Manfaat Mendengarkan Musik Yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Mendengarkan Musik Yang Jarang Orang Tahu Manfaat Mendengarkan Musik Yang Jarang Orang Tahu

Manfaat mendengarkan musik yang jarang orang tahu – Jika Anda suka mendengarkan musik, berarti Anda memiliki selera yang anggun. Albert Einstein pernah menyatakan, “Jika saya bukan seorang fisikawan, Saya mungkin akan menjadi seorang musisi.” Bahkan Jimi Hendrix menyebut musiknya sebagai agama.

Seseorang yang mampu bermain musik akan terlihat keren dan disukai banyak orang. Contohnya anak grup musik, coba lihat mereka, betapa mereka dikagumi oleh anak muda, baik laki-laki maupun wanita.

Penelitian terbaru memberikan bahwa manfaat mendengarkan musik mampu meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan kesehatan fisik kita. Dengan cara yang mengejutkan dan menakjubkan. Lebih mengejutkan lagi jika kita ikut pembinaan / kursus musik, maka IQ kita akan lebih tajam saat renta nanti.

Manfaat Mendengarkan Musik Yang Jarang Orang Tahu


Ok, untuk lebih detailnya simaklah 15 manfaat mendengarkan musik yang sangat menakjubkan. Baca sampai habis ya!

“Jika orang mengambil sesuatu dari musik aku, itu harus menjadi motivasi untuk mengetahui bahwa segala sesuatu mungkin, selama Anda terus berusaha dan tidak mundur.” Eminem.

1. Musik Meningkatkan Kemampuan Berlari


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Marcelo Bigliassi, dia menemukan bahwa pelari yang mendengarkan musik yang bersemangat, mereka dapat menuntaskan 800 meter pertama lari mereka dengan lebih cepat daripada pelari yang mendengarkan musik damai, atau yang berlari tanpa mendengarkan musik sama sekali.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan berlari, maka dengarkanlah lagu yang menginspirasi atau mambakar semangat Anda.

2. Musik Membuat Anda Lebih Bahagia


Penelitian menerangkan bahwa dikala Anda mendengarkan musik yang Anda sukai, otak Anda akan melepaskan dopamin, sebuah neurotransmitter yang mambuat Anda merasa baik. Seorang neuroscientist di McGill University berjulukan Valorie Salimpoor, menyuntikkan delapan pecinta musik dengan zat radioaktif yang mengikat reseptor dopamin sesudah mereka mendengarkan musik favorit mereka. Scan PET menawarkan bahwa sejumlah besar dopamine dilepaskan, yang secara biologis menjadikan penerima merasakan emosi mirip kebahagiaan, kegembiraan, dan sukacita.

Kaprikornus saat Anda membutuhkan dorongan emosional, dengarkan lagu favorit Anda selama 15 menit. Maka Anda akan segera merasa hidup kembali.

3. Membuat Tidur Anda Lebih Nyenyak


Lebih dari 30% penduduk di Amerika menderita insomnia. Di Indonesia pun tampaknya banyak yang mengalaminya. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa siswa yang mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur, maka secara signifikan mereka mampu tidur lebih nyenyak daripada siswa yang tidak mendengarkannya. Jika Anda kesulitan tidur, cobalah mendengarkan sedikit musik klasik dari Bach atau Mozart sebelum tidur.

4. Musik Mengurangi Tingkat Depresi


Sebanyak lebih dari 350 juta orang menderita depresi di seluruh dunia bahkan tiap tahun selalu mengalami peningkatan dan sebanyak 90% dari mereka juga mengalami sulit tidur. Penelitian tidur di atas menemukan bahwa tanda-tanda depresi menurun secara drastis pada orang yang mendengarkan musik klasik sebelum tidur.

Studi lain oleh Hans Joachim Trappe di Jerman juga menawarkan bahwa mendengarkan musik dapat bermanfaat bagi pasien dengan gejala depresi, tergantung pada jenis musiknya. Suara-bunyi meditatif dan musik klasik mampu memperbaiki mood seseorang, tetapi techno dan heavy metal menciptakan orang semakin terpuruk.

Jika Anda merasa kurang bersemangat, gunakan musik klasik atau meditatif untuk membakar semangat Anda.

5. Musik Meningkatkan Mood Anda Saat Berkendara


Bagaimana rasanya dikala Anda terjebak dalam kemacetan? Dan ada saja pengguna jalan lain yang menciptakan Anda emosi?

Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa salah satu manfaat mendengarkan musik dapat berdampak aktual terhadap suasana hati Anda ketika mengemudi, yang mampu mengarah pada perilaku yang lebih aman daripada tidak mendengarkan musik.

Ketika Anda merasa frustrasi dalam kemacetan (apalagi di kota besar), tidak ada salahnya untuk mengeraskan sedikit volume musik favorit Anda (jangan terlalu keras). Hal ini tidak akan merusak performa mengemudi Anda, bahkan mampu membantu Anda berkendara dengan lebih aman. Dan pastinya menurunkan sedikit tensi Anda.

Namun hidari musik-musik meditatif atau musik hening yang mampu menciptakan Anda ngantuk. Satu lagi, Anda dihentikan menggunakan headphone ketika berkendara, apalagi bila Anda membawa sepeda motor, sudah tahu kan ancaman dan dampak negatif nya?

6. Manfaat Mendengarkan Musik Bisa Membuat Anda Makan Lebih Sedikit


Penelitian di Georgia Tech University menawarkan bahwa cahaya yang redup dan musik mampu membuat orang mengonsumsi lebih sedikit kalori dan menikmati makanan mereka dengan lebih baik.
Jika Anda mencari cara untuk mengurangi nafsu makan, cobalah meredupkan lampu dan dengarkan musik lembut saat Anda makan.

7. Menurunkan Stres dan Meningkatkan Kesehatan


Manfaat mendengarkan musik selanjutnya yaitu mampu menurunkan stres. Mendengarkan musik mampu menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam badan Anda, yang melawan efek stres kronis. Ini merupakan temuan penting karena stres menimbulkan 60% dari semua penyakit dan penyakit kita.

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa jikalau orang-orang secara aktif berpartisipasi dalam bermusik dengan memainkan berbagai instrumen perkusi dan bernyanyi, maka sistem kekebalan mereka lebih baik lebih daripada jika mereka mendengarkan secara pasif.

Agar Anda bisa tetap rileks pada, maka puter musik favorit Anda. Pastikan untuk ikut bernyanyi bersama, sambil menghentakkan kaki mengikuti ketukan untuk menerima manfaat penyembuhan maksimal.

8. Musik Memperkuat Pembelajaran dan Ingatan


Ternyata manfaat mendengarkan musik lainnya juga mampu memperkuat ingatan loh. Peneliti menemukan bahwa musik ternyata mampu membantu Anda mempelajari dan mengingat info dengan lebih baik, tetapi itu tergantung pada seberapa banyak Anda menyukai musik dan apakah Anda seorang musisi atau bukan.

9. Musik Membuat Relax Pasien Sebelum / Setelah Pembedahan


Ternyata mendengarkan musik santai sebelum operasi mampu mengurangi kecemasan. Bahkan lebih efektif daripada menunjukkan obat secara oral.

Penelitian lain menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan dikala beristirahat di daerah tidur sesudah operasi, mampu meningkatkan relaksasi.

Secara global, 234 juta operasi besar dilakukan setiap tahun. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang menjalani operasi, pastikan untuk membawa beberapa lagu yang menenangkan untuk meredakan kecemasan.

10. Musik Mengurangi Nyeri


Menurut penelitian di Drexel University di Philadelphia menemukan bahwa terapi musik dapat mengurangi rasa sakit pada pasien kanker.

Penelitian lain menunjukkan bahwa musik klasik dan musik meditatif dapat mengurangi rasa sakit pada pasien perawatan intensif dan pasien perawatan geriatrik.

Bob Marely benar ihwal hal yang satu ini, dengarkan musik yang Anda sukai untuk menghilangkan rasa sakit Anda.

“Satu hal yang baik tentang musik, saat itu mengenai Anda, Anda tidak mencicipi sakit.” Bob Marely.

11. Musik Membantu Pasien Alzheimer Ingat


Organisasi nirlaba berjulukan Music & Memory membantu orang-orang dengan Alzheimer Disease dan demensia terkait usia lainnya mengingat siapa mereka, dengan meminta mereka mendengarkan lagu-lagu kesayangan mereka.

Dr. Laura Mosqueda, Direktur Geriatrics di University of California di Irvine School of Medicine, menjelaskan bahwa alasannya musik mempengaruhi banyak area otak, dia merangsang jalur yang mungkin masih sehat.

Satu dari tiga lansia meninggal dengan Alzheimer’s Disease atau demensia lain, jadi kemungkinan Anda mengenal seseorang yang menderita penyakit tersebut. Cobalah beritahu mereka untuk mendengarkan musik-musik favorit mereka. Sungguh banyak manfaat mendengarkan musik!

12. Musik Meningkatkan Pemulihan pada Pasien Stroke


Penelitian di Universitas Helsinki memperlihatkan bahwa pasien stroke yang mendengarkan musik favorit mereka selama dua jam sehari, telah terbukti dapat meningkatkan pemulihan fungsi kognitif dibandingkan dengan mereka yang tidak mendengarkan. Sebagian besar musik mengandung lirik, yang menawarkan bahwa itu yaitu kombinasi musik dan suara yang mendukung pendengaran dan memori mulut pasien.

Stroke yakni penyakit berbahaya yang mengakibatkan ajal. Jika Anda mengenal seseorang yang menderita stroke, bawalah lagu favorit mereka sesegera mungkin. Salah satu manfaat mendengarkan musik mampu meningkatkan pemulihan mereka secara signifikan.

13. Musik Meningkatkan Kecerdasan Verbal


Sebuah penelitian di Universitas York menawarkan bahwa 90% anak-anak antara usia 4 dan 6 tahun memiliki peningkatan yang signifikan dalam kecerdasan mulut. Peneliti Sylvain Moreno menyarankan bahwa pelatihan musik mempunyai “imbas transfer” yang meningkatkan kemampuan belum dewasa untuk memahami kata-kata dan menjelaskan maknanya.

Menurut penelitian lain menemukan bahwa wanita akil balig cukup akal dan anak-anak yang terlatih kemampuan bermusiknya, mampu mengalahkan mereka yang tidak berlatih musik pada tes ingatan ekspresi. Wow, sungguh menakjubkan manfaat mendengarkan musik.

Baik Anda, orang cukup umur atau bawah umur, kalau Anda ingin meningkatkan kemampuan verbal Anda, cobalah mengambil pelajaran musik!

14. Musik Meningkatkan Kinerja IQ dan Akademik


Mendengarkan musik juga bermanfaat untuk meningkatkan IQ. Dalam sebuah penelitian, anak usia 6 tahun yang mengambil pelajaran keyboard atau menyanyi dalam kelompok kecil selama 36 minggu, mereka mengalami peningkatan IQ secara signifikan.

Untuk membantu belum dewasa Anda mencapai keunggulan akademik, dorong mereka untuk bernyanyi atau belajar memainkan alat musik.

15. Musik Menjaga Otak Anda Sehat di Usia Lanjut


Terakhir dalam manfaat mendengarkan musik adalah, musik dapat menjaga otak Anda tetap sehat di usaia lanjut. Sebuah penelitian dengan mengambil sampel orang renta yang sehat menemukan bahwa mereka dengan sepuluh tahun atau lebih dengan pengalaman bermusik menerima skor lebih tinggi pada tes kognitif, ketimbang musisi yang hanya bermusik kurang dari sepuluh tahun.

Para non-musisi mendapat nilai terendah. “Karena mempelajari instrumen membutuhkan bertahun-tahun latihan dan pembelajaran, itu mungkin membuat koneksi alternatif di otak yang mampu mengkompensasi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia,” kata peneliti utama Brenda Hanna-Pladdy.

Tokoh bisnis Warren Buffet tetap tajam pada usia 84 tahun dengan memainkan ukulele. Tidak ada kata terlambat untuk memainkan alat musik untuk menciptakan otak Anda tetap tokcer pada usia lanjut kelak.

Plato pernah berkata, “Musik dan irama menemukan jalan mereka ke tempat-tempat diam-diam jiwa”.

Tidak peduli apakah Anda muda atau renta, sehat atau sakit, bahagia atau sedih, musik dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dalam aneka macam cara.

Manfaat mendengarkan musik mampu meningkatkan kesehatan Anda, membantu Anda tidur lebih baik, menghilangkan rasa sakit Anda, dan bahkan menciptakan Anda lebih terpelajar. Penelitian gres menunjukkan bahwa musik dapat mengomunikasikan perasaan dasar insan, terlepas dari latar belakang budaya dan etnis pendengar.

Itulah beberapa manfaat mendengarkan musik yang jarang orang tahu. Masihkah Anda ragu untuk mulai memutar musik favorit Anda?

Subscribe to receive free email updates: