9 Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot

Sekarang kebutuhan terhadap smartphone tidak sanggup dipungkiri lagi, banyak sekali kalangan masyarakat sekarang sudah sangat penting harus memiliki sebuah smartphone. Dikarenakan tidak hanya digunakan untuk telepon dan komunikasi, smartphone juga mempunyai kelebihan lainnya ibarat berfoto, menonton video, internet, bermain game, dan juga mampu dipakai untuk berbisnis.

Akan tetapi, dengan kelebihan tersebut tidak semua smartphone kau bekerja dengan stabil makin lama kau pakai maka makin turun kinerja sebuah smartphone. terkadang juga banyak pengguna yang mengalami banyak sekali problem ibarat kinerjanya makin lambat, lemot, hang, aplikasi force close (ditutup sendiri).

Perangkat elektro merupakan perangkat yang cukup rentan mengalami kerusakan. Kerusakan ini mampu saja disebabkan oleh faktor usia (era pakai komponen), maupun juga faktor dari luar, seperti guncangan keras, tetesan air, dan juga tekanan. Terlebih lagi pada perangkat yang memakai sistem operasi di dalamnya. Perangkat dengan sistem, seperti ponsel, rawan mengalami penurunan kinerja, yang mampu menyebabkan perangkat tersebut beroperasi dengan sangat lambat, atau bahasa kasarnya “lemot”.

Setiap Handphone dibekali hardware dan system android yang diadaptasi semoga performanya stabil. Pertama kita memakai Hanphone android yang masih fresh atau gres membuka dari kardus tentunya terasa begitu nyaman dipakai dan cepat. Nigoko kalik ini akan memperlihatkan beberapa tips dan trik bagaimana cara mempercepat kinerja smartphone kamu yang mempunyai kapasitas kecil tanpa menggunakan aplikasi pendukung dan memakai aplikasi terbaik yang mungkin perlu akses root.

9 Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot

1. Delete Aplikasi yang Tidak Penting

Salah satu cara untuk mempercepat kinerja smartphone kamu yaitu dengan cara menghapus aplikasi yang dikamu butuhkan.dibeberapa smartphone mungkin saat pertama kamu pakai niscaya sudah ada aplikasi yang terinstall. Namun beberapa aplikasi tersebut sangat jarang digunakan mungkin kau tidak pernah pakai sekalipun. untuk itu kamu mampu menghapus aplikasi tersebut dengan cara :

- Buka Menu Setting/pengaturan di smartphone kau
- Pilih APPS Manager/Pengelolaan aplikasi
- Pilih aplikasi yang ingin kau hapus
- Pilih delete/uninstall
- Selesai

2. Menonaktifkan atau Disable Aplikasi yang Tidak Bisa Kamu Hapus 

Tidak semua aplikasi yang sudah terpasang dismartphone kau sanggup kamu hapus, ada beberapa aplikasi mungkin tidak sanggup kau hapus. misalnya apps google drive, maps, youtube, google photos, dan lain lain. Nah, untuk solusi kalau kamu tidak sanggup menghapus aplikasi yang tidak kamu pakai kamu sanggup menonaktifkannya atau Disable aplikasi dengan cara :

- Buka Menu Setting/pengaturan di smartphone kamu
- Pilih Apps Manager/Pengelolaan aplikasi
- Pilih aplikasi yang ingin kau nonaktifkan/disable
- klik pada kafetaria nonaktifkan/disable
- Selesai.

3. Optimalkan Kinerja RAM

RAM yakni salah satu yang terpenting dalam kinerja sebuah smartphone, bila RAM kamu kecil kemungkinan besar smartphone kamu makin lemot. Aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi RAM ialah Facebook, Instagram, dan aplikasi yang terus berjalan dalam keadaan sleep. Nah, cara untuk mengatasi itu adalah dengan cara mematikan kinerjanya.

- Buka Menu Setting/Pengaturan
- Klik pada Apps > Running
- Nonaktifkan aplikasi yang banyak mengkomsumsi kinerja RAM
- Selesai

4. Bersihkan Selalu Cache

Selain berfungsi untuk mengosongkan ruang penyimpanan smartphone kamu, dengan menghapus data cache akan memberikan peningkatan kinerja pada smartphone kau. cara membersihkan cache :

- Cari Apps Security/Pengamanan di Menu Utama
- Klik pada ikon Sampah Cleaner
- Tunggu hingga simpulan.

5. Hapus File yang tidak Penting

Salah satu penyebab terjadinya smartphone kamu hang atau tidak merespon lagi biasanya dikarenakan ruang penyimpanan internal penuh. sehingga smartphone kamu tidak sanggup meresponnya lagi. solusinya adalah dengan cara menghapus file yang tidak penting atau kau juga sanggup pindahkan ke penyimpanan eksternal atau ke komputer/laptop kamu.

6. Selalu Update Software 

Setiap kamu mempunyai pemberitahuan update software, segera lakukan update. dikerenakan hal ini bertujuan untuk segera memperbaiki masalah system atau bug yang ada pada sistem sebelumnya. dengan smartphone kau selalu update kau mampu pengalaman interface yang semakin beda dari sebelumnya. Meskipun, ada beberapa smartphone bila di update makin memburuk, tetapi pihak developer tidak membisu saja mereka niscaya akan mencari cara semoga sistem software yang sudah kau update tetap berjalan lancar.

7. Kurangi Penggunaan Widget

Walaupun dengan kau menggunakan widget menciptakan smartphone kamu lebih menarik. tetapi itu akan menghipnotis kinerja smartphone kau dikarenakan widget mengkonsumsi RAM. Nah, jika kamu tidak ingin membuat smartphone kamu lelet hindari untuk tidak terlalu banyak memakai widget.

8. Jangan Menggunakan Animasi di Smartphone Kamu

Animasi ialah salah satu aplikasi yang mengkonsumsi RAM secara membisu diam. Jika kamu sudah terlanjur menggunakannya, caranya untuk mengurangi dan mematikan animasi di smartphone kamu cek dipengaturan pilih display.

9. Lakukan Factory Reset

Cara terakhir untuk mempercepat kembali kinerja smartphone kamu adalah dengan cara factory reset, cara satu ini sangat ampuh tetapi data dan aplikasi kau akan terhapus semua mirip dikala kau membeli smartphone pertama kali. Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua yang bertumpuk pada smartphone kau, kau mampu melakukan factory reset dengan cara klik pada sajian Settings/Pengaturan - Backup dan Reset -  Factory data Reset.

Demikian artikel scriptmobaterudate tentang tips dan cara  mempercepat kinerja smartphone kamu yang lemot mungkin karena memiliki kapasitas RAM yang kecil, Semoga bermanfaat bagi anda semua. Walaupun sudah melaksanakan tips dan trik diatas bila masih lelet mungkin smartphone anda sudah mengalami kerusahkan hardware dan kinerjanya menurun. terimakasih

Subscribe to receive free email updates: