Apa Itu Lucid Dreaming?

Apa itu lucid dreaming? sebelum menjawab pertanyaan tersebut, coba bayangkan anda berada di dalam dunia dimana anda bisa mengalahkan rasa takut, pergi ke tempat dimanapun yang anda inginkan, mendapatkan pengalaman luar biasa yang tidak pernah dialami sebelumnya, bahkan menjalin relasi dengan seseorang yang anda sendiri tidak mampu mempunyai nya.

Terdengar mirip hayalan memang, tapi hal yang mustahil pada kenyataannya sangat mungkin terjadi melalui lucid dream.

Pada postingan kali ini scriptmobaterudate.blogspot.com akan menawarkan panduan


Saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum wacana lucid dream dan mendiskusikan teknik untuk mempraktikkan lucid dream, tips trik dan hal-hal yang diperlukan untuk memulai lucid dream bagi pemula

Didalam dunia lucid dream, aturan fisika tidak berlaku. jadi penjelajah mimpi akan menemukan hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, tapi sebelum itu mari kita memahami apa bahwasanya lucid dream.

Di postingan ini hal pertama yang perlu dipelajari adalah pemahaman mengenai lucid dream itu sendiri. Jadi simak penjelasannya berikut ini

Apa itu lucid dreaming


 coba bayangkan anda berada di dalam dunia dimana anda bisa mengalahkan rasa takut Apa Itu Lucid dreaming?
image via: gedomenas.com
Pengertian lucid dream bergotong-royong sangat sederhana, lucid berarti sadar dan dream berarti mimpi, jadi lucid dream berarti mimpi sadar. Maksudnya anda sadar dikala berada ditengah mimpi.

Coba tanya pada diri anda sendiri apakah ketika ini anda sudah berdiri dari tidur? Apakah anda sadar bahwa anda sudah terbangun dari tidur? Jika iya, maka anda sedang dalam keadaan sadar. Jika anda menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut dikala bermimpi, dikala berada ditengah mimpi, dan menyadarinya ketika itulah anda berada dalam keadaan lucid dream.

Menurut penjelasan dari wikipedia
Mimpi sadar atau lucid dream ialah suatu kondisi dimana seseorang sadar bahwa dirinya sedang bermimpi. 
Istilah ini pertama kali dikemukakan oleh seorang penulis sekaligus psikiater berjulukan Frederik Willem van Eeden (1860–1932) seseorang berkebangsaan Belanda.

Lucid dream dapat dilakukan melaui dua cara;

1.Dream Initiated Lucid Dreaming (DILD)

Cara pertama yaitu DILD yakni keadaan sadar seseorang dikala berada ditengah mimpi nya. Biasanya ini lebih sering terjadi pada banyak orang, mampu dikatakan sebuah kebetulan.

2.Wake Initiated Lucid Dreaming (WILD)

Cara yang kedua justru sebaliknya, terjadi secara di sengaja. Yaitu dengan melakukan cara tertentu untuk mencapai keadaan lucid dream mirip penggunaan obat, alat, atau metode/teknik tertentu.

Lucid dream telah diteliti secara ilmiah dan memang sudah diakui kebenarannya oleh para hebat bahwa memang benar adanya.

Biasanya seseorang mengalami lucid dream secara aktif ataupun pasif. yang paling sering secara aktif yang berarti anda bisa menciptakan sesuatu dan mengendalikan mimpi. Ini dapat menjadi hal yang sangat menyenangkan dan penuh petualangan, hal tersebut lah yang kebanyakan orang fikirkan dikala mereka mendengar kata "lucid dream." Jika lucid dream pasif maka anda hanya sadar bahwa anda berada di dalam mimpi namun hanya bisa menyaksikan peristiwa mimpi tapi mampu mengendalikan diri anda sendiri atau menciptakan sesuatu terjadi.

Dr. Keith hearn ( University of Hull ) pada tahun 1975 melaksanakan penelitian kepada beberapa orang mengenai lucid dream, penelitian tersebut mengungkapkan adanya kondisi mimpi yang berbeda dari mimpi biasa ialah munculnya acuan gerakan mata secara terus menerus (REM) saat tidur.

Alat penelitiannya menunjukan adanya sinyal otak yang aktif dan fikiran sadar ketika tertidur. Dari situ penelitian ihwal Lucid Dream terus berkembang hingga ketika ini.

Bukan itu saja, ratusan bahkan sampai ribuan tahun usang nya dalam beberapa tradisi mirip Tibetan, Sangoma afrika , Toltec Mexico, hingga agnostic telah membahas soal lucid dream ini. Masing-masing tradisi mempunyai istilahnya tersendiri namun mempunyai penjelasan yang sama.

Lucid dream yang berkembang di dunia barat sekarang lebih mengarah kepada;

  • Mengeksplorasi pikiran bawah sadar untuk terapi diri,
  • Meningkatkan kreatifitas, 
  • Mengembangkan potensi diri, 
  • Mempraktikan energy healing

Perlu diketahui bahwa alam bawah sadar mempengaruhi sikap kita sehari-hari. Dengan melaksanakan Lucid Dream merupakan cara terbaik untuk masuk ke alam bawah sadar dibandingkan metode lain. Karena didalam kondisi Lucid Dream dimana badan fisik kita tertidur namun pikiran kita mempunyai kesadaran yang sangat tinggi.

Apa yang terjadi dikala kita mulai sadar ditengah mimpi?


Welcome to the new world !! Kita memasukan alam pikiran bawah sadar kita secara konkret didalam mimpi. Semua yang kita lihat dan rasakan seperti dunia kasatmata, yang membedakannya yakni lucid dream merupakan proyeksi alam bawah sadar, jadi kita bebas melakukan apapun tanpa batasan di dunia lucid dream. Pikiran bawah sadar bantu-membantu menyimpan banyak gosip yang bisa kita jelajahi melalui lucid dream.

Lain halnya dengan tradisi-tradisi kuno di berbagai daerah. Di Tibet Lucid Dream atau biasa disebut dengan dream untuk yoga lebih dimanfaatin sebagai salah satu cara menuju pencerahan (enlightenmen) , pratik spiritual, bertemu makhluk-makhluk yang sudah tercerahkan hingga berlatih mempersiapkan maut dan semacamnya.

Tentunya Lucid Dream tidak sama persis dengan dream yoga, namun Lucid Dream merupakan praktek awal yang baik dalam mempelajari dream yoga. Namun dream yoga didalam tradisi Buddhism Tibet merupakan bab fatwa tantra atau biasa disebut anutan rahasia dimana pengajaran yang diberikan tidak sembarangan.

Untuk melanjutkan pembahasan mengenai lucid dream lebih jauh silahkan di cara lucid dream untuk pemula dan 7 manfaat Lucid dream. Baca juga artikel lainnya di related posts untuk menambah pengetahuan anda mengenai lucid dream.

Subscribe to receive free email updates: