7 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Badan

 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh 7 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Jika anda suka sekali buah manggis karena rasanya yang anggun dan menyegarkan, ternyata buah manggis juga memiliki bermacam-macam manfaat kesehatan yang dikandungnya. Apa saja manfaat manggis bagi kesehatan tubuh?  berikut penjelasannya

Buah manggis dipercaya berasal dari Asia Tenggara, namun Pohon manggis juga mampu ditemukan di Kolombia, India, dan Puerto Rico. Buah yang mempunyai nama Latin garcinia mangostana ini selain memiliki warna yang menarik dan rasanya yang segar, buah manggis menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh berikut

7 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh


1. Menjaga Kadar Gula Darah


Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan problem penyakit berbahaya. Beberapa kuliner mirip nasi putih dapat menjadikan kadar gula darah dan kadar insulin tinggi sesudah mengkonsumsinya, namun fakta menarik mengenai buah manggis ternyata mampu menjaga kadar gula darah.

Oleh alasannya adalah itu meskipun manggis memiliki rasa yang elok tetapi buah ini tidak menjadikan kadar gula darah menjadi tinggi.

2. Menjaga Tekanan Darah


Selain menjaga kadar gula darah ternyata buah manggis juga mampu menjaga tekanan darah. Buah manggis memiliki kandungan potasium dan sodium. Dalam satu buah manggis mengandung sekitar 63 MG potasium dan 16,5 MG sodium. Zat-zat ini dapat membantu menjaga tekanan darah didalam badan.

3. Membantu Melawan Infeksi


Di dalam satu cangkir manggis mengandung 12% kebutuhan vitamin C harian. Perlu Anda tahu bahwa vitamin c ialah antioksidan alami yang dapat membantu badan meningkatkan sistem kekebalan badan terhadap nanah dan menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Buah manggis juga kaya akan kandungan xanthone yang bermanfaat untuk meningkatkan antibodi zat-zat ini dapat melindungi tubuh dari berbagai duduk perkara kesehatan akhir melemahnya sistem kekebalan tubuh.

4. Sumber Antioksidan


Buah manggis mengandung sekitar 26% mineral dengan Mineral mangan ini merupakan hal terpenting dari beberapa enzim untuk meningkatkan ketahanan badan. Beberapa enzim penting di dalam tubuh ternyata membutuhkan mangan, dengan mengkonsumsi manggis kebutuhan mangan untuk enzim-enzim penting tersebut dapat terpenuhi.

5. Tinggi Kandungan Vitamin B


Buah manggis kaya akan kandungan vitamin B. Selain itu buah manggis mengandung beberapa zat lainnya mirip riboflavin dan niasin. Niasin dikenal mempunyai manfaat dalam meningkatkan kontrol Bali yang mampu mengurangi resiko makalah kardiovaskuler.

Apabila seseorang kekurangan niasin maka beberapa penyakit akan muncul misalnya diare demensia dermatitis dan insomnia.

Selain itu buah manggis mengandung asam folat. Asam folat yakni zat yang mampu memproduksi sel darah merah dan 3 kekurangan darah atau anemia. Selain itu juga asam folat diperlukan untuk membantu pembelahan dan pertumbuhan selama kurun kehamilan.

Jika seorang perempuan hamil kekurangan asam folat maka mampu menimbulkan bayi lahir prematur.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak


Beberapa zat yang terdapat di dalam buah manggis seperti potasium, asam folat, dan banyak sekali antioksidan diketahui menunjukkan banyak manfaat terutama untuk neurologis atau sistem saraf. Asam folat juga dikenal mampu mengurangi munculnya Penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif.

7. Membantu Mengatasi Masalah Menstruasi


Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas ternyata terdapat satu manfaat penting terutama bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Mengkonsumsi buah manggis mampu membantu mengatur siklus menstruasi perempuan dengan lancar.

Itulah diatas 7 manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: