Cara Lucid Dream Mudah Untuk Pemula

Setelah anda mengetahui beberapa hal dari postingan sebelumnya mengenai Apa Itu Lucid Dreaming dan Manfaat Lucid Dream, kita akan melanjutkan ke langkah langkah bagaimana cara melaksanakan lucid dream mudah untuk pemula.

 Setelah anda mengetahui beberapa hal dari postingan sebelumnya mengenai  Cara Lucid Dream Mudah Untuk Pemula

Di postingan ini scriptmobaterudate.blogspot.com akan menyiapkan langkah dasar untuk mengetahui bagaimana cara melaksanakan lucid dream. Setelahnya kita akan membahas beberapa pertanyaan umum atau FAQ mengenai lucid dream dan apa saja dilema yang dihadapi dikala menerima lucid dream untuk pertama kalinya.

Jika anda ingin pribadi ke halaman pertanyaan umum klik!


Kita lanjutkan ke pembahasan awal mengenai lucid dream.

Seandainya lucid dream mudah tanpa latihan dan praktik secara konsisten pastinya tidak akan ada kursus kursus, seminar atau buku panduan yang membahas cara melaksanakan lucid dream.

Tapi kalau anda bertanya apakah saya mampu melakukan lucid dream? Jawabannya mampu, siapapun bisa melaksanakan lucid dream, tapi memang membutuhkan latihan, pengabdian yang tinggi, dan yang paling penting yaitu kesabaran. Jadi untuk anda yang tidak sabaran lebih baik berhenti saja sampai disini.

Seseorang yang menerima lucid dream bukanlah soal keberuntungan, skill atau level kecerdasan tertentu yang dimiliki; tapi siapa yang berlatih secara serius dan mencari tau teknik-teknik yang sesuai maka sudah pasti akan menerima hasil yang sesuai pula. Jangan lupa kata kata proses tidak akan menghianati hasil. Makara nikmati proses nya jangan terburu buru.

Dibawah ini cara lucid dream gampang untuk pemula


 Setelah anda mengetahui beberapa hal dari postingan sebelumnya mengenai  Cara Lucid Dream Mudah Untuk Pemula

Langkah 1: Mengingat mimpi


Untuk menerima lucid dream, hal pertama yang perlu di pelajari yakni mengingat mimpi, kenapa? alasannya lucid dream ialah keadaan sadar. Keadaan sadar ketika berada di tengah mimpi disebabkan karena anda tahu ada hal hal didalam mimpi yang pernah anda alami sebelumnya. Misalnya kondisi lingkungan sekitar, orang-orang, benda, dan hal ajaib yang tidak ada di dunia positif.

Jika anda tidak ingat mimpi apa semalam, anda tidak akan bisa masuk ke dalam mimpi sadar atau lucid dream.

Baca: Cara gampang mengingat mimpi semalam

Semakin anda dapat mengingat mimpi, semakin gampang pula melakukan lucid dream. Orang-orang yang melakukan lucid dream dengan frekuensi yang sering, mengatakan mereka mampu mengingat mimpi sebanyak 3-4 mimpi setiap malamnya.


Inilah 6 tips untuk membantu mengingat mimpi

1.  Membuat jurnal mimpi

Letakan sebuah buku catatan di samping daerah tidur dan tulis secepat yang anda ingat saat anda bangkit. Menulis di buku catatan sangat disarankan dibanding menulis nya di komputer alasannya adalah dikala anda menghidupkan computer, membuka dokumen, dan mengetik itu hanya akan menciptakan otak lebih sadar dan malah mampu menciptakan lupa mimpi apa yang baru saja dialami.

Jika anda mengingat banyak mimpi, tulis kata kuncinya terlebih dahulu kemudian tuliskan rincian dari kejadian mimpi tersebut. Tulislah sebanyak mungkin gosip mimpi yang dialami sebelum fikiran anda tersadar lebih jauh. Istilahnya tulislah sebelum semua ruh menyatu ke dalam badan.

2. Menggunakan perekam suara

Bagi sebagian orang menulis di jurnal mimpi justru menciptakan lupa mimpi apa yang baru saja dialami. Mungkin alasannya efek cahaya lampu atau tubuh yang bergerak untuk mengambil alat tulisnya. Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara lainnya ialah dengan memakai perekam suara.

Dengan memakai jurnal audio mimpi mirip perekam bunyi di smartphone, anda mampu lebih mudah menjelaskan mimpi yang dialami dengan keadaan lampu mati dan tidak perlu banyak bergerak. Ini bisa jadi cara yang lebih ampuh dibanding menulis lewat buku.

3. Mengatur alarm untuk berdiri lebih awal

Jika sama sekali tidak ingat mimpi apa yang dialami. Bisa saja alasannya adalah anda masuk ke dalam fase mimpi yang terlalu dalam atau istilahnya deep sleep.

Kebanyakan orang bermimpi ketika dini hari dan cara paling ampuh untuk mengingat mimpi adalah memaksa untuk bangkit di waktu tersebut. Caranya atur alarm satu jam sebelum biasanya anda bangkit. Jika berhasil dan anda bisa ingat mimpi yang dialami, jangan lupa menulisnya di buku jurnal ataupun audio perekam.

Lalu bagaimana jikalau kita merasa tidur kita tidak ada mimpi sama sekali? nah itu berarti ada yang salah dari contoh tidur anda atau aktivitas harian anda. Bisa juga sebab lelah, gangguan tidur, atau acara tidur tidak teratur.


4. Tidur dengan agenda yang teratur

Otak menyukai tidur dengan siklus yang teratur, oleh karena itu jika waktu tidur anda berubah setiap malamnya, lebih baik difikirkan kembali. Jika anda pergi tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, itu membuat otak menjadi terbiasa untuk selalu berada di siklus tidur yang sesuai. Jika dilakukan secara terus menerus, anda akan lebih mudah masuk ke dalam fase mimpi setiap malamnya.

5. Atur waktu jam alarm secara acak sepanjang malam.

Cara yang sesuai setiap orang berbeda beda, jadi jikalau tips diatas tidak berhasil, silahkan di cek kembali mungkin harus ada penerapan yang perlu disesuaikan. Jika sudah mencoba mengingat mimpi namun tetap tidak mampu, mungkin anda membutuhkan pola tidur yang lebih spesifik biar berhasil.

Kebanyakan orang masuk ke fase tidur sesudah 90 menit, tapi bisa berbeda untuk masing masing individu. Coba atur alarm di waktu yang berbeda beda setiap malamnya. Coba atur alarm 90 menit menjelang tidur lihat apakah anda berhasil mengingat mimpi anda.


Jika masih tidak berhasil, atur alarm secara acak di malam hari. Agar anda tahu bila anda hanya mengingat mimpi di jam-jam tertentu. Jika itu masalahnya, anda harus membiasakan diri bangkit di waktu tersebut untuk merekam atau menulis mimpi yang dialami.

6. Jadilah seseorang yang sehat

Orang yang sehat mempunyai siklus tidur yang baik. Siklus tidur yang baik yakni kunci untuk mengingat mimpi. Jika anda sama sekali kesulitan mengingat mimpi, mungkin sebab anda mempunyai gaya hidup yang kurang sehat, jadi mulai ketika ini perbaikilah hal tersebut.

Zat tertentu mirip alkohol dan obat-obatan dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang dan mensugesti kemampuan otak dalam mengingat mimpi, sama halnya perasaan cemas (anxiety) dan depresi yang juga mampu menjadikan gangguan tidur.

Langkah 2: Lakukan cek kesadaran sepanjang hari


Supaya tahu bahwa anda sedang tertidur atau bermimpi, hal pertama yang harus dilakukan ialah tersadar. Seorang lucid dreamer yang sukses, selalu cek kesadaran setiap harinya untuk mengkonfirmasi bahwa mereka sudah benar-benar bangkit. Ketika terbiasa untuk cek kesadaran setiap ketika, maka itu akan tertanam di dalam alam bawah sadar dan akan secara otomatis melakukan cek kesadaran pula dikala dalam keadaan tidak sadar (tidur).

Bagaimanapun juga, anda tidak bisa serta merta pribadi mampu mengecek kesadaran dikala anda dalam keadaan bermimpi; alasannya adalah hal tersebut pastinya membutuhkan waktu, latihan dan praktik secara terus menerus. Makara lakukan cek kesadaran setiap harinya.

Cara Melakukan Cek Kesadaran

1.  Membaca sesuatu

Banyak para penjelajah mimpi menyampaikan jika karakter dan angka akan berbeda dikala berada di dunia mimpi, sebuah kalimat hanya mampu dibaca hingga dua kali, setelahnya kalimat tersebut akan berubah 75% , sedangkan untuk angka akan berubah 95% saat dibaca untuk yang ketiga kalinya.

Membaca sesuatu baik bacaan atau angka merupakan cara yang paling popular dalam hal cek kesadaran. Lakukan cek kesadaran dengan membaca angka atau kalimat setiap hari nya sebanyak dua kali. Misalnya ketika anda sudah terbangun dari tidur anda mampu melihat angka di jam dinding atau kalimat di kalender. Jika tidak ada yang berubah itu berarti anda sedang tidak berada di dalam mimpi. Dan sebaliknya kalau berubah berarti anda sedang berada di dalam mimpi.

2.  Menentang hukum fisika

Saat berada dalam kondisi mimpi atau lucid dream, penerapan aturan fisika sama sekali tidak berlaku. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Caranya anda mampu mencoba melaksanakan tes kesadaran dengan mendorong badan anda melewati objek padat, melompat setinggi-tinggi nya, atau cobalah untuk terbang. Sudah niscaya hal hal tersebut tidak berhasil jikalau berada di dunia kasatmata, jadi anda mampu menyampaikan kedalam diri anda “saya tahu bahwa aku sudah bangkit”.

Kenapa aku menyarankan untuk mengatakan hal tersebut, mirip yang sudah saya bilang jikalau itu hanya untuk menanamkan sugesti alam bawah sadar. Apakah anda sudah terbangun atau masih di dalam kondisi tertidur.

3. Menciptakan sesuatu melalui fikiran

Ingin memindahkan objek, menciptakan suatu hal atau menghilangkannya, sudah pasti hal tersebut dapat dilakukan saat di dalam mimpi. Tapi di dunia konkret itu tidak mungkin kecuali anda punya kekuatan superhero seperti di film film.

4. Konsisten

Kunci sukses cek kesadaran (reality check) adalah konsisten. Anda akan melakukan hal tersebut sepanjang proses mendapatkan lucid dream, memang lebih baik melaksanakan reality check setiap hari tapi jangan paksakan diri untuk melakukan cek kesadaran terus menerus sepanjang waktu.  Silahkan lakukan 2-3 kali cek kesadaran setiap harinya. 


5. Lakukan di daerah tidur

Untuk pertama kalinya banyak lucid dreamer mengalami satu kondisi yang dinamakan  “false awakening.” ialah suatu kondisi dimana anda pikir sudah bangkit, tapi sebenernya anda masih berada di dalam mimpi. Ini dapat menjadi pengalaman yang sedikit kurang menyenangkan sebab akan sulit membedakan antara kenyataan dan dunia mimpi.

Kalau anda sudah menonton film "Inception" yang diperankan leonardo d caprio. Dia memegang suatu benda seperti gasing dan memutarnya ketika dia berdiri. Untuk apa? untuk memastikan jikalau beliau sudah benar benar terbangun. Jika beliau tidak dalam kondisi lucid dream, maka gasing tersebut akan berhenti berputar. Tapi sebaliknya kalau ia dalam keadaan false awakening, gasing tersebut akan terus berputar.

Nah untuk menghindari hal tersebut, lakukan cek kesadaran sebelum tidur dan ketika bangun. Bisa juga anda mencari benda tertentu sebagai penanda kondisi anda. mampu gasing, jam tangan, dadu, atau benda apapun. Jadikan ini kebiasaan untuk memastikan apakah anda sedang lucid dream atau tidak.

Langkah 3:  Cara Mendapatkan lucid dream


Apabila anda sudah mengerti dan mempraktikan langkah langkah diatas, sekarang anda mampu melakukan lucid dream. Berikut caranya:

1.  Berbaringlah memakai pakaian yang nyaman dan longgar. Tunggu beberapa saat hingga kondisi tubuh benar benar terasa rileks.

2. Kontrol pernafasan, fokus kedalam fikiran, dan berkonsentrasi. Rasakan oksigen masuk kedalam paru-paru dan ke seluruh badan.

3. Tetap fokus, konsentrasikan pikiran supaya tetap tersadar namun pastikan setiap bab tubuh terasa rileks , fikirkan hal-hal yang ringan dan menyenangkan , bayangkan sesuatu yang penuh khayalan. Misalnya membayangkan anda menjadi aksara favorit anda, berada di suatu kawasan yang luar biasa dan lain sebagainya.

4. Lakukan terus hingga anda memasuki tahap sleep paralysis, sleep paralysis yakni suatu kondisi dimana anda dalam keadaan setengah tertidur dan setengah tersadar, istilah lain yakni tindihan atau arep arepan . pada tahap ini fikiran anda sadar tapi badan terasa berat dan sulit di gerakan, badan terasa di putar putar ke segala arah teruskan saja dan tetap hening, jangan fikirkan hal hal negatif dan menyeramkan.

Selanjutnya anda akan berada di tahap selanjutnya dari sleep paralysis, dalam beberapa kasus dilaporkan bahwa tidak harus melewati tahapan sleep paralysis untuk memasuki keadaan lucid dream.

5. Tahap selanjutnya yakni blackout, tahap ini ialah tahap transisi dimana sesudah anda melewati keadaan sleep paralysis anda akan merasa seolah-seolah sedang memasuki sebuah lorong dengan cahaya diujung lorong tersebut, maka ikuti arah cahaya hingga anda masuk ke dalam tempat penuh cahaya. 

Tetap tenang dan teruslah berkonsentrasi, jangan terlalu bahagia bila tidak mau konsentrasi anda pudar. Lalu bayangkan suatu tempat sampai keadaan tadi perlahan berkembang menjadi kawasan yang lebih terang seperti apa yang anda bayangkan.

6. Tahap yang terakhir, anda akan mulai mencicipi sensasi dimana anda dapat mencicipi segala hal dengan seluruh panca indra, penglihatan, indera pendengaran dan sensasi lainnya. Jika masih belum merasakan semua itu secara sempurna, butuh waktu dan latihan sampai anda mampu merasakannya.

Seperti yang aku bilang sebelumnya jangan terlalu berlebihan meluapkan emosi, bila anda terlalu senang atau takut ketika lucid dream itu mampu menggagalkan kondisi lucid dream.

7. Yang penting ialah tetap berkonsentrasi dan jikalau belum berhasil berlatihlah terus.


Bahan-Bahan Untuk membantu mendapatkan lucid dream

 Setelah anda mengetahui beberapa hal dari postingan sebelumnya mengenai  Cara Lucid Dream Mudah Untuk Pemula

Ada beberapa hal yang mampu anda lakukan untuk mendapatkanlucid dream. Berikut ini hanya sebagai opsi pemanis saja selain dari cara cara diatas.

Cara berikut tidak secara eksklusif menerima lucid dream, namun hanya memperbesar kemungkinan untuk menerima lucid dream.

1. Teh dan obat-obatan 

Jika anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau pun sedang berada dalam periode kehamilan, jangan coba memakai obat-obatan tertentu tanpa mengkonsultasikannya dengan dokter. Efek samping dari obat dapat mengganggu kondisi tubuh. Beberapa obat-obatan tertentu dan juga teh jenis tertentu mampu membantu untuk menerima tidur yang baik untuk lucid dream.

2. Meditasi

Melakukan meditasi sangat disarankan untuk mampu menerima lucid dream salah satunya yaitu meditasi pelatihan kesadaran. Kenapa? kita tahu lucid dream ialah keadaan sadar, melatih keadaan sadar dengan bermeditasi akan sangat membantu untuk menerima lucid dream.

Coba lakukan meditasi kesadaran selama 20 menit setiap harinya. Jika anda tidak tahu caranya silahkan cari tutorialnya melalui artikel di google ataupun video youtube.

3. Musik

Beberapa studi menggunakan musik sebagai terapi otak dan fikiran, imbas musik itu sendiri kita tahu mempunyai banyak manfaat contohnya untuk menangani pasien anxiety, depresi, dan juga gangguan tidur. Selain itu beberapa penelitian memakai musik untuk mendapatkan lucid dream. Lalu musik apa yang dimaksud?. adalah musik Brainwave.

Apa itu musik Brainwave? musik Brainwave yakni musik yang memiliki frekuensi khusus dan gelombang suara yang khusus sehingga menghipnotis susunan dan aktivitas pada otak kalau didengarkan secara terus menerus.

Jika anda pernah mendengar beberapa tahun silam mengenai aplikasi musik digital yang mempunyai imbas tertentu pada otak salah satunya aplikasi I doser. Kurang lebih seperti itu. Apakah berbahaya? tentu tidak, sebab imbas yang ditimbulkan sama sekali tidak mirip yang orang orang katakan. Justru kalau anda mendengarnya anda akan merasa lebih rileks. Di dalam aplikasi tersebut sudah disematkan aneka macam tipe musik salah satunya untuk lucid dream.

Kaprikornus, kalau anda ingin mencobanya silahkan cari di google aplikasi tersebut. Atau mampu anda dengarkan melalui youtube dengan kata kunci musik brainwave. Cobalah dengarkan musik Brainwave saat menjelang tidur. Tips saya kalau mendengarkan musik brainwave melalui ponsel, cobalah atur ponsel anda untuk berhenti memainkan musik atau mati sesudah 30 menit atau lebih. Karena dengan waktu tersebut anda akan lebih mudah masuk ke dalam tahapan lucid dream.

Musik brainwave banyak tersedia di youtube dan internet jikalau anda ingin mendengarnya.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara lucid dream gampang untuk pemula, mungkin anda masih mempunyai beberapa pertanyaan yang mengganjal di fikiran, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar di bawah. Jangan lupa membaca artikel lainnya di related posts di bawah untuk menambah pengetahuan anda mengenai lucid dream. Semoga berhasil!

Sumber gambar: gedomenas

Subscribe to receive free email updates: