Mencar Ilmu Menikmati Kesendirian

Banyak orang berfikir "Menyendiri" yaitu hal yang tidak baik. Sering nya mereka menganggap seseorang tersebut adalah seseorang yang anti-sosial, atau tidak diinginkan. padahal menyendiri bukanlah hal buruk seperti yang kita fikirkan selama ini. Sekali saja kau menikmati kesendirianmu, maka kau akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih baik dari kau yang kini.

Dibawah ini hal-hal luar biasa yang akan terjadi pada seseorang yang mulai berguru menikmati kesendirian;


 Sering nya mereka menganggap seseorang tersebut adalah seseorang yang anti Belajar Menikmati Kesendirian

1. Mendapatkan energi


Seringkali kita dikelilingi oleh banyak orang, kita menghabiskan begitu banyak energi. Mencoba untuk membuat orang lain bahagia sebab kehadiran kita, membuat mereka tertawa, menenangkan ego mereka, membaca emosi mereka, dan semua keadaan lain yang hadir bersamaan dengan interaksi yang terjadi.

Itu mampu menguras energi secara mental kalau kamu terus menerus terhubung dengan orang-orang sepanjang waktu. Berikan waktu untuk dirimu sendiri untuk mendapatkan energi mu kembali.

2. Refleksikan diri


Hidup selalu bergerak dan kadang berhenti di satu titik yang sulit untuk kita hadapi. Saat itu hadir mungkin kamu tidak menyadari bahwa mengalahkannya yakni dengan memiliki waktu untuk dirimu sendiri dan merefleksikan diri atas semua keadaan tersebut.
Sejak kau tidak menghabiskan waktu memproses semua ajaran dan perasaan orang lain, itu yaitu saatnya untuk kamu fokus kedalam dirimu sendiri. Memandang suatu masalah dari sudut pandang yang baik terjadi ketika kau berada dalam kesendirian.
Dalam kesendirian, fikiran menjadi lebih hening dan penyelesaian problem menjadi lebih mudah. Jadi Menyendiri memberikanmu kesempatan yang baik untuk merefleksikan diri atas semua problem yang membebanimu.

 3. lebih mengenali emosi diri


Sekali lagi, saat kita dikelilingi oleh banyak orang setiap dikala, kita secara terus menerus mencoba untuk membaca semua emosi lawan bicara kita. Begitu banyak hingga kamu lupa mengenali emosi mu sendiri.

Saat kamu mencar ilmu bagaimana menikmati waktu sendirian, kau akan menerima sudut pandang terbaik terhadap emosi mu sendiri. Kamu akan memahami secara lebih dalam, pada hal-hal apa yang mampu membuatmu senang, apa yang membuatmu marah, dan apa yang membuatmu duka.

Dengan semua pemahaman tersebut, lebih gampang untuk kamu mengatur emosimu dan itu semua dimulai dengan memahami perasaanmu. Dan ketika sendiri merupakan waktu terbaik untuk kau mengenalimu emosimu.

4. Mulai melaksanakan hal yang benar-benar kau sukai


Ketika kamu secara terus-menerus ditemani orang lain, kamu akan selalu mengikuti apa yang paling disukai secara umum di kelompok pertemananmu. Sayangnya, hal yang kau inginkan terkadang tidak selalu sama seperti apa yang mereka sukai.

Lebih gampang untuk melaksanakan hal yang benar-benar disukai ketika kau sendirian.

5. Menjadi lebih produkif


Ditemani orang lain  memang seru dan menyenangkan, tapi itu juga sangat mempengaruhi produktifitasmu. Ada saat dimana di temani orang lain hanya akan mengalihkanmu untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas-peran yang ada.

Menghabiskan waktu sendirian mampu menjadi waktu paling produktif, seringnya sebab tidak ada yang mengalihkanmu, dan kau mampu fokus untuk menyelasaikan peran atau pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan.

6. Kamu akan lebih percaya diri


Sekali kamu menikmati waktu sendiri, kamu akan merasa lebih percaya diri pada kemampuanmu alasannya kau mampu melakukan hal-hal sendirian.
Kamu tidak akan lagi merasa cemas, atau keinginan untuk selalu ditemani orang lain.

7. Hubungan dengan orang lain


Ketika sendiri dan pada hasilnya kau menikmati kesendirianmu, kau akan menyadari bahwa kau juga lebih menikmati relasi mu dengan orang-orang dibanding sebelum kau  belajar menikmati kesendirian.
Itu alasannya saat sendiri mampu menawarkan penghargaan terbaik untuk dirimu sendiri.

8. Berhenti untuk berusaha menciptakan orang lain senang


Hidup selalu berkaitan dengan sebuah kekerabatan dengan orang lain, dan sebuah korelasi akan bertahan lama ketika kedua nya merasa sama-sama bahagia. Hal tersebut menjadi melelahkan apalagi saat kamu secara terus-menerus berusaha menciptakan orang lain senang tapi. Bukan hanya bentuk korelasi cinta tapi persahabatan dan bentuk korelasi apapun.
Sekali kau belajar menikmati kesendirian, kau tidak perlu khawatir atas kebahagian apapun kecuali dirimu sendiri. Kamu mampu memperlakukan dirimu pada hal yang bisa membuat mu bahagia, tanpa harus berusaha membuat orang lain bahagia.

 9. Tidak harus meminta maaf atas apapun yang dilakukan


Saat sendirian kamu akan menyadari bahwa kau tidak perlu meminta maaf atas apa apa yang sudah kau lakukan. Seringnya kita melaksanakan hal-hal yang berakhir dengan ketidaksesuaian yang hanya menciptakan orang lain kesal, atau menyakiti perasaan orang lain, kemudian kita cepat-cepat meminta maaf atas apa yang sudah kita perbuat.

Ketika kamu sendiri, kau tidak perlu meminta maaf atas apapun yang dilakukan dirimu.

10.  Berhenti mencari persetujuan


Sering kita merasa kita butuh kata ‘’OK’’ dari sahabat-sobat kita atau keluarga kita sebelum kita mengambil tindakan. Kita terus menerus mencari saran orang lain untuk apa yang kita akan perbuat selanjutnya.

Tentu saja ada saat dimana saran yang orang lain berikan tidak sepenuhnya sesuai seperti kenyataannya, dan yang ada hanya menyalahkan dirimu sendiri karena tidak mengikuti apa yang kata hatimu bahu-membahu inginkan.
Ketika kamu menghabiskan waktu untuk sendiri, kamu akan mempelajari bagaimana mempercayai insting mu dan membuat keputusan tanpa membutuhkan persetujuan atau campur tangan dari siapapun.

 11. Berhenti mencari pengakuan orang lain


Kita hidup berada di tempat dimana hampir semua hal kita menginginkan legalisasi dari orang lain, keberadaan kita, apa yang kita lakukan, dan apa saja yang kita capai. Terkadang ketika semua hal tidak mirip yang dibutuhkan dan orang-orang bertindak justru sebaliknya, kita menyadari jikalau itu hanya menghabiskan pikiran kita dan waktu yang terbuang sia-sia. Terus menerus mencari pengukuhan orang lain contohnya ingin diakui di bulat pertemanan hanya akan menghabiskan energimu.
Saat kau belajar menikmati kesendirian kau akan menyadari bahwa legalisasi orang lain tidak lah sepenting dibanding dirimu sendiri. Karena hidup bukan hanya soal mencari akreditasi orang lain tapi mengakui dirimu sendiri lah hal terpenting pertama sebelum siapapun mengakuimu.

12. Memahami apa yang dunia coba sampaikan padamu


Bumi yang kita tinggali ini hanyalah mirip sebutir pasir di pantai, diluar dari itu semua ada hal yang diluar dari pemikiran kita, kesibukan, keindahan, dan semua didalamnya melenakan, kamu tidak mampu memahami apa yang disampaikan dunia padamu jikalau tidak pernah memiliki waktu untuk dirimu sendiri, selalu sibuk dan mengabaikannya. Memiliki waktu untuk sendiri dapat membuatmu memahami untuk apa kau hadir di daerah mu dikala ini, arti dari keberadaanmu. Apa tujuanmu sehabis ini dan semuanya.


Kesendirian tidaklah buruk, bahkan orang-orang jago di dunia selalu memiliki waktu untuk dirinya sendiri, jadi berikan waktu untuk dirimu sendiri dan mulailah belajar menikmati waktu kesendirianmu untuk hal yang baik. 

Subscribe to receive free email updates: