Daftar Nutrisi Untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut

Daftar Nutrisi Untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut Daftar Nutrisi Untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut

Sama halnya seperti kulit, rambut juga membutuhkan perawatan yang optimal agar tetap terlihat sehat dan tidak mudah rontok. Di postingan ini kita akan membahas mengenai beberapa nutrisi dari sumber masakan yang mampu meningkatkan kesehatan rambut.

Daftar Nutrisi Untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut


1. Protein


Sebagian besar rambut terdiri dari protein, di mana hal tersebut tentunya membutuhkan perhatian lebih terutama terhadap sumber kuliner yang dikonsumsi. Sumber masakan yang baik untuk menjaga kesehatan rambut yakni dengan mengkonsumsi masakan yang mengandung protein tinggi antara lain ayam, telur, produk susu, tempe, dan lain-lain.

2. Zat Besi


Yang kedua ialah zat besi. Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh rambut untuk meningkatkan kekuatan akar rambut semoga tidak mudah rontok. Jika seseorang kekurangan zat besi akan muncul beberapa persoalan terutama kebotakan atau rambut yang mudah patah. Untuk menerima sumber zat besi yang cukup untuk rambut, maka disarankan untuk mengkonsumsi beberapa sumber makanan mirip daging, merah ayam, dan ikan juga beberapa kuliner vegetarian seperti bayam dan sayuran hijau.

3. Vitamin C


Vitamin C berkhasiat untuk membantu perembesan zat besi dari makanan yang kita konsumsi biar badan dapat terpenuhi sumber zat besi yang cukup. Selain itu vitamin C juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Zat antioksidan ini dapat mencegah berbagai masalah perihal radikal bebas yang dapat menciptakan rambut menjadi tidak sehat. Anda bisa menerima sumber vitamin C tinggi melalui beberapa buah-buahan mirip jeruk, jambu biji, buah kiwi dll dan sayuran hijau mirip brokoli dll.

4. Omega 3


Omega 3 yakni jenis asam lemak tidak jenuh yang badan tidak dapat memproduksinya sendiri Oleh sebab itu untuk menerima omega 3 harus dengan mengkonsumsi masakan tertentu.  Omega 3 ditemukan dalam sel-sel yang melapisi kulit kepala dan juga memproduksi minyak untuk menjaga biar kulit kepala dan rambut tetap terhidrasi. Beberapa sumber makanan yang mengandung omega 3 diantaranya adalah ikan salmon, sarden, makarel, buah-buahan mirip alpukat biji labu dan kacang walnut.

5. Vitamin A


Vitamin yang diperlukan oleh badan untuk membuat sebum. Fungsi sebum dalam tubuh yakni sebagai zat atau kelenjar berminyak pada sebaceous di rambut kita biar kulit kepala tetap sehat. Dengan kata lain sebum berfungsi sebagai kondisioner alami. Jika seseorang kekurangan sebum pada kulit kepala nya maka akan timbul masalah gatal dan rambut kering. Untuk menerima sebum mampu dengan mengkonsumsi sumber makanan vitamin A  seperti wortel, labu, dan ubi jalar.

6. Seng dan Selenium


Untuk melindungi kulit kepala dan rambut semoga tetap sehat maka diperlukan beberapa mineral penting lainnya terutama seng dan selenium. Apabila seseorang kekurangan seng dan selenium maka dapat menimbulkan rambut rontok dan kulit kepala kering . Kamu bisa mendapatkan mineral ini melalui beberapa sumber masakan diantaranya adalah tiram, daging sapi, dan telur.

7. Vitamin E


Sinar matahari mampu merusak rambut, oleh alasannya itu niscaya kan rambut menerima asupan vitamin E untuk menawarkan derma bagi rambut. Beberapa sumber kuliner yang mengandung vitamin E bisa tersedia dalam tambahan maupun buah-buahan seperti kacang-kacangan, bayam lobak hijau, alpukat, brokoli, dan lain-lain.

8. Biotin


Biotin merupakan vitamin B yang dapat larut dalam air. Kekurangan Biotin dapat mengakibatkan persoalan rambut mirip gampang rapuh dan kerontokan. Kamu mampu menerima nutrisi ini melalui sumber makanan mirip gandum, hati, kuning telur, tepung kedelai, dan ragi.

9. Perawatan Bahan Alami


Yang terakhir untuk membuat rambut dan kulit kepala tetap sehat ialah dengan perawatan alami memakai beberapa bahan makanan rumahan salah satunya ialah dengan kuning telur, alpukat, dan satu sendok madu. Dengan materi-bahan tersebut kau mampu menciptakan masker rambut sendiri. Caranya ialah kocok kuning telur dan campur dengan setengah alpukat yang sudah di haluskan, lalu berikan satu sendok madu. Setelah itu aplikasikan ke rambut yang lembap dan bersih dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.

Itulah di atas beberapa daftar nutrisi untuk meningkatkan kesehatan rambut. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: