9 Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Di Android

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti -  terkadang android yang anda beli memiliki beberapa problem yang tidak terduga. Entah itu alasannya adalah OS yang tidak kompatibel dengan aplikasi yang anda install, ataupun karena hal lainnya. Smartphone tiba-datang terhenti dan mengeluarkan pop-up "Sayangnya, aplikasi telah berhenti" atau dalam bahasa inggrisnya bertuliskan "Unfortunately, app has stopped". Bagaimana mengatasi permasalahan tersebut?


Nah salah satu penyebab yang banyak dimiliki oleh pengguna android jadul pastinya pernah mengalami “sayangnya aplikasi telah berhenti” dikala membuka aplikasi. “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”, “Sayangnya, Aplikasi Tidak Menanggapi”, “Sayangnya, Aplikasi Terus Berhenti”, “Sayangnya, Aplikasi Terhenti”, “Unfortunately, App Has Stopped”, “Unfortunately Force Close, Not Enough Memory”, “Not Responding”, “Sayangnya, com.android.process Telah Berhenti”Ternyata hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan beberapa langkah.

Sebelum kita membahas cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti, kita akan membahas terlebih dahulu penyebab-penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti tersebut. Karena kita tidak akan menerima solusi jika kita belum tahu penyebab pastinya permasalahan yang kita hadapi.

Penyebab Terjadinya "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" di Android :

1. RAM penuh

RAM memiliki peran penting dikala anda membuka aplikasi tertentu. Karena saat anda membuka aplikasi, komponen android yang mempertahankan aplikasi tetap terbuka yakni RAM. RAM akan cepat penuh kalau tidak memiliki kapasitas yang cukup memadai. Dari beberapa perkara yang aku alami bila RAM penuh,aplikasi  secara otomatis tidak mampu berjalan dengan lancar bahkan membuat aplikasi tersebut tiba-datang berhenti dengan sendirinya.

2. File cache menumpuk

File cache adalah file yang berisi data yang pernah anda terusan dari aplikasi yang memakai jaringan internet. Jika anda jarang membersihkan file cache maka file cache akan menumpuk yang menjadikan RAM menjadi berat dan lambat saat menjalankan aplikasi. Dengan keadaan mirip ini bisa jadi membuat aplikasi menutup secara otomatis.

3. OS android tidak kompatibel

Semakin berkembangnya teknologi, maka operating system(OS) semakin canggih dan semakin aman untuk menyimpan data pribadi si pengguna android. Hal semacam ini pasti memerlukan pembaruan sistem dari berbagai pihak, salah satunya yaitu aplikasi.Nah, jikalau anda yaitu pengguna android lama maka kemungkingan akan terjadi kompatible dengan aplikasi terbaru.

Misalnya aplikasi yang anda ingin jalankan yakni aplikasi yang merekomendasikan untuk memakai OS Marshmellow 6.0 maka akan kompatibel kalau anda menggunakan OS Lollipop 5.0 sehingga aplikasi tidak mampu berjalan dengan normal.

4. Data aplikasi corrupt

Kemungkinan besar data aplikasi corrupt mampu terjadi alasannya file obb anda unduh bukan melewati aplikasinya eksklusif melainkan dari website. Hal ini terjadi bilamana aplikasi sudah melaksanakan pembaruan patch sehingga file obb tidak sinkorn dengan aplikasinya. Menyebabkan aplikasi tidak mampu dibuka.

Itulah beberapa penyebab-penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti. Setelah kita mengetahui sedikit penyebabnya kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti. Berikut yaitu beberapa cara yang mampu kita lakukan :


Cara Mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android" 

 

1. Restart android

Error dapat menjadikan aneka macam persoalan. Entah itu sinyal maupun aplikasi. Aplikasi yang sudah terkena imbas error akan sulit untuk membukanya bahkan tidak mampu dibuka sama sekali. Cara mudah yang mampu anda lakukan yaitu dengan me-restart android. Atau anda  bisa me-nonaktifkan android selama 5-10 menit lalu aktifkan lagi. Dan android anda akan kembali normal seperti sediakala.

2. Matikan aplikasi yang berjalan di Latar belakang

Aplikasi akan berjalan normal kalau RAM android kita tidak penuh. Hal terburuk yang akan terjadi bila RAM penuh yakni aplikasi tidak mampu dibuka. ketika anda membuka suatu aplikasi, RAM-lah yang memproses semoga aplikasi mampu berjalan dengan normal.

Mungkin dari beberapa pengguna android sering kali tidak membersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Padahal hal tersebut menimbulkan RAM masih terpakai untuk menjalan aplikasi yang ada di latar belakang. Sehingga tersisa sedikit ruang untuk menjalankan aplikasi yang akan dijalankan selanjutnya.

Cara mematikan atau menutup aplikasi di latar belakang sangatlah gampang anda tinggal tab list (berada di sebelah tombol home) yang eksklusif memunculkan aplikasi di latar belakang. Kemudian tinggal anda geser keatas atau tab tombol “x”. Setiap android memiliki cara yang berbeda-beda.

3. Hapus cache

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, cache menyebabkan RAM cepat penuh karena berisi data yang pernah anda akses. Sehingga dikala anda mengakses data tersebut akan lebih cepat terakses daripada sebelumnya. Cache harus sering anda bersihkan supaya RAM lebih banyak mempunyai ruang untuk membuka aplikasi yang lain. Cara yang mampu anda lakukan yakni
  • buka pengaturan -> penyimpanan -> pembersih -> tab bersihkan.
Secara otomatis cache yang menumpuk akan di bersihkan. Anda juga mampu membersihkan per-aplikasi yang ingin anda hapus cachenya.
  • Caranya buka pengaturan -> kelola aplikasi -> tab terunduh(untuk aplikasi yang anda unduh) -> tab aplikasi yang ingin anda pilih -> tab hapus cache.
Atau anda juga mampu menggunakan Ccleaner atau clean master yang mampu anda unduh melalui google play.

4. Paksa dan Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya metode kedua yang bisa anda coba yakni Menghentikan Dan Menghapus Data Aplikasi. Cara ini biasanya ampuh dalam Mengatasi Aplikasi Yang Macet Ataupun Error, terutama muncul pesan mirip penjelasan di atas. Adapun menghapus data aplikasi akan menghilangkan data yang bersifat sementara seperti basis data, file sampah atau cache, History, bookmark, data login, dan sebagainya. Namun perlu anda ingat cara ini bukan menghapus aplikasi, tetapi hanya menghapus data aplikasi saja.

5. Factory Reset Smartphone

Apabila semua cara – cara diatas tidak berhasil Mengatasi Aplikasi Yang Macet, Error, Dan Lainnya. Maka langkah terakhir yang mampu anda lakukan ialah Factory Reset. Sebenarnya ini bulankan cara terbaik, karena semua data anda akan hilang dan Smartphone Akan Kembali Pada Posisi Awal. Sebelum anda factory reset, pastikan anda melakukan backup pada semua data yang anda simpan, terutama foto, video, aplikasi, dan dokumen.

6. Install ulang aplikasi

Terkadang terjadi data eror dari aplikasi tersebut sehingga aplikasi tidak bisa di buka. Menginstall ulang aplikasi yakni pilihan yang baik. Meskipun memerlukan kuota internet yang lebih tetapi aplikasi yang anda ingin jalankan akan kemabali normal.

7. Update aplikasi

Cara mengatasi sayangnya proses com.andriod.phone telah berhenti selanjutnya ialah dengan memperbarui aplikasi. Permasalahan yang sering terjadi yaitu mungkin ada beberapa data yang eror ketika aplikasi tidak diperbarui. Pembaruan aplikasi mengatasi bug-bug tersebut.

Sebaiknya sering-seringlah melaksanakan update selain mengatasi eror balasan aplikasi tidak mampu dibuka. Pembaruan juga meningkatkan performa dari aplikasi itu sendiri dan mungkin ada beberapa fitur terbaru yang di tambahkan.

8. Download file obb lewat aplikasinya

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti selanjutnya ialah dengan cara mendownload file obb di dalam aplikasinya eksklusif. Terkadang jika anda mengunduh file obb di google mampu terjadi force close atau aplikasi tidak bisa dibuka sebab file obb berbeda patch dengan aplikasinya. Maka sangan dianjurkan untuk mengunduh melalui aplikasinya langsung.

9. Upgrade OS android

Aplikasi sudah banyak yang terbaru tetapi anda masih memakai OS yang tipe 4.4 kitkat. Hal ini dapat menjadikan aplikasi tidak kompatibel dengan OS anda. Sebaiknya anda meng-upgrade OS anda. Salah satu merk android mempunyai fitur tersebut jadi lebih mudah kalau ada pembaruan OS. Atau anda mampu meng-upgrade melalui situs brand android anda tersebut.

Tidak semua android mempunyai permasalahan yang sama. Alangkah baiknya bila anda mencoba satu demi satu agar problem yang anda hadapi mampu terselesaikan. Gimana, masalah sayangnya proses com.android.systemui telah berhenti terselesaikan?

Itulah cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti. Semoga dapat membantu anda dalam menemukan solusi. Berikan pendapat anda di kolom komentar dibawah ini.

Kata Kunci : “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”, “Sayangnya, Aplikasi Tidak Menanggapi”, “Sayangnya, Aplikasi Terus Berhenti”, “Sayangnya, Aplikasi Terhenti”, “Unfortunately, App Has Stopped”, “Unfortunately Force Close, Not Enough Memory”, “Not Responding”, “Sayangnya, com.android.process Telah Berhenti”

Subscribe to receive free email updates: