Yuk Cari Tau, 5 Manfaat Mengonsumsi Terong Untuk Kesehatan

 Manfaat Mengonsumsi Terong Bagi Kesehatan Tubuh Yuk Cari Tau, 5 Manfaat Mengonsumsi Terong Untuk Kesehatan

Anda pasti sudah familiar dengan sayuran yang satu ini. Terung atau yang lebih dikenal sebagai terong merupakan tumbuhan yang berasal dari India dan Srilanka. Memiliki nama Latin solanum melongena, terong ternyata masih berkerabat bersahabat dengan kentang dan leunca. Bagi anda yang sering mengonsumsi sayuran yang satu ini ternyata terong mempunyai sejumlah nutrisi dan manfaat kesehatan di dalamnya, apa saja?

5 Manfaat Mengonsumsi Terong Untuk Kesehatan Tubuh


1. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Terong mengandung serat, kalium, vitamin C dan B6. Zat zat tersebut diketahui dapat membantu menurunkan risiko kematian balasan penyakit jantung. Penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi sayuran yang satu ini menurukan risiko penyakit jantung jauh lebih rendah bahkan apabila seseorang mengonsumsi nya dalam jumlah yang sedikit.

Studi gres-gres ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi terong memiliki risiko 34% lebih rendah terkena penyakit jantung daripada mereka yang jarang memakannya. Terong juga mengandung vitamin K yang berkhasiat dalam pembekuan darah dan membantu mencegah problem arteri dari muncul nya plak berbahaya yang dapat mengakibatkan penyumbatan pemikiran darah.

2. Menjaga Tekanan Darah


Terong mengandung pigmen flavonoid merah-biru yang disebut anthocyanin. Zat ini ternyata bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Apabila tekanan darah stabil tentunya secara tidak langsung akan menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan pembekuan darah. Terong juga mengandung vitamin E yang baik untuk mengobati dan mencegah nyeri dada, penyumbatan atau pengerasan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi.

3. Mencegah Penyakit Kanker


Penelitian memperlihatkan bahwa terong mengandung polifenol yang dikenal mempunyai sifat anti kanker. Terong memiliki antosianin dan asam klorogenat yang merupakan zat antioksidan. Zat antioksidan mirip yang kita tau sangat bermanfaat dalam melawan peradangan dan kerusakan sel akibat stres oksidatif yang ditemukan dalam badan. 

Selain itu Terong juga mampu mencegah sel sel penyebab kanker. Terong mengandung vitamin A yang juga bermanfaat dalam pengobatan kanker mirip kanker paru-paru, payudara, kandung kemih, kanker mulut dan kulit.

4. Membantu Mengobat Anemia


Dari manfaat manfaat yang sudah disebutkan diatas ternyata terong juga dapat membantu seseorang yang kekurangan zat besi hal tersebut karena terong mengandung banyak mineral penting termasuk besi dan tembaga. Mineral ini membantu meningkatkan kesehatan sel darah merah dalam pemikiran darah. Penelitian telah memberikan bahwa mengonsumsi terong bisa mengatasi dilema anemia, membantu meningkatkan energi, dan menghilangkan perasaan lelah dan anxiety.

5. Menjaga Kadar Gula Darah


Terong mengandung banyak serat dan rendah karbohidrat. Ahli gizi menyarankan untuk menambahkan terong ke dalam hidangan diet harian untuk seseorang yang menderita penyakit diabetes tipe 2. 

Studi yang dilakukan gres-gres ini menemukan bahwa mengonsumsi terong dapat membantu menjaga atau mencegah diabetes tipe 2. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung gosip mengenai hal ini. 

Terong mengandung senyawa alfa-glukosidase dan angiotensin dalam jumlah tinggi yang mampu mengontrol absorpsi glukosa. Ditambah lagi, terong mempunyai fenol yang membantu insulin memecah karbohidrat secara perlahan dan membantu mengendalikan kadar gula darah.


Itulah diatas 5 manfaat kesehatan yang didapat bila mengonsumsi terong. Sekarang anda sudah mengetahui apa saja manfaat kesehatan dari terong, jadi selalu pastikan untuk sering sering memasukan terong dalam sajian makan sehat anda. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: