5 Cara Mudah Mengetahui Nomor Imei Ponsel

Setiap Smartphone yang diproduksi oleh perusahaan, baik itu ponsel tersebut murah hingga smartphone canggih memiliki identitas khusus yang biasa kita dikenal sebagai IMEI (International Mobile Equipment Identity). Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 sampai 16 digit dan operator seluer menggunakannya untuk mengetahui perangkat yang terhubung ke jaringan.


Selain itu, fungsi IMEI juga mampu digunakan untuk memblokir smartphone yang sudah dicuri dan juga mampu melacak smartphone tersebut. Karena IMEI ini dianggap salah  satu hal yang cukup penting. Nah, Kalian perlu tahu bagaimana mengetahui IMEI agar suatu dikala mudah untuk menemukannya.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menegaskan bakal memblokir peredaran ponsel ilegal alias smartphone black market ( BM) di Indonesia melalui nomor IMEI.. Jika nomor IMEI sebuah smartphone tak terdaftar pada database tersebut, kemungkinan besar ilegal. Lantas bagaimana cara mengecek IMEI di smartphone, apakah ponsel yang Anda gunakan ketika ini terdaftar (resmi) atau tidak?

Cara Mudah Cek Nomor IMEI di Ponsel


1. Buka Pada Menu Setting Pada Smartphone Anda

Baik smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS umumnya sudah menyertakan nomor IMEI yang sanggup ditemukan di sajian setting. Cara nya cukup mudah,  untuk perangkat iPhone sanggup mengakses di sajian Setting > General > About. Sedangkan untuk Android di Setting > About Phone > Status (namun letaknya mungkin berbeda tergantung merek smartphone).

2. Menekan *#06# di Papan Telephone Anda

Cara ini terbukti ampuh untuk menemukan dan mengetahui lokasi IMEI. Bukan hanya mampu digunakan pada smartphone modern, menekan kombinasi tombol *#06# di sajian panggilan telepon 
memang sudah sanggup dilakukan di ponsel lawas dan secara otomatis nomor IMEI akan muncul di layar.

3. Lihat di Belakang Smartphone Anda


Beberapa vendor smartphone memang sengaja mencetak nomor IMEI di bab belakang, ibarat contohnya Samsung Galaxy S7 dan iPhone 6. Namun saat ini yang terjadi kebalikannya, mereka ingin menciptakan bagian belakang smartphone menjadi sebersih mungkin.

4. Cek di Dalam Slot SIM Card Anda


Slot kartu sim yang mempunyai print IMEI rasanya agak jarang ditemui. Namun ada beberapa perusahaan smartphone yang sengaja memasang nomor IMEI di bab 
penempatan slot kartu. mungkin smartphone kalian salah satu yang menempatkan IMEI di slot kartu.

5. Periksa di Box Smartphone Anda.



Di setiap kotak penjualan terdapat beragam isu khusus mengenai smartphone tersebut. Kalian mampu melihat sekeliling kotaknya maka akan menemukan nomor IMEI beserta serial numbernya. Nomor IMEI yang ada di kotak biasa digunakan untuk mempermudah penyortiran penjualan atau dikala smartphone hilang.

Demikian artikel scriptmobaterudate kali ini perihal cara mengetahui IMEI di perangkat smartphone. Cara ini tentunya mungkin berlaku untuk perangkat lain, ibarat smartwatch, action cam dan aksesori pendukung lainnya. biar bermanfaat dan terimakasih

Subscribe to receive free email updates: