Bagi Yang Belum Mengisi Sensus 2020? Berikut Simak Cara Mendaftar Sensus Penduduk Secara Online 2020

Fidhatips - Saat ini masyarakat Indonesia digalakan untuk mengisi sensus penduduk secara online, namun mungkin masih ada yang bertanya-tanya, apasih sensus penduduk itu ? dan apakah sensus penduduk penting. Fidhatisp kali ini akan menjelaskan tentang apa itu sensus penduduk 2020 secara online.

Apa itu sensus penduduk ? Sensus penduduk ialah suatu sistem pendataan yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya untuk memetakan kondisi penduduk Indonesia ketika ini, dan sudah barang tentu bahwa sensus penduduk itu penting sebagai media pendataan masyarakat Indonesia.

Kapan Sensus Penduduk dimulai? Mungkin banyak juga yang bertanya-tanya kapan sensus penduduk itu mulai dilakukan dan Sudah berapa kali sensus penduduk ini dilakukan. Sensus penduduk pertama kali dilakukan pada tanggal 1961 dan yang terakhir pada tahun 2010. Saat ini akan dilakukan sensus penduduk kembali pada tahun 2020.

Apa sih tujuan sensus penduduk?  Sensus penduduk 2020 ini untuk pertama kalinya dilakukan secara online. Ada dua tujuan dilaksanakannya sensus penduduk ini, yaitu
  1. Untuk memperoleh data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia untuk menuju satu Dara kependudukan Indonesia.
  2. Sebagai penyedia parameter demografi dan proyeksi penduduk serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.
Batas Waktu Sensus Penduduk 2020 Online ? batas waktu mengisi sensus penduduk 2020 online ini sesuai dengan aba-aba pemerintah yaitu pengisian atau pendataan sensus penduduk secara online ini dilakukan sejak tanggal 15 februari 2020 sampai 31 maret 2020 namun terhalang dengan merebaknya vuris covid 19 maka sensus penduduk diperpanjang sampai 29 Mei 2020

Cara Mendaftar Sensus Penduduk Secara Online

Berikut ini ialah tahap-tahap atau langkah-langkah pendaftaran sensus penduduk secara online.
  1. Pertama-tama siapkan KTP, KK (kartu keluarga), akte akad nikah atau perceraian (kalau ada).
  2. Kemudian buka laman sensus bps pada https://sensus.bps.go.id
  3. Login atau masuk dengan mengisi data nomor induk kependudukan (NIK) yang tertera pada KartuTanda kependudukan (KTP) dan Nomor kartu keluarga (KK). Disini tuliskan arahan acak (chaptcha) dan pilih cek eksistensi.
  4. Buat password yang berlaku untuk semua anggota dalam satu kartu keluarga (KK). Makara dalam satu KK hanya perlu satu password yang sama.
  5. Pilih pertanyaan pengamanan keamanan data. Disini akan disediakan sebanyak 22 pertanyaan dasar, mirip nama, tempat dan tanggal lahir, agama, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan dan sebagainya. Isi tiap pertanyaan dengan data sebenar-benarnya, sesuai kondisi dikala ini.
  6. Pastikan tidak ada pertanyaan yang dilupa atau dibentuk kosong.
  7. Pilih kirim
  8. Terakhir, penting unduh atau download bukti pengisian SP2020 sebagai bukti telah melakukan pengisian SP2020.
Jika kalian mengalami kendala atau problem dalam memasukkan data, kalian mampu mencoba memasukkan data sebanyak tiga kali. Dan jika masih tetap mengalami masalah dalam pengisian data, maka silahkan tunggu petugas sensus penduduk tiba ke rumah kalian.

Cara Edit Apabila Terjadi Kesalahan Data Pengisian SP2020

Untuk kalian yang tidak berhasil atau kesalahan dalam meninput data sensus penduduk 2020 (SP2020), kalian mampu mengedit kembali dengan melaksanakan tahap di bawah ini.
  1. Keluar atau Logout dari akun kalian
  2. Kemudian, masuk kembali dengan cara yang sama. Mengisi NIK, KK, dan sebagainya.
  3. Pada bab hidangan sebelah kiri pilih clear password.
  4. Buat password baru yang berbeda atau tidak sama dengan password sebelumnya.
  5. Saat itu data sebelumnya yang Anda masukkan akan terhapus dan kalian diwajibkan untuk mengisi kembali data kalian dari awal secara benar dan lengkap.
  6. Terakhir jangan hingga lupa untuk mengunduh atau mendownload bukti pengisian SP2020 sebagai bukti bahwa Anda sebagai warga negara yang baik telah ikut serta dalam Sensus Penduduk 2020.

Daftar Pertanyaan Sensus Penduduk 2020 Yang Harus di Isi.

Secara umum data pengisian SP2020 terbagi ke dalam empat variable data, yaitu individu, pendidikan, pekerjaan, dan perumahan. Berikut ini yakni daftar pertanyaan pada pengisian sensus penduduk 2020 (SP2020).


Data Individu, yang termasuk dalam kategori data individu adalah, diantaranya yakni.

  • Nama lengkap
  • NIK
  • Alamat
  • Lama periode tinggal pada alamat dikala ini
  • Jenis kelamin
  • Tempat dan Tanggal Lahir (TTL)
  • Kewarganegaraan
  • Suku bangsa
  • Agama
  • Bahasa yang digunakan
  • Status hubungan dengan kepala keluarga
  • Status perkawinan


Data Pekerjaan, yang termasuk dalam kategori data pekerjaan adalah, diantaranya adalah.

  • Kegiatan yang biasa dilakukan
  • Pekerjaan
  • Status pekerjaan
 

Data Pendidikan, yang termasuk dalam kategori data pendidikan adalah, diantaranya ialah.

  • Ijazah atau pendidikan terakhir.


Data Perumahan, yang termasuk dalam kategori data perumahan adalah, diantaranya ialah.

  • Status kepemilikan rumah yang ditempati ketika ini.
  • Listrik
  • Sumber air minum
  • Kepemilikan jamban
  • Jenis lantai terluas
Kalian bisa juga menambahkan data anggota baru yang belum tercatat. Pastikan mengisi keterangan individu secara lengkap dan terperinci. Penambahan anggota keluarga baru mampu dilakukan pada laman Daftar anggota keluarga, yang terletak pada baris paling bawah di daftar nama anggota keluarga.

Cara Partisipasi SP2020 Secara Offline

Jika kalian tidak tahu atau tidak bisa menggunakan daftar sensus penduduk secara online ini, maka kalian dapat melakukannya secara offline.

Untuk masyarakat yang lupa atau belum mengisi data secara online hingga batas selesai, maka mampu menunggu petugas sensus penduduk mendatangi kalian secara door to door pada bulan Juli 2020.

Petugas sensus akan mendata melalui wawancara, sementara pencatatan data dapat dilakukan melalui smartphone atau gadget dan kertas kuesioner.

Demikian artikel sekilas ihwal pengisian sensus penduduk secara online, semoga artikel memiliki kegunaan dan membantu anda dalam pengisian, apabila terjadi kesulitan pengisian atau trouble bisa eksklusif lihat  di situs resminya di  https://sensus.bps.go.id.  namun bagi yang belum mendaftar tunggu petugas sensus yang akan mendatangi anda, sukseskan sensus penduduk 2020. terimakasih

baca juga artikel serupa di Fidhatips

Subscribe to receive free email updates: