lakukan ialah menguatkan tekad untuk berhenti dan ingin hidup sehat.

Selanjutnya Anda mampu pilih beberapa metode efektif di atas yang dirasa cocok untuk Anda, kalau bisa lengkapi dengan teknik sugesti untuk mempercepat hasil.

Setelah berhasil merokok, jangan lupa terus motivasi diri Anda dengan bacaan-bacaan “ancaman merokok” biar Anda enggan untuk kembali merokok. Dukungan orang terdekat akan sangat membantu dalam proses ini.

Jangan lupa kendalikan nafsu makan dan imbangi dengan gaya hidup sehat.

Itulah tips dan 6 cara berhenti merokok terbukti ampuh. Jika Anda memiliki tips dan cara berhenti merokok, yuk kita bantu sobat sahabat yang lain dengan mengembangkan pengalaman anda di kolom komentar!

Subscribe to receive free email updates: