8 Manfaat Mengonsumsi Keju Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengonsumsi Keju Bagi Kesehatan Tubuh 8 Manfaat Mengonsumsi Keju Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tak menyukai materi masakan yang satu ini. Selain rasanya yang yummy, keju juga mampu dicampur dengan olahan lain. Tak heran kalau masakan yang satu ini digemari banyak orang terutama anak anak. Nah selain rasanya yang lezat ternyata keju mempunyai manfaat kesehatan bagi badan kita. Yuk kita simak pembahasan nya di postingan ini.

Keju yang paling terkenal, gampang diperoleh di supermarket dan sering dikonsumsi di dunia yaitu jenis keju mozarella dan cheddar. Untuk merk keju mozarella brand yang paling umum ditemui ialah: Kraft, Anchor, Arla Finello, Baros dan Perfect Italiano. Sedangkan untuk brand keju cheddar yaitu: Diamond, Cheesy, Kraft, ProChiz dan Anchor.

Pada kesempatan kali ini Tips dan Cara akan membahas seluk beluk perihal keju, terutama keuntungannya bagi kesehatan.

Apa itu keju dan bagaimana proses pembuatan keju?

Keju yakni masakan olahan yang terbuat dari susu, didefinisikan sebagai produk segar atau matang yang diperoleh dengan mengeringkan whey (kelembaban atau serum susu orisinil) setelah koagulasi kasein, protein susu utama.

proses pembuatan keju alami dibentuk langsung dari susu. Dalam keju segar yang tidak ditiriskan, dadih yang dipisahkan dari whey dapat dipakai dengan segera, sedangkan dalam keju matang, dadih selanjutnya diproses dengan menambahkan strain basil, jamur, ragi yang dipilih. Bakteri, jamur, dan ragi terus mematangkan keju seiring waktu, mengubah rasa dan teksturnya seiring bertambahnya usia.

Kandungan Nutrisi Keju

Keju mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Vitamin lain seperti thiamin, riboflavin, niacin juga ditemukan dalam banyak sekali jenis keju. Menambahkannya ke diet Anda juga menyediakan mineral vital tertentu mirip kalsium, natrium, seng, fosfor, kalium, dan zat besi ke badan manusia.

Aneka Olahan Keju

Keju mampu dibuat menjadi bermacam-macam jenis masakan yang enak serta menyehatkan. Aneka olahan keju diantaranya yaitu:


  • Pizza keju
  • Pasta / Spaghetti
  • Cheese Stick
  • Martabak keju
  • Tahu isi keju
  • Cheese burger
  • Mac and Cheese
  • Singkong keju
  • Pisang keju


Serta masih banyak aneka olahan keju yang bisa dijadikan kuliner atau makanan ringan sehat dan nikmat.

Manfaat Mengkonsumsi Keju Bagi Kesehatan Tubuh


OK, sesudah kita mengenal seluk beluk keju, maka kita akan bahas mengenai beberapa manfaat keju. Berikut ialah beberapa manfaatnya:

1. Baik untuk Kesehatan Gigi


Keju mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi, hal pertama dan terpenting yang Anda butuhkan untuk mempunyai gigi yang berpengaruh dan sehat. Selain itu, kandungan laktosa sangat rendah. Semakin tua umur keju, semakin rendah kandungan laktosa di dalamnya. Laktosa dan setiap bentuk gula (glukosa, maltosa atau laktosa) dalam masakan tidak cantik untuk gigi.

2. Menjaga Kesehatan Tulang 


Selain mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi, keju juga kaya vitamin B, yang sangat baik untuk belum dewasa, wanita (terutama dikala hamil atau menyusui) dan orang bau tanah. Ini sangat baik untuk pembentukan dan penguatan tulang serta tulang rawan. Vitamin B dalam keju membantu peresapan dan distribusi kalsium yang tepat.

3. Mencegah Osteoporosis


Osteoporosis adalah penyakit defisiensi yang disebabkan oleh kekurangan kalsium (non-perembesan), menghasilkan penurunan kepadatan mineral tulang. Hal ini terutama terlihat pada wanita yang telah mengalami menopause, orang tua dan belum dewasa yang menderita kekurangan gizi. Ini dapat diobati dengan protein, kalsium dan diet kaya vitamin. Ketiga komponen ini ditemukan dalam keju. Oleh alasannya adalah itu, keju bisa menjadi hidangan ideal bagi mereka yang menderita osteoporosis.

4. Menambah Berat Badan


Keju yakni makanan yang sangat baik untuk menambah berat tubuh, alasannya keju sarat akan protein, lemak, kalsium, vitamin dan mineral. Anda membutuhkan protein untuk pembentukan dan pertumbuhan otot, lemak untuk proses berbasis lemak di dalam tubuh, kalsium untuk tulang yang lebih berat dan berpengaruh serta vitamin dan mineral untuk fungsi metabolisme yang lebih baik. Anda hanya perlu makan banyak keju, lakukan olahraga Anda dan tidur dengan jumlah yang cukup.

5. Mencegah Penyakit Kanker


Salah satu manfaat keju untuk kesehatan ialah mampu mencegah kanker. Keju mengandung Asam Linoleat terkonjugasi dan Sphingolipid yang memainkan fungsi sangat penting dalam pencegahan kanker. Keju juga mengandung Vitamin B yang mempertahankan fungsi badan dan melindungi badan dari penyakit.

6. Menyehatkan Kulit


Rupanya selain baik untuk kesehatan, ternyata manfaat keju untuk kecantikan juga tak kalah baik. Ini alasannya keju mengandung Vitamin B. Vitamin B berguna untuk menjaga kulit tetap kenyal, sehat dan bercahaya.

7. Baik Untuk Kesehatan Rambut


Manfaat keju untuk kecantikan lainnya ialah baik untuk kesehatan rambut. Keju cottage rendah lemak kaya dengan protein. Jangan lupakan keju ini ketika sarapan atau makan siang dengan telur dan buah segar. Keju cottage juga kaya sumber kalsium yang berkhasiat untuk menjaga rambut sehat dan berkilau.

8. Membantu Mengatasi Gangguan Tidur


Keju juga bermanfaat untuk menstimulasi tidur dan menyembuhkan tak bisa tidur. Keju termasuk Tryptophan, asam amino yang menurunkan stres dan membantu menginduksi tidur.

Itulah diatas manfaat mengonsumsi keju bagi kesehatan badan. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: