5 Daftar Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

anak membutuhkan makanan sehat dan bergizi untuk mendukung proses pertumbuhannya 5 Daftar Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Anak-anak membutuhkan kuliner sehat dan bergizi untuk mendukung proses pertumbuhannya, namun banyak dari kita sebagai orang tua tidak mengetahui betul apa saja kuliner yang harus dikonsumsi bawah umur kita. Di postingan ini kita akan membahas mengenai 5 nutrisi penting untuk pertumbuhan anak.

5 Daftar Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak


1. Kalsium


Nutrisi penting yang pertama adalah kalsium. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat apalagi bagi anak yang sedang dalam kala pertumbuhan. Ketika anak kekurangan kalsium maka dapat menjadikan beberapa masalah yang muncul seperti meningkatnya risiko penyakit osteoporosis di kemudian hari.

Sangat penting untuk membiasakan anak untuk mengkonsumsi masakan yang mengandung kalsium tinggi termasuk vitamin D sebab zat tersebut juga selain memperkuat tulang namun dapat mencegah penyakit diabetes Tipe 1 dan penyakit lainnya.

Beberapa masakan yang direkomendasikan para jago gizi untuk menerima kandungan kalsium beberapa diantaranya yaitu keju, yogurt, susu, masakan sereal, dan susu kedelai.

2. Vitamin E


Nutrisi yang kedua yang diharapkan anak yaitu vitamin E. Menurut survei yang dilakukan oleh universitas Nebraska-Lincoln, dua pertiga anak kehilangan vitamin E harian mereka. Hal tersebut alasannya adalah anak-anak cenderung mengkonsumsi makanan berlemak yang mampu menjadikan dilema kesehatan karena tidak ada kersedianya kandungan vitamin E yang cukup untuk tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut Orang bau tanah harus memperhatikan kuliner yang dikonsumsi oleh anak, alangkah baiknya kalau anak diberikan kuliner yang mengandung vitamin E tinggi seperti buah-buahan termasuk alpukat, sayuran hijau seperti bayam, selai kacang, dan lain lain.

3. Serat


Jika makanan yang dikonsumsi anak tidak dicerna baik oleh badan maka tentunya hal tersebut bisa jadi duduk perkara karena pertumbuhan yang baik bagi anak dimulai dari sistem pencernaan yang sehat. Untuk membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan maka anak harus mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.

Para jago gizi menyarankan bahwa bawah umur harus menerima sekitar 19 hingga 25 gram serat setiap harinya kebutuhan serat pada anak hampir sama mirip kebutuhan serat pada orang cukup umur.

Untuk menerima sumber kuliner yang mengandung serat tinggi, maka orang tua bisa menunjukkan beberapa kuliner berikut diantaranya adalah buah-buahan mirip jeruk, apel, buah pir dan lain-lain. Sereal yang mengandung serat tinggi, kacang hijau, kacang polong, dan sayuran hijau lainnya juga baik untuk mendapatkan kandungan makanan yang kaya serat.

4. Potassium


Zat yang memiliki nama lain kalium yaitu salah satu dari 5 nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Kalium berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dan menjaga tekanan darah, Selain itu kalium atau potasium ini mampu membantu dalam kontraksi otot.

Untuk mendapatkan sumber kuliner yang mengandung potasium beberapa di antaranya ialah buah pisang, jeruk, ubi jalar yogurt, susu, tomat dll.

5. Zat Besi


Studi mengungkapkan bahwa 20 persen anak anak yang berusia 1 sampai 3 tahun mempunyai persoalan terhadap kekurangan zat besi di dalam tubuh. Kekurangan Zat besi biasanya sering terjadi pada anak-anak yang memiliki masalah kelebihan berat badan. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel di seluruh tubuh dan berperan dalam perkembangan otak. bila tidak maka anak mampu mendapatkan penyakit defisit dimana hal tersebut mensugesti dilema mencar ilmu dan sikap nya. Memiliki kadar zat besi yang rendah juga meningkatkan risiko keracunan timbal pada anak karena meningkatkan absorpsi timbal ke dalam ajaran darah.

Untuk terpenuhi nya asupan zat besi yang cukup maka para orang bau tanah harus menyediakan sumber makan yang cukup zat besi diantaranya ialah kuliner seafood seperti udang, daging sapi, daging ayam, kacangkacang dll.

Itulah diatas 5 Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak. Anak anak harus diperhatikan betul terkait dengan makanan yang di konsumsinya biar proses kembang tumbuh anak baik dan tidak ada problem kesehatan yang menghampirinya. Untuk itu sebagai orang renta kita harus memilah milih mana kuliner yang kaya kandungan gizi dan tidak. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: