9 Cara Menghemat Kuota Internet Di Ponsel Android

Setiap pengguna android pastinya tidak ingin kehabisan kuota internet, karena yaitu tanpanya apalah arti smartphone sebagus apapun. Benar, bukan? Dengan koneksi internet pada ponsel arif, kau mampu saluran banyak sekali gosip penting yang disajikan oleh media online. Paling penting, kuota internet memiliki kegunaan untuk berinteraksi lewat BBM, whatsapp, line, facebook, dan aplikasi chatting lainnya.


Dengan semakin banyaknya manfaat dan kelebihan yang ditawarkan jaringan internet memang lalu banyak membuat banyak orang tertarik memanfaatkannya. Mulai dari mencari peran sekolah, curhat di media sosial, sampai negblog dan berjualan via toko online merupakan beberapa kegiatan yang mampu dikerjakan dengan menggunakan jaringan internet.

Beragam kemudahan dan kecepatan ini risikonya menjadikan internet banyak disukai penggunanya makin bertumbuh setiap tahunnya. Namun, dengan kekuatan teknologi yang hakiki sudah enggak perlu dikhawatirkan lagi soal kehabisan kuota. Itu karena telah banyak cara untuk menghemat paket data internet. Kaprikornus kali ini Boombastis akan mengulas beberapa cara untuk irit kuota internet kalian.

Masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna android ialah kuota internet cepat habis. Padahal kita merasa jarang browsing atau mengunduh file-file berukuran besar. Tentunya situasi ini bikin kau merasa sebel dan kesal. Jadi, pertanyaannya yakni bagaimana cara menghemat kuota internet? Tenang saja, pada kesempatan ini "scriptmobaterudate" akan bagikan tips agar kuota data tidak boros

9 Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android

Maka dari itu untuk Anda yang akan merencanakan sering berselancar di dunia maya, Anda harus mengetahui beberapa trik dan tips untuk mampu menghemat kuota internet. Lalu mirip apakah tips ampuh untuk menghemat  kuota internet tersebut? Berikut Selain main game online dan streaming video yang menghabiskan kuota data dalam jumlah besar, ada beberapa tips untuk menghemat kuota internet ibarat berikut ini:

1. Aktifkan notifikasi dari aplikasi yang sering digunakan saja

Dengan mematikan notifikasi dari aplikasi yang jarang dipakai, akan meminimalisir penggunaan kuota internet. Aktifkan notifikasi pada aplikasi yang penting saja. Caranya, pergi ke menu pengaturan (setting) - kelola aplikasi (Manager Apps) - hilangkan tanda centang pada aplikasi yang akan dibentuk menjadi non aktif.

2. Gunakan satu aplikasi chatting

Mungkin jikalau hanya satu aplikasi chatting, kurang seru. Tapi perlu kau ketahui bahwa pemasangan banyak aplikasi chatting tentu akan menyedot kuota data di android. Apakah kamu sudah pasang BBM di smartphone? Jika iya, kenapa harus memasang Whatsapp, Line, dan lainnya? Padahal fitur di dalamnya tidak jauh berbeda, bukan? Tapi terserah kamu, bila tetap ingin memasangnya.

3. Pilih browser yang hemat data

Bagi kau yang selalu browsing di internet setiap saat, gunakan peramban yang dilengkapi dengan kompres data. Chrome memang peramban yang kaya fitur, tapi cobalah menggunakan Opera mini untuk lebih menghemat pemakaian kuota data.

4. Buat sinkronisasi menjadi tidak aktif

Berbagai layanan Google selalu meminta untuk melakukan sinkronisasi akun pengguna. Kamu mampu mematikan sync layanan yang jarang digunakan, untuk menghemat kuota internet di ponsel arif.

Non aktifkan juga sinkronisasi pada akun selain Google, jikalau kau tidak terlalu membutuhkannya. Langkahnya, buka menu setting - account - lalu pilih akun yang akan dibuat sinkronisasi tidak aktif. Setting ini akan mencegah aplikasi terhubung ke jaringan internet secara otomatis.

5. Batasi pemakaian data

Seringkali program memakai smartphone yang tersambung ke jaringan internet dilakukan dalam durasi lama. Kadang kau terlalu asyik browsing atau chatting tanpa ingat waktu. Tiba-datang kuota data habis, padahal baru saja dibeli. Untuk membatasi penggunaan kuota internet, silahkan buka pengaturan (Setting) - penggunaan data (Data usage) - data seluler (Celular data) - atur data limit untuk memberikan batas kuota yang mampu digunakan.

6. Turunkan kualitas streaming

Jika kau sering memakai layanan streaming musik dan video mirip Netflix maupun Spotify, sebaiknya kurangi kualitas streaming biar kuota internet tidak cepat habis.

7. Uninstall aplikasi yang jarang digunakan

Periksa aplikasi yang boros kuota. Caranya, masuk ke sajian setting - penggunaan data - lalu lihat pada grafik, aplikasi manakah yang boros kuota data. Uninstall saja aplikasi tersebut, jika kau rasa tidak terlalu sering dalam menggunakannya.

8. Matikan Auto-Update pada Playstore

Fitur auto update secara default diatur dalam posisi aktif. Hal ini digunakan oleh Playstore untuk pembaruan versi game atau aplikasi yang terpasang di ponselmu. Untuk mematikan fitur ini, silahkan baca artikel sebelumnya: Cara Mematikan Auto Update Pada Android.

9. Matikan data seluler ketika tidur

Penggunaan kuota internet lebih ekonomis dengan mematikan data seluler menjelang tidur malam. Cara ini mampu menghemat kuota data sampai 20 persen. Caranya dengan buka opsi setting - penggunaan data - hapus centang pada data seluler. Kamu sanggup aktifkan kembali data seluler pada esok harinya.

Demikian artikel scriptmobaterudate tentang 9 cara unttuk menghemat kuota internet pada android agar tidak cepat habis. Bagikan artikel ini dan biar bermanfaat bagi pembaca dan selahkan bagikan kepada teman-sobat anda, semoga temanmu juga tidak boros dalam menggunakan kuota internet di ponselnya.Terimaksih

Subscribe to receive free email updates: