6 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan 6 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah Apel merupakan salah satu buah favorit banyak orang alasannya adalah rasanya yang lezat. Apel ternyata kaya akan kandungan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ternyata selain manfaat nya untuk kesehatan, apel juga bermanfaat bagi perawatan kecantikan terutama pada cuka apel.

Secara umum, Apel mampu meningkatkan kadar vitamin C Anda, juga dikenal sebagai asam askorbat, khasiatnya dapat membantu badan Anda memproduksi kolagen. Apel juga mengandung banyak nutrisi lain mirip tembaga, mineral yang mengandung melanin yang mampu membantu melindungi kulit dari sinar UV, serta vitamin A yang bagus untuk kulit.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kecantikan maksimal dari buah ini adalah dengan memakai cuka apel dalam perawatan kulit Anda.

Apa itu cuka apel?

Cuka apel / cuka sari apel atau apple cider vinegar dibuat dengan cara menghancurkan dan memeras apel, sehingga menghasilkan sari apel. Kemudian sari apel ini ditambahkan kuman dan ragi yang menyebabkan cairan ini memfermentasi.

Jackie Cochran, Executive Sous Chef di Stowe Mountain Lodge di Stowe, Vermont (Amerika Serikat) menjelaskan bahwa proses ini mengubah gula yang ditemukan dalam apel menjadi alkohol. Kemudian proses fermentasi kedua ialah mengubah alkohol menjadi cuka.

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Rambut

Meskipun kebanyakan orang menggunakan cuka apel untuk keperluan memasak, seperti menciptakan salad, ternyata cuka apel juga berfungsi ganda sebagai produk yang efisien dan murah untuk perawatan kulit, wajah dan rambut Anda.

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Menenangkan dan mengelupas kulit


“Sifat anti-inflamasi cuka apel mampu menenangkan kulit. Sementara asam asetat dapat melembutkan kulit,” terang Dendy Engelman, M.D., eksekutif bedah kulit di Metropolitan Hospital di New York City.

“Cuka apel mengandung alpha hydroxy acids yang mampu menghilangkan penumpukan kulit mati dan melahirkan sel-sel kulit baru yang sehat,” tambahnya.

Cara menggunakan: Campur cuka apel dengan air, sebab cuka apel yang terkonsentrasi dapat mengakibatkan peradangan kulit, makanya harus diencerkan dengan air. Kaprikornus, untuk menerima manfaat cuka apel untuk menenangkan kulit, solusi mudahnya adalah dengan menuangkannya pribadi ke kolam mandi Anda. Dalam bak mandi berukuran biasa, tambahkan satu cangkir cuka apel ke air hangat. Anda bisa berendam selama 15-20 menit semoga meresap ke kulit Anda. Atau mampu juga hanya merendam bagian tertentu kulit Anda yang butuh perawatan.

Kegunaan cara ini ialah dapat membantu menyeimbangkan pH kulit, mengurangi kadar minyak dan juga supaya tidak terlalu kering.

2. Menghilangkan ketombe


Anda juga mampu memakai cuka apel untuk rambut Anda. Bahkan, sangat ampuh untuk melawan ketombe.

“Ketombe pada dasarnya yaitu respons radang tubuh terhadap ragi tingkat tinggi yang mampu tumbuh di kulit kepala Anda,” terperinci Joshua Zeichner, M.D., administrator penelitian kosmetik dan klinis di bagian Dermatologi Mount Sinai Hospital di New York. “Cuka apel membantu menurunkan jumlah ragi yang tumbuh di kulit kepala Anda, yang pada kesudahannya, membantu melindungi rambut terhadap ketombe,” sambungnya.

Cara menggunakan: Campurkan cuka apel dan air dengan komposisi 1:1 dalam wadah. Kemudian aplikasikan ke rambut dan kulit kepala Anda sebelum keramas menggunakan sampo.

Jika Anda tidak suka dengan baunya yang menyengat, Anda mampu memasukkan gabungan ini ke dalam bekas botol sampo, Karena telah bercampur dengan aroma bekas sampo, maka anyir menyengat adonan cuka apel ini akan tersamarkan.

3. Mengatasi duduk perkara infeksi


Seperti dijelaskan oleh Dr. Engelman, cuka apel memiliki tiga manfaat ampuh sebagai zat antibakteri, antijamur dan antivirus yang besar lengan berkuasa, itu membuatnya mampu melawan bakteri penyebab bisul.

Cara kerjanya adalah dengan mengurangi tingkat basil penyebab nanah dan mengelupas sel-sel kulit mati di wajah Anda.

Selain itu, manfaat cuka apel juga dapat membantu mengobati atau mencegah noda di wajah.

Cara penggunaan: Gunakan kapas untuk mengoleskan ke garis rahang sebelum pipi untuk memastikan kulit tidak terasa seperti “terbakar.” Jika terjadi reaksi (merah, terbakar, gatal setelah lima menit) maka hentikan penggunaan. Jika tidak, aplikasikan secara tipis di seluruh wajah dan jauhi area sekitar mata.

4. Mengurangi minyak di wajah


Cuka apel bekerja sebagai zat alami, dapat menghilangkan abu, minyak dan kotoran dengan sapuan kapas.

“Setelah Anda mengaplikasikannya ke kulit Anda dengan kain lap, kulit Anda akan terasa lebih halus dan itu akan membantu mengurangi garis-garis halus. Selain itu juga membantu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah.” Menurut Lily Talakoub, M.D., dokter kulit bersertifikat di McLean Dermatology and Skincare Center di McLean, Virginia.

Cara menggunakan: Basahi kapas lingkaran dengan adonan cuka apel dan air (satu sendok makan cuka apel untuk setiap dua cangkir air). Usapkan ke seluruh bab wajah, hindari area mata.

Dengan pengenceran yang tepat, cuka apel tidak akan menimbulkan iritasi dan akan membuat kulit Anda terasa segar kembali.

5. Menetralisir busuk


“Asam dalam cuka apel akan mengubah tingkat pH kulit Anda, yang melawan basil dan menetralisir busuk,” terperinci Dr Engelman. Percaya atau tidak, karena sifat antiseptiknya cuka apel dapat mencegah amis kaki.

Cara memakai: Campurkan 1/4 cuka apel dengan 3/4 air dalam wadah, rendam kaki selama beberapa saat sampai meresap, lalu bilas dengan air tawar.

6. Meredakan kulit terbakar akibat sengatan matahari


Karena cuka apel mampu mengembalikan tingkat pH kulit Anda, maka beliau dengan cepat bekerja untuk memulihkan beberapa kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Cara memakai: Campur cuka apel dan air dalam wadah. Anda bisa merendam langsung bagian yang terbakar, atau bisa juga dengan mengoleskan bagian tersebut dengan kain lap.

Jika masalah seperti bengkak dan ketombe belum juga reda dengan memakai manfaat cuka apel ini, kunjungi dokter kulit bersertifikat untuk opsi resep yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda.

Itulah diatas pembahasan mengenai manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: