3 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Mampu Dibuka

Cara mengatasi google play store yang tidak mampu dibuka untuk semua ponsel android - Google play store di hampir semua smartphone dengan sistem operasi android pada umumnya merupakan sebuah aplikasi bawaan, jadi ketika ponsel  dalam kondisi baru dan pertama kalig digunakan, aplikasi google play store ini sudah ada, namun untuk beberapa merk hp dengan rom tertentu terkadang google play store juga harus diinstal sendiri.

Cara mengatasi google play store yang tidak mampu dibuka untuk semua ponsel android 3 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Google play store ialah aplikasi buatan google yang berfungsi untuk mencari dan menginstal aplikasi berbasis android, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan update aplikasi android yang sudah terinstal, kalau update sudah tersedia.

Tapi sayangnya walaupun aplikasi google play store sudah tersedia secara bawaan, untuk beberapa pengguna hp android ada saja yang mengalami permasalahan yang berkaitan dengan google play store ini, salah satu permasalahan yang paling umum dialami oleh beberapa pengguna andaroid ialah google palystore fi perangkat miliknya tidak mampu dibuka.

Memang banyak permasalahan -permasalahan google play store, dan setiap permasalahan biasaya ada solusinya, permasalahan umumnya mampu terjadi karena ada pengaturan yang salah, alasannya adalah akun google terhapus sehingga goole play store tidak aktif, google play store tidak bisa download, dan permasalahan lainnya.

Khusus untuk anda yang sedang mengalami permasalahan dengan google play store  yang tidak bisa dibuka, maka di artikel kali ini aku akan coba uraikan solusi untuk memperbaikinya.

Google play store tidak mampu dibuka, ini solusi mampu anda coba

Ada beberapa cara yang bisa anda untuk memperbaiki aplikasi google play store yang tidak bisa anda buka, beberapa solusi berikut mampu anda coba satu persatu. Beberapa cara ini mampu anda coba untuk semua merk hp android, baik oppo, samsung, xiaomi, asus zenfone, lenovo dan brand hp lainnya.

Cara memperbaiki aplikasi google play store yang tidak bisadi buka:

Cara ke #1 - Aktifkan zona tanggal dan waktu otomatis

Cara pertama yang mampu anda tempuh untuk memperbaiki google play store yaitu dengan mengecek tanggal dan waktu di hp androd anda.

Cara mengecek konfirugasi tanggal dan waktu yaitu sebagai berkut:

a. Masuk ke setelan / settings

b. Cari tanggal dan waktu, silahkan aktifkan tanggal dan waktu otomatis juga zona waktu otomatis, semoga selalu menyesuaikan dengan waktu provider.

Cara mengatasi google play store yang tidak mampu dibuka untuk semua ponsel android 3 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka


c. Jika sudah diperbaiki coba restart hp android anda, kemudian silahkan coba buka aplikasi google play store

Untuk beberapa kasua cara ini bisa memperbaiki aplikasi google play store yang tidak bisa dibuka sehingga mampu berjalan dengan normal.

Jika cara ini tidak berhasil anda bisa mencoba cara kedua

Cara ke #2 : coba bersihkan data dan cache untuk aplikasi google play store

Jika cara pertama gagal dan masih belum bisa memperbaiki aplikasi google play store anda, anda mampu menempuh cara ini adalah dengan mencoba memberisahkan data dan cache aplikasi google play store.


Untuk menghapus data dan cache, silahkan masuk ke bagian setelan / settings > System apps / aplikasi > pada halaman daftar aplikasi, pilih tab semua kategori / all, lalu cari google play store, lalu silahkan paksa berhenti terlebih dahulu, gres kemudian menghapus cache dan data mirip pada gambar di bawah untuk Play Store dan Layanan Google Play.

Cara mengatasi google play store yang tidak mampu dibuka untuk semua ponsel android 3 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka


Silahkan restart hp android anda, lalu buka kembali aplikasi google play store, beberapa perangkat android dengan melaksanakan cara ini mampu memperbaiki aplikasi google play store yang tidak mampu dibuka.

Cara ke #3 - Perbaiki dengan google installer

Jika cara di atas ternyata masih belum mampu memperbaiki aplikasi google play store di perangkat android anda, maka alternatif lainya yang bisa anda coba yakni dengan menginstal kembali semua sistem yang berkaitan dengan google play store memakai aplikasi google instaler.


Terkadang penyebab kenapa google play store tidak bisa dibuka mampu disebabkan oleh adanya beberapa aplikasi pendukung yang corupt atau belum diinstal, mirip google play service dan lain sebagainya, oleh karena itu, untuk memastikan aplikasi-aplikasi tersebut terinstal, maka anda mampu melaksanakan instal ulang google play store melalui google instaler.

Langkah-langkah instal google instaler ialah sebagai berikut:

1.  Gunakan komputer atau hp android lain yang anda miliki

2.  kemudian cari dan download aplikasi google instaler.

3. Aktifkan unknown resource di hp android anda, biar hp mampu melaksanakan istal file apk yang bersumber dari luar google play store.

4. Pindahkan file google instaler ke hp android anda, simpan di memory internal, kemudian silahkan jalankan instaler, pastikan semua aplikasi yang ditawarkan oleh google instaler anda instal seluruhnya.

Silahkan restart hp android anda, kemudian coba jalankan aplikasi google play store, di beberapa brand hp xiaomi yang kebetulan mempunyai duduk problem tidak bisa membuka aplikasi google play store cara ini berfungsi dengan baik dan bisa memperbaiki permasalahan di atas.

Itulah beberapa cara yang mampu anda tempuh dikala aplikasi google play store di perangkat xiaomi anda tidak bisa dibuka, agar dengan mencoba salah satu cara di atas mampu memperbaiki aplikasi google play store di perangkat android anda sehingga bisa dipakai secara normal.

Subscribe to receive free email updates: