7 Tips Cara Memperbaiki Smartphone Terendam Air

Tips Memperbaiki HP Terendam Air, Terkadang banyak yang mengalami masalah " hp terendam air".  Pastinya setiap pengguna smartphon berharap ponsel miliknya tidak tercebur ke dalam air. Peristiwa seperti ini kadang juga terjadi sebab lalai atau sedang terburu-buru melakukan aktifitas di erat air. Saat di kolam renang kemudian di dorong teman masuk ke air dan HP masih di saku, mungkin anda akan menjadi panik alasannya itu HP kesayanganmu.


cara mengatasi hp kemasukan air,  Smartphone yang anda pegang terlepas dari tangan atau ketika HP di saku baju sehingga jatuh ke dalam air alias hp 'nyemplung' ke dalam air. Saat anda menaruh smartphone di dekan gelas yang berisi air dan tanpa sengaja tersengol dan air tumpah ke smartphone anda. Jika mengalami insiden ini jangan panik, namun segeralah memgambil langkah-langkah cepat untuk menyelamatkan Smartphone tersebut. Ambil kembali Smartphone dan lepas baterai di dalamnya.

Cara mengatasi "handphone terendam air" dengan melepas baterai merupakan langkah pertama dan harus anda lakukan untuk mencegah ponsel mengalami kerusakan yang parah. Namun bagi yang memiliki smartphone baterai non removeble maka secara cepat matikan ponsel tersebut. Selanjutkan kita akan memperbaiki ponsel tersebut dengan servis ringan.

"HP tercebur air solusi "
Saat ini banyak juga ponsel berilmu yang telah dibekali sensor air. Bagi yang mempunyai ponsel cerdas mirip ini yang memiliki sensor otomatis apabila terkena air sebagai sistem proteksinya, dimana perubahan daya secara datang-tiba akan menimbulkan ponsel padam secara otomatis. Jadi, jangan panik ketika smartphone kamu tidak menyala apabila terkena air.  Bagaimana hp Terendam air ?

Cara Mengatasi Smartphone yang terendam air mampu Anda lakukan sendiri di rumah. Meskipun anda tidak mengerti ihwal komponen-komponen smartphone.Anda tidak mengerti metode checksum ic flash maupun eprom yang ribet namun anda bisa mengatasinya . Untuk memperbaiki ponselmu sehingga normal kembali, ikuti Langkah-langkah gampang di bawah ini.


6  Tips dan Trik Mengatasi HP Terendam Air

Mengatasi hp terendam ke dalam air agar tidak rusak, trik cara perbaiki hp ponsel terjatuh ke air agar kartu memory card baterai hp tidak rusak. Adanya IC-Power yang tertanam dalam smartphone mencegah kerusakan fatal dikala ponsel lembap oleh air. Dengan cepat melepas baterai, HP punya peluang untuk diselamatkan.

Namun ponsel yang terendam air dalam waktu usang akan berakibat baterai menjadi kembung, alasannya yaitu arus listrik terbendung dalam microchip. Mungkin juga power-ic dan ic-flash menjadi rusak, jikalau baterai punya kualitas yang anggun. berikut ini yaitu tutorial mengatasi HP terkena air. Simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Copot dan Keluarkan baterai di dalamnya

Untuk mencegah tumpukan daya listrik dalam micro-chip, segera lepas baterai ponsel. Ini merupakan langkah pertama yang harus andalLakukan dengan cepat, jikalau tidak ingin kerusakan ponsel makin parah. Apabila smartphone anda berfitur baterai non removable maka segare pencet tombol shut down untuk mematikan smartphone anda.

2. Copot dan Lepaskan LCD Smartphone

LCD yang terkena air dalam waktu usang akan menjadikan bercak hitam atau dot di layar ponsel. Buka sekrup dengan obeng khusus, lepaskan PCB dari casing dengan hati-hati. Guyur PCB dengan thinner impala atau cairan sejenis. Langkah ini memiliki kegunaan untuk mencegah karatan (korosi).

Selanjutnya hidupkan blower dengan suhu sedang, biarkan angin menerpa komponen ponsel pada jarak sejengkal. Tunggu selama beberapa menit. Sebagian orang melakukan proses pengeringan dengan menimbun dalam tumpukan beras kering. Cukup masuk akal, alasannya adalah ialah beras merupakan elektrostatis yang manis, yang mampu menyerap kelembaban.

3. Jemur Baterai Hingga Kering

Taruh baterai ponsel yang sudah dilepas di bawah sinar matahari selama sejam. Jangan jemur baterai terlalu lama, alasannya adalah yaitu polaritas cell akan berkurang.

4. Copot Terlebih dahulu SIM Card dan Memori Eksternal

Cabut Micro Sd dan SIM card dari masing-masing slot. Panaskan dengan menaruhnya di bawah sinar matahari hingga kering, jangan kelamaan.

5. Timbun smartphone dengan kertas

Menimbun smartphone dengan kertas,  karena kertas memiliki sifat elektrostatis yang berkhasiat di dalam menyerap air yang mungkin masih tersisa pada hp anda. Selain itu, memakai kertas juga bertujuan untuk mengurangi tingkat kelembapan yang mungkin menjadi salah satu penyebab hp anda tidak nyala. Namun bergotong-royong cara ini sebagai cara tambahan saat anda masih belum yakin bahwa semua air sudah kering pada ketika anda mengeringkan smartphone anda tersebut.

6. Hidupkan Smartphone

Pasang kembali spare part ke tempatnya. Untuk chasing sanggup kamu pasang nanti saja. Coba nyalakan hapemu, tanpa chasing. Jika ponsel bekerja dengan normal, silahkan pasang chasing. Jika tidak hidup, bawa smartphone ke tukang service hape.

7. Checksum ic flash

Untuk profesional, perbaikan ponsel yang rusak jawaban terendam air sanggup dilakukan dengan membaca log hexadeximal dan checksum ic flash. Metode ini dilakukan dengan cek 1st boot dan 2th-boot. Selanjutnya harus dilakukan backup data ibarat super user area, eeprom, gdfs zone, dan uem. Terakhir adalah repair firmware atau dengan melakukan flash. Tapi cara ini tidak ditujukan bagi kamu yang belum memahami teknik ini.

Demikian artikel scriptmobaterudate perihal tip dan "Tips mengatasi HP baterai tanam terendam air" . supaya bermanfaat bagi pembaca apabila terjadi kerusakan serium maka bawa ke servis smartphone terpercaya. Sekilah tutorial mengatasi HP yang terendam air, handphone jatuh terendam air. Tunggu artikel menaik lainya di scriptmobaterudate. Terimakasih
Kata Kunci :  Smartphone Terendam Air, HP Terendam Air

Subscribe to receive free email updates: