Kandungan Dan Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Kandungan dan Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Alpukat merupakan buah yang mempunyai rasa yang lezat, namun selain itu ternyata juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Di postingan ini kita akan membahas mengenai nutrisi dan manfaat pada buah alpukat. Apa saja? berikut penjelasannya?

Alpukat dikenal memiliki nilai gizi dan manfaat kesehatan bagi tubuh, bahkan pembudidayaan buah ini sudah dilakukan sejak 8 ribu tahun sebelum masehi.

Buah alpukat yang memiliki nama Latin persea Americana yaitu tanaman asli yang berasal dari Amerika Tengah dan selatan. Sekarang buah alpukat bisa ditemui di wilayah wilayah tropis di seluruh negara di dunia termasuk Indonesia.

Biasanya orang orang mengkonsumsi buah alpukat dalam bentuk jus. Rasanya yang yummy ternyata dibarengi dengan kandungan nutrisi dan manfaat nya bagi kesehatan.

Berikut kandungan nutrisi pada 100 gram buah alpukat


Kalori - 167 Kcal
Air- 72.3 g
Karbohidrat - 8.6 g
Protein - 2 g
Serat - 6.8 g
Total Gula - 0.3 g
Total Lemak Jenuh - 2.1 g
Total Lemak Tak Jenuh - 9.8 g
Total Lemak Tak jenuh tunggal - 1.8 g

Vitamin A - 147 IU
Vitamin B1 (Thiamine) - 0.075 mg
Vitamin B2 (Riboflavin) - 0.143 mg
Vitamin B3 (Niacin) - 1.91 mg
Vitamin B6 (Pyridoxine) - 0.287 mg
Folate - 89 mcg
Vitamin C - 8.8 mg
Vitamin E - 1.97 mg
Vitamin K - 21 mcg

Potasium - 507 mg
Selenium - 0.4 mcg
Kalsium - 13 mg
Sodium - 8 mg
Fosfor - 54 mg
Magnesium - 29 mg
Zat Besi- 0.61 mg
Seng - 0.68 mg
Mangan - 0.1 mg

Sumber: USDA


Mitos Lemak Alpukat


Banyak yang menghindari mengkonsumsi buah apokat sebab mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Padahal bekerjsama kandungan lemak dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal adalah lemak baik. Buah alpukat memiliki hampir 90% Lemak ini.

Perlu kamu tahu bahwa lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan juga menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Selain itu jenis lemak pada buah alpukat yakni lemak poli hidroksilasi dan phytosterol yang memiliki manfaat dalam anti inflamasi. Kaprikornus mengkonsumsi buah alpukat dapat berdampak jelek bagi kesehatan tidaklah benar.

Manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah alpukat.


Alpukat mempunyai berbagai manfaat kesehatan bagi badan. Buah ini mempunyai kandungan karotenoid yang tinggi yang dapat diserap oleh badan dengan baik.

Emang udah nggak Pukat membantu badan dalam menyerap karotenoid dari sumber kuliner yang lain juga. Karotenoid bersama dengan komponen yang lainnya mirip fitosterol asam lemak omega-3 alkohol walau hidroksilasi mampu melindungi badan dari peladangan seperti penyakit reumatoid artritis.

Meskipun belum ada santunan  terhadap klaim tersebut banyak yang meyakini buah alpukat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu kandungan vitamin B yang dimiliki buah alpukat juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Selain itu buah alpukat bisa dimanfaatkan untuk kecantikan contohnya dengan menciptakan masker rambut dan wajah.

Itulah ia manfaat dan kandungan nutrisi dari buah alpukat.

Subscribe to receive free email updates: