Tak Disangka! Ternyata Ini 4 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

 Mentimun sering kita konsumsi sebagai lalapan ataupun salad ternyata sangat bermanfaat un Tak Disangka! Ternyata Ini 4 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

Mentimun sering kita konsumsi sebagai lalapan ataupun salad ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nah bagi anda yang belum mengetahui apa saja kandungan nutrisi dan manfaat, simak klarifikasi mengenai sayuran yang satu ini dibawah.

Daging mentimun kaya akan vitamin A, vitamin C, dan asam folat, sedangkan kulitnya mengandung serat dan aneka macam mineral termasuk magnesium, molibdenum, dan kalium.

Selain itu, mentimun mengandung silika, adalah mineral yang sangat baik untuk memperkuat jaringan ikat. Timun dipercaya mampu menyembuhkan banyak sekali dilema kulit, kantung mata dan terbakar sinar matahari. Mentimun juga mengandung asam askorbat dan caffeic yang mencegah kehilangan air, oleh karena itu buah ini sering dipakai untuk menyembuhkan luka bakar dan dermatitis.

Mentimun yaitu buah dari keluarga Cucurbitaceae, mempunyai nama ilmiah Cucumis sativus, masih kerabat dekat dengan semangka dan labu. Mentimun tumbuh secara merambat dan dapat tumbuh di sepanjang tahun. Awalnya timun berasal dari India hampir 10.000 tahun yang lalu, tetapi sekarang dibudidayakan di banyak negara.

Dalam peradaban kuno Mesir, Yunani, dan Roma, mentimun sangat terkenal, karena kegunaannya tidak hanya sebatas sebagai masakan saja, tetapi banyak dikonsumsi karena khasiatnya bagus untuk kulit.

4 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh


Setelah kita tahu tentang mentimun, kini kita tinjau keuntungannya dari segi kesehatan. Berikut adalah beberapa khasiat timun yang begitu menakjubkan bagi kesehatan:

1. Merawat Kulit


Mentimun kaya silika, yang merupakan komponen penting untuk pengembangan jaringan ikat yang berpengaruh dan sehat pada otot, ligamen, tendon, tulang rawan, dan tulang. Selain itu, kandungan silika pada timun juga elok untuk kulit.

Kandungan air yang tinggi pada buah ini mengakibatkan timun sebagai penghidrasi alami dan juga mampu melembabkan kulit.

Ekstrak mentimun sering dipakai secara topikal untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti terbakar sinar matahari dan menghilangkan kantung mata.

Asam askorbat dan caffeic ialah dua senyawa penting dalam mentimun yang mencegah hilangnya air dari badan. Ini ialah beberapa alasan mengapa mentimun sering menjadi obat oles untuk aneka macam masalah kulit. Selain itu, timun juga cantik untuk rambut dan berbagai macam permasalahan pada kulit seperti jerawat.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut perihal berbagai manfaat timun untuk kecantikan, Anda mampu baca:

2. Mengatasi Sembelit & Batu Ginjal


Mentimun adalah perpaduan tepat antara serat dan air, mengandung sekitar 96% air yang secara alami dimurnikan. Oleh karena itu, buah ini elok untuk mencegah sembelit dan watu ginjal.

Timun juga merupakan sumber vitamin C, silika, kalium, dan magnesium yang baik, dimana semua kandungan tersebut memiliki manfaat kesehatan masing-masing

Kulit mentimun mengandung kadar vitamin A yang tinggi, jadi Anda akan menerima khasiat timun secara maksimal jikalau Anda memakan semuanya.

3. Mengontrol Tekanan Darah


Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa salah satu khasiat timun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan di DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) terdiri dari orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi magnesium, potasium, dan serat, menyimpulkan bahwa tekanan darah mereka turun ke tingkat normal. Tekanan darah mereka turun sebesar 5,5 poin (sistolik) lebih dari 3,0 poin (diastolik).

4. Menjaga kesehatan Tubuh


Ketimun memiliki sifat pembersih yang sangat baik, dan mereka secara aktif menghilangkan limbah dan racun yang terkumpul dari badan Anda. Buah-buahan ini sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi kandung kemih, ginjal, hati dan pankreas. Jus mentimun dengan jus wortel sangat efektif untuk kondisi rematik yang disebabkan oleh asam urat berlebihan di dalam tubuh.

Minum jus mentimun secara teratur juga membantu menyembuhkan asam urat dan eksim. Jika Anda mengalami duduk perkara paru-paru atau perut, pastikan untuk menambahkan jus timun pada daftar sajian harian Anda.

Kandungan magnesium mentimun memastikan sirkulasi darah yang tepat dan menenangkan saraf.

Manfaat lainnya

Mentimun memiliki tingkat basa yang tinggi, sehingga mengatur pH darah tubuh dan menetralkan keasaman. So, timun ini bagus dikonsumsi oleh penderita penyakit lambung.

Khasiat timun untuk kesehatan lainnya yakni membantu menormalkan suhu badan selama musim panas. Jus mentimun bersifat diuretik, sehingga mampu mencegah batu ginjal juga. Ini juga dapat melawan efek asam urat, yang mencegah peradangan dari kondisi mirip radang sendi, asma, dan asam urat.

Ketimun sering menjadi lalapan pendamping bagi masakan goreng-gorengan, karena berfungsi sebagai antioksidan.

Walaupun rasanya cuek, namun bila melihat khasiat timun untuk kesehatan yang luar biasa ini, rasanya buah ini wajib jadi hidangan andalan Anda setiap hari. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: