Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Air Kelapa Untuk Badan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh

Hidup di negara tropis seperti Indonesia pastinya banyak kita jumpai produk konsumsi dari kelapa salah satunya yakni air kelapa. Air kelapa selain rasanya yang menyegarkan apalagi jika kita minum dikala cuaca terik ternyata air kelapa menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

Air kelapa mempunyai rasa yang nikmat, menyegarkan dan memperlihatkan manfaat kesehatan bagi badan Anda alasannya adalah kandungan bermacam-macam nutrisi seperti vitamin dan mineral yang jarang didapatkan dari kuliner yang Anda konsumsi setiap hari. Melalui postingan ini akan dijelaskan apa saja kandungan nutrisi dan manfaat air kelapa bagi kesehatan badan.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh


1. Tinggi Kandungan Nutrisi


Air kelapa dapat ditemukan pada buah kelapa muda yang diproduksi secara alami didalam buah dan terdiri dari 94 persen air serta sangat sedikit lemak. Buah kelapa membutuhkan waktu antara 10 – 12 bulan untuk benar-benar matang, sedangkan air kelapa didapatkan pada buah yang berusia 6 – 7 bulan.

Air kelapa muda merupakan sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Dalam satu cangkir air kelapa ukuran 240 gram setidaknya mengandung :

  • Kalori 46
  • Karbohidrat 9 gram
  • Potassium 17 persen
  • Sodium 11 persen
  • Kalsium 6 persen
  • Serat 3 gram
  • Protein 2 gram
  • Vitamin C 10 persen
  • Magnesiun 15 persen
  • Mangan 17 persen

2. Kaya Kandungan Zat Antioksidan


Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang diproduksi oleh sel-sel tubuh Anda selama proses metabolisme terjadi, peningkatkan produksi radikal bebas juga mampu disebabkan oleh stress dan cedera.

Saat dalam badan Anda terlalu banyak radikal bebas, maka tubuh Anda berada dalam kondisi oxidative stress, yang mampu merusak jaringan sel-sel tubuh Anda dan mendorong timbulnya penyakit serius seperti Kanker.

Dalam banyak sekali penelitian yang dilakukan pada binatang mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam buah kelapa mampu memodifikasi molekul radikal bebas sehingga tidak berbahaya bagi badan.

Dalam sebuah penelitian lain yang menggunakan tikus menandakan bahwa kandungan antioksidan dalam air kelapa mampu merawat organ liver yang rusak alasannya radikal bebas. Meski sampai ketika ini belum ada penelitian yang menunjukan manfaat antioksidan dalam air buah kelapa bagi tubuh insan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya.

3. Baik bagi Penderita Diabetes


Penelitian mengungkapkan bahwa air kelapa mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan kesehatan secara umum. Dalam sebuah study yang menggunakan hewan tikus menemukan bahwa binatang yang diberi treatment air kelapa mempunyai kadar gula darah yang lebih rendah dibanding hewan yang tidak diberi.

Pada penelitian yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa mempunyai kadar hemoglobin yang A1c yang lebih rendah. Kandungan serat dan karbohidrat yang mudah dicerna dalam air sangat baik bagi penderita diabetes.

Selain itu, kandungan Magnesium dalam air kelapa dapat meningkatkan sensitifitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pre-diabetes.

4. Mencegah Penyakit Batu Ginjal


Salah satu cara untuk mencegah kerikil ginjal ialah dengan rutin mengonsumsi air putih. Namun, penelitian mengungkapkan mengonsumsi air kelapa lebih baik ketimbang hanya air putih.

Batu ginjal terbentuk kita kalsium, oxalate dan komponen lainnya menyatu dan menjadi kristal di urin Anda. Kristal inilah yang dapat berubah menjadi kerikil ginjal.

Air kelapa mampu mencegah penumpukan kristal pada ginjal dan jalan masuk kemih, juga secara konsisten mencegah terbentuknya kristal-kristal baru di urin.

Peneliti percaya hal ini dapat mengurangi produksi radikal bebas yang umumnya terjadi alasannya tingginya kadar oxalate pada urin.

Meski hal diatas masih perlu dibuktikan penelitian yang komprehensif, tidak menutup kemungkinan bahwa kandungan vitamin dan mineral dalam air kelapa ini baik untuk kesehatan badan Anda.

5. Menjaga Kesehatan Jantung


Manfaat air kelapa selanjutnya yakni menjaga kesehatan jatung.

Dalam sebuah study menunjukan bahwa mengonsumsi air kelapa dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam dalam. Selain itu, juga dapat mengurangi lemak pada organ liver.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Air kelapa juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi semoga tetap normal. Dalam sebuah study yang melibatkan orang-orang dengan hipertensi pertanda bahwa mereka yang mengonsumsi air kelapa mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 71 persen.

Hal ini dimungkinkan alasannya adalah dalam 240 ml air kelapa terdapat 600 mg potassium. Potassium dikenal sebagai senyawa yang membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Selain itu, air buah kelapa ini juga bermanfaat untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah karena mempunyai anti-thrombotic.

7. Mencegah Dehidrasi


Manfaat air kelapa selanjutnya ialah merupakan minuman terbaik untuk diminum setelah berolahraga untuk mengembalikan cairan tubuh dan menggantikan elektrolit yang hilang dikala berolahraga.

Elektrolit yakni mineral yang memiliki tugas penting bagi badan Anda, salah satunya ialah menjaga keseimbangan cairan. Elektrolit mengandung Potassium, Magnesium, Sodium dan Kalsium.

Dalam dua penelitian mengungkapkan bahwa air kelapa mempunyai kemampuan meng-hidrasi badan lebih baik daripada air putih biasa. Selain itu, mereka yang mengonsumsi air kelapa juga melaporkan penurunan efek mual dan sakit perut.

8. Membantu Program Diet


Mengutip Times of India, mengonsumsi air kelapa sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang menjalankan acara diet. Selain rendah lemak, air kelapa juga dapat memberikan imbas rasa kenyang lebih lama dan menurunkan nafsu makan.

9. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit


Selain untuk dikonsumsi, air kelapa juga mampu mengatasi dilema abses dan penuaan dini di wajah. Balurkan air kelapa pada kulit wajah dan diamkan hingga semalaman kandungan anti-bakteri dalam air kelapa bermanfaat dalam mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi.

Itulah diatas kandungan nutrisi dan manfaat air kelapa bagi kesehatan dan kecantikan. Apabila artikel diatas bermanfaat jangan lupa bagikan melalui media sosial. Salam sehat!

Subscribe to receive free email updates: