Cara Backup Nomor Kontak Di Hp Ke Gmail Di Smartphone Android

Backup Kontak - Nomer kontak merupakan suatu yang sangat penting alasannya adalah berisi nomer-nomer sahabat-teman anda, baik teman sekolah, sahabat usang dan sahabat bisnis. Agar tidak kehilangan seluruh kontak di smarthpone, berikut ini yakni cara backup nomor kontak hp ke Gmail di smartphone Android dengan gampang. Dengan nomer kontak hilang akan merepotkan anda alasannya karus mencari kontak yang hilang kadang kita juga kesulitan menghubungi orang-orang di sekitar atau rekan kerja.


Backup Nomor Kontak di HP, bagi anda yang pernah mengalami kehilangan kontak dikala mereset HP atau dikala Smartphone anda eror dan membutuhkan Flash atau melaksanakan root maka anda harus beckup data terlebih dahulu. Supaya disaat anda kehilangan kontak HP anda tidak galau dan anda cukup merestore saja dan kontak akan kembali ke smartphone anda.Dengan beckup maka disaat anda beli HP baru maka dengan mudah kita mengembalikan kontak dan tanpa harus memindah satu-persatu kontak anda.

Apa itu backup?  backup merupakan sebuah aktifitas untuk menyalin data yang telah ada dari satu perangkat penyimpanan ke perangkat penyimpanan lain, atau dari device satu ke device lainnya dengan tujuan sebagai menciptakan cadangan data apabila data mengalami kerusakan, hilang dan terhapus data-data. Dengan fitur backup ini sangatlah bermanfaat sebagai pengaman dari berbagai data anda baik gambar, foto, file-file penting dan trntunya yang kita bahas yakni kontak HP.

Untuk menghindari kehilangan kontak akan saya paparkan cara untuk backup nomor kontak di HP ke gmail akan berfungsi sebagai beckup cloud dari kontak tidak sengaja hilang. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membackup kontak yang terdapat pada hp Android kau. Banyak cara untuk beckup kontak namun akan saya paparkan cara termudah dan tanpa harus menambah atau mencari alat aksesori. Berikut akan saya berikan tips dan cara yang beckup dan mengembalikan kontak HP.

Cara Backup Nomor Kontak di HP ke Gmail di Smartphone Android

Dengan cara ini karena sangat gampang dipahami dan lalu dari semua informasi kontak akan tersinkronasi dengan dengan akun gmail. Proses backup ini hanya bisa dilakukan dengan koneksi internet secara online dan lakukan update secara berkala biar kontak terbaru juga ikut terbackup. Adapun cara backup nomor kontak di HP ke gmail melalui sinkronasi akun adalah:
  1. Langkah pertama kuka menu kontak di perangkat Smartphone atau bisa di buka menu  pengaturan dan pilih kontak
  2. Kemudian scroll ke bawah sampai menemukan opsi kontak. Pilih dan klik opsi tersebut.
  3. Selanjutnya, klik Sinkronasi Kontak (Sync Contact), maka akan muncul beberapa pilihan aplikasi yang akan dikaitkan. 
  4. Sebelum memilih, aktifkan opsi sinkronisasi otomatis akan kedepannya semua data terhubung dan terbackup secara otomatis.
  5. Pilih dan klik Google. Selanjutnya, pilih email yang akan dijadikan sebagai kawasan backup nomor contact di smarthpone Anda.
  6. Kemudian akan muncul beberapa berita terkait proses backup dan apa saja yang akan dibackup. 
  7. Setelah mengatur semuanya, klik Sinkron Sekarang (Sync Now), maka secara otomatis semua data kontak di HP akan terbackup ke email tersebut.

Cara Backup Nomor Kontak di HP ke Gmail Dengan Metode Export 

Cara ini juga sangat gampang dipakai yakni Metode export yang  merupakan salah satu cara backup nomor kontak yang mampu dilakukan ke media apapun juga termasuk gmail. Dengan metode ini dari semua kontak akan diekspor ke media dan dikirim ke email yang anda siapkan. untuk langkah-langkahnya secara detail yaitu:
  1. Bukalah menu Setting (Pengaturan) di Android.
  2. Kemudian ke sajian Kontak (Contacts).
  3. Kemudian pilihlah Impor/Ekspor Kontak, maka akan muncul beberapa pilihan terkait proses ekspor maupun impor kontak. Setelah itu, 
  4. Pilih Bagikan buku telpon, maka akan terjadi proses persiapan ekspor dan tersedia beberapa pilihan media membuatkan. Pilih dan klik media Gmail, maka secara otomatis pengguna akan dibawa ke halaman email.
  5. Selanjutnya isikanlah alamat email tujuan, Anda mampu mengisikan alamat email yang sama dengan alamat pengirimnya.
  6. Tahap terakhir klik Kirim yang ada di bagian paling kanan atas email. 
  7. Jika email berhasil maka secara otomatis semua kontak akan tersimpan pada inbox email tersebut.
  8. Selanjutnya: Cara Menyembunyikan Nomor HP Saat Menelpon di Android
Nah, itulah tadi cara mudah untuk backup kontak HP ke Gmail. Bagaimana? Kini tidak perlu khawatir lagi kan? Yang jelas, rajin-rajinlah melakukan sinkronasi atau ekspor agar semua kontak terbackup tanpa terlewatkan. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates: