5 Efek Dan Ancaman Memakai Charger Bukan Bawaan Smartphone

Efek Charger HP Tidak Original - Banyak kalangan para penguna hp yang sering menyepelekan hal ini, padahal charger tidak orisinil sangat mempengaruhi proses kinerja sistem pengisian, dikarenakan disetiap merek hp android sudah memiliki standar batas maksimum kekuatan ampere pengisian daya, sehingga dampak buruk memakai Charger bukan bawaan Handphonenya pasti terjadi.
 

Apabila anda menggunakan "charge smartphone atau HP yang palsu" yang terkadang memiliki kekuatan ampere yang sangat tinggi, efeknya pun akan sangat berpengaruh terhadap kondisi hp itu sendiri, mungkin bisa jadi hp cepat panas dikala dicas ataupun bisa juga bakal merusak kualitas baterai.

Banyak kerugian bila ngecas smartphone anda dengan charger handphone yang tidak ori atau asli bawaan. Hanya alasannya mempunyai bentuk port USB yang sama, tidak berarti Anda mampu ngecas smartphone Android dengan charger apapun. Masih banyak hal yang harus diwaspadai, mirip panjang port, lebar port, sampai daya besar di adaptor.

Salah satu imbas dari penggunaan charger non original akan membuat komponen kecil di dalam HP cepat aus. Disaat anda lupa membawa charger bukan berarti kau mampu ngecas smartphone Android dengan sembarang charger. Sebaiknya cari yang mempunyain tipe dan seri yang sama. 

Dampak Buruk Menggunakan Charger Yang Bukan Bawaan Smartphone

 

1. Sensitivitas Layar Berkurang/Kacau

Saat kau menggunakan adapter charger yang bukan bawaan smartphone, maka akan ada ketidaksesuaian arus listrik yang masuk. Jika arusnya tidak stabil, dampaknya mampu berakibat pada sensitivitas layar sentuh smartphone.

Apalagi kalau kamu sering memakai smartphone sambil di-cas. kau pasti pernah ngalamin ketika chatting sambil ngecas, ngetiknya jadi sering ngawur/loncat-loncat kan? Biasanya ini terjadi karena adanya arus listrik yang 'berlebih' ke layar. Hal ini biasa terjadi jika memakai charger palsu atau charger bukan bawaan.

2. Port USB Rusak

Sebagian besar smartphone Android masih memakai port USB 2.0. Hal ini menjadi laba tersendiri, alasannya kalau kabel charger rusak, bisa menemukan banyak kabel lain yang sama. Tapi tetap harus hati-hati, panjang dan lebar USB harus sama dengan yang orisinil. Karena kalau lebih panjang atau lebih lebar, akan merusak port USB smartphone kamu.

3. Charging Menjadi Lama

Rusaknya port USB smartphone akan menciptakan proses isi ulang baterai semakin usang. Tapi walaupun port USB smartphone kau tidak rusak, dikala memakai charger palsu/bukan bawaan pasti isi ulang jadi lebih usang alasannya arus listrik yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang asli.

Kamu bisa saja menggunakan charger lain yang mendukung fitur fast charging, tapi kembali lagi apakah semuanya sama dengan yang asli? Karena jikalau ukuran USB-nya tidak sama, tentu akan berimbas pada rusaknya port USB.

Rusaknya port USB ini akan memicu lamanya proses isi ulang smartphone di kemudian hari. atau rusaknya baterai sehingga terkadang pengisian malah lebih cepat/tidak masuk akal (baru di colokin datang-tiba eksklusif penuh hanya dengan waktu yang sebentar).

4. Baterai Semakin Boros

Selain pemakaian secara terus menerus dan berlebihan, baterai smartphone juga mampu aus jikalau sering dibiarkan ngecas dalam waktu yang usang. Karena aus, maka secara perlahan baterai pun semakin boros. Ingat, setiap jenis baterai mempunyai life circle. Semakin lama dicas, semakin cepat life circle-nya habis.

5. Smartphone Menjadi Panas Ketika Di-cas

Besar arus listrik yang mengalir ke dalam ponsel meningkat secara signifikan. Itulah yang menyebabkan HP jadi panas berlebih. Jadi, ponsel terasa agak panas ketika di cas bekerjsama ialah hal yang normal saja.apabila panas yang ditimbulkannya sangat berlebihan.

Namun demikian, apabila panas yang ditimbulkannya sangat berlebihan, sampai diatas suhu 60ºC, bahkan disertai wangi hangus, ini tentu saja hal yang tidak normal. Pasti ada sesuatu komponen atau rangkaian yang konslet.

Sebaiknya kurangi kebiasaan meminjam pengisi daya (Charger) atau pengisian daya menggunakan Charger yang tidak sesuai/bukan bawaan untuk menghindari beberapa penyebab yang sudah aku jelaskan diatas semoga hp anda tetap sehat dan tidak mengalami persoalan kerusakan hardware maupun software.

Demikian artikel perihal 5 Dampak Charger yang bukan Bawaan Smartphone, dampak ini telah scriptmobaterudate terapkan dimana batrai akan cepat rusak dan boros. biar ertikel bermanfaat dan tunggu artikel-artikel berikutnta.terimakasih

Subscribe to receive free email updates: