Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Santan Kelapa

Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Santan Kelapa Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Santan Kelapa

Santan merupakan cairan putih susu yang terdapat pada daging kelapa yang sudah diparut dan diperas. Orang Indonesia sendiri sering menggunakan santan sebagai salah satu materi masakan untuk selanjutnya dicampur dengan materi kuliner lain.

Bagi Anda yang sering menggunakan santan ternyata santan mempunyai sejumlah kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Simak penjelasannya dibawah ini.

Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Santan Kelapa


1. Kalsium


Kandungan kalsium harus menjadi bab penting yang ada pada kuliner alasannya adalah mampu meningkatkan kekuatan tulang dan menjaga semoga gigi tetap sehat. Dengan mengonsumsi santan kita mendapatkan kalsium dalam jumlah yang cukup. Secangkir santan (240 g) mengandung sekitar 38,4 mg kalsium.

2. Magnesium


Santan yaitu kaya akan kandungan magnesium. Magnesium yang terdapat pada santan dapat membantu menjaga tekanan darah dan secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular mirip serangan jantung. Dalam 240 g santan mengandung sekitar 89 mg magnesium.

3. Kalium dan Fosfor


Ketika Anda minum secangkir santan, Anda bekerjsama mengkonsumsi 631 mg potasium dan 240 mg fosfor. Kandungan Kalium pada santan mampu membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

Selain itu kandungan fosfor pada santan mampu membantu perkembangan struktur tulang, menjaga fungsi ginjal supaya tetap optimal dan menjaga kesehatan tulang.

4. Zat Besi


Jika Anda ingin mengurangi kemungkinan terkena anemia, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan mengonsumsi santan. satu cangkir santan mengandung 3,93 mg zat besi.

5. Mineral lainnya


Selain nutrisi yang sudah disebutkan diatas ternyata santan memiliki mineral lain yang dibutukan badan diantaranya yaitu Mangan, tembaga dan seng. Dalam secangkir santan setara dengan mengonsumsi 1,6 mg seng, 0,6 mg tembaga, dan 2,2 mg mangan.

6. Protein


Banyak yang beranggapan bahwa protein tidak ada sama sekali pada santan. Namun, ini tidak benar. Namun bukan berarti, itu yakni sumber protein yang baik. Tidak seperti produk unggas, santan tidak menyediakan jumlah protein yang memadai.

Meskipun mengandung aneka macam jenis protein mirip arginin dan sistin, konsentrasi total protein dalam santan ini sangat rendah. Makara, bila Anda suka berolahraga dan ingin menaikan massa otot, maka tidak direkomendasikan mengonsumsi santan.

7. Selenium


Selenium memainkan tugas penting dalam kerja kelenjar tiroid ternyata mampu diperoleh melalui santan. Meskipun tubuh kita membutuhkannya dalam jumlah sangat kecil, kekurangannya mampu menjadikan gangguan autoimun dan meningkatkan risiko kanker prostat. Anda akan mendapatkan sekitar 14,88 mcg selenium dalam secangkir santan.

8. Vitamin


Membahas soal kandungan vitamin, santan hanya mengandung beberapa vitamin saja mirip vitamin C (6,7 mg) dan vitamin E (0,4 mg) dalam jumlah sedang.

Dalam 240 g santan juga terdapat banyak sekali jenis vitamin B. Kelompok B kompleks yang mencakup tiamin (vitamin B1), niasin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5) dan asam folat (vitamin B9) semuanya ada dalam santan. Konsentrasi vitamin B3 penting sebab 240 g santan menghasilkan sekitar 1,824 mg vitamin B3.

9. Karbohidrat


Santan sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang melakukan diet rendah karbohidrat. Anda mampu menciptakan aneka macam resep rendah karbohidrat memakai santan. Secangkir santan hanya mengandung 13,3 g karbohidrat.

10. Gula


Rasa anggun dari santan ini ternyata alasannya adanya kandungan gula di dalamnya. Bahan alami ini dalam susu ini memperlihatkan rasa yang yummy dan karena itu santan sering dipakai sebagai penambah rasa. Kandungan gula didalamnya juga sangat rendah; hanya 8 g dalam 240 g santan.

11. Lemak jenuh


Salah satu unsur penting dari santan ialah minyak kelapa, yang sayangnya tinggi kandungan lemak jenuh. Meskipun jumlah minyak kelapa yang terkandung dalam santan dapat bervariasi dari satu jenis dengan jenis lainnya, namun tetap saja tinggi kandungan minyak kelapa.

Dalam 1 cangkir santan mengandung 3 sendok makan minyak kelapa atau 50 g lemak jenuh. Karena itu, minum santan dalam jumlah sedang yakni kunci untuk menerima manfaatnya. Namun, santan juga mengandung lemak sehat (omega 6 asam lemak esensial (626 mg) lemak tak jenuh tunggal (2,4 g)) yang meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

12. Asam Laurat


Santan ialah sumber penting asam laurat, yang berguna dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL). Meskipun merupakan lemak jenuh, asam laurat tidak meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Namun meningkatkan kolesterol total darah dengan meningkatkan rasio HDL / LDL. Karena asam laurat mampu meningkatkan kolesterol darah secara menyeluruh, hebat gizi menyarankan untuk tidak mengonsumsi santan dalam jumlah tinggi.

13. Kalori


Minumlah secangkir santan dan Anda mengonsumsi sekitar 553 kalori. Ini kedengarannya agak tinggi, jadi dokter sering merekomendasikan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedang.

Itulah diatas daftar kandungan nutrisi yang ada pada santan kelapa. Kaprikornus mulai dikala ini konsumsilah santan sesuai kebutuhan dan perlu diingat jangan mengonsumsi santan secara berlebihan biar mendapatkan manfaat yang optimal bagi badan. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: