10 Manfaat Mengonsumsi Tomat Yang Sering Diabaikan

 Tomat merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko 10 Manfaat Mengonsumsi Tomat Yang Sering Diabaikan

Tomat merupakan flora yang berasal dari Meksiko. Tomat masuk dalam kategori buah dan sayuran. Tomat yang memiliki nama latin Solanym Lycopersicum selain sering diolah sebagai bahan komplemen kuliner maupun jus ternyata tomat mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Apa saja kandungan nutrisi pada buah tomat dan manfaat kesehatan yang kita dapatkan dengan mengonsumsi tomat? Berikut penjelasannya.

Mungkin anda sering mengonsumsi tomat dalam sajian masakan anda atau justru menghindari memakan tomat alasannya adalah kurang menyukai rasanya? mulai ketika ini jangan abaikan tomat alasannya adalah tomat mempunyai kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan badan, diantaranya yaitu.

  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin K
  • Fosfor
  • Copper
  • Serat
  • Protein
  • Lycopene
  • Asam Folat
  • Thiamine
  • Potassium
  • Mangan

Setelah mengetahui daftar nutrisi di dalam tomat, kita akan mengetahui apa saja manfaat kesehatan yang didapatkan dengan mengonsumsi tomat.

10 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh


1. Tinggi Kandungan Antioksidan


Di dalam Tomat mengandung zat yang disebut Likopen, yaitu zat antioksidan yang efektif dalam mengatasi sel penyebab kanker akhir radikal bebas. Dari hasil penelitian di Universitas Harvard kandungan likopen ini dapat mengatasi beberapa jenis kanker seperti Kanker Prostat, Kanker Serviks, Kanker Payudara dan Kanker Mulut.

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral


Tomat mempunyai kandungan vitamin C tinggi dimana dapat memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang melindungi badan Anda dari serangan radikal bebas dan materi kimia dari produk masakan olahan yang mampu merusak sel-sel dan jaringan tubuh Anda.

Selain itu, kandungan vitamin A, Potassium dan Zat besi juga didapatkan dari buah ini. Mineral Potassium sangat baik untuk menjaga kesehatan saraf Anda dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sedang Zat Besi berperan dalam menjaga sirkulasi darah tetap normal dan membantu pembentukan sel darah merah di tubuh Anda.

Vitamin K dalam buah tomat juga vitamin esensial yang dapat menghindarkan Anda dari pendarahan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Kandungan Lycopenen yang bekerja sebagai antioksidan dapat mengurangi risiko negatif yang disebabkan oleh penumpukan lemak pada darah Anda sehingga sangat baik untuk menghindarkan Anda dari penyakit Kardiovaskular seperti Penyakit Jantung, Tekanan Darah Tinggi dan Stroke.

Rutin mengonsumsi buah tomat dapat mengurangi kadar lemak jahat seperti Kolesterol dan Trigliserida dalam darah. Keduanya merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

4. Menangkal Dampak Negatif dari Rokok


Kandungan Asam Coumaric dan Asam Chlorogenic pada buah tomat mampu zat racun, nitrosamine yang didapat sebab kebiasaan merokok. Selain itu, kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah tomat juga mampu mengurangi efek negatif sebab zat karsinogenik dari rokok dan menurunkan risiko penyakit kanker paru-paru.

5. Melindungi Kesehatan Mata


Vitamin A dalam buah tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Rutin mengonsumsi buah tomat dapat menghindarkan Anda dari penyakit rabun senja dan degenerasi makula, yaitu penurunan fungsi mata sebab faktor usia.

Vitamin A bekerja sebagai antioksidan yang dapat diubah menjadi beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata. Masalah kesehatan mata umumnya disebabkan oleh serangan radikal bebas dan kurangnya asupan vitamin A. Oleh alasannya itu, konsumsi buah tomat secara rutin mulai ketika ini.

6. Melancarkan Pencernaan


Manfaat tomat untuk kesehatan selanjutnya ialah menghindarkan Anda dari persoalan diare dan susah buang air besar, selain itu tomat sangat baik untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun di badan.

Kandungan serat dalam tomat dapat menghindarkan Anda dari dilema sembelit. Serat dalam buah ini mampu menstimulasi pergerakan peristaltic pada pada jalan masuk otot-otot jalan masuk pencernaan tubuh Anda.

Kondisi ini sangat baik untuk pergerakan perut, menjaga kelancaran pencernaan dan melindungi Anda dari Kanker Kolorectal.

7. Menurunkan Tekanan Darah


Konsumsi tomat setiap hari mampu mengatasi duduk perkara tekanan darah pada penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan kandungan Potassium dalam tomat berperan sebagai Vasodilator yang mampu meredakan ketegangan pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah melebar dan melancarkan sirkulasi darah. Kondisi ini sangat baik untuk menurunkan tekanan darah pada badan Anda.

8. Baik untuk Kecantikan


Tomat dapat menjaga kesehatan gigi, tulang, rambut dan kulit Anda. Mengonsumsi buah tomat secara rutin mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet dan menggunakan maskter tomat dapat melawan penuaan dini pada kulit serta mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.

Vitamin A dalam tomat sangat baik untuk menjaga rambut Anda tetap berkilau dan tidak gampang rontok.

9. Mengatasi Masalah Saluran Kemih


Konsumsi buah tomat juga dapat menghindarkan Anda dari infeksi kanal kemih dan kanker kantung kemih. Hal ini dimungkinkan alasannya buah tomat mempunyai kandungan air dan bersifat diuretic, artinya frekuensi buang air kecil Anda akan meningkat.

Kondisi tersebut dapat membuang racun dalam badan Anda juga kadar asam urat, garam dan lemak pada tubuh Anda.

10. Mengobati Penyakit Batu Empedu


Rutin mengonsumsi buah tomat juga sangat baik dalam melindungi Anda dari risiko penyakit Batu Empedu. Banyak penelitian yang dilakukan untuk menerangkan kemampuan tomat dalam mengatasi penyakit kronis dan bermacam-macam jenis kanker.

Kandungan antioksidan dalam tomat dapat melindungi Anda dari dampak negatif bahan kimia yang terdapat pada masakan olahan yang dapat menjadikan kerikil empedu. Selain itu, mengonsumsi tomat juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda dan menghindarkan Anda dari bermacam-macam penyakit.

Itulah diatas kandungan nutrisi dan manfaat tomat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: